10 Cara Mencegah Asma Dan Pantangannya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 01, 2017
Asma tentu sangat menyiksa, terutama ketika malam hari tiba. Asma bukanlah penyakit menular, namun dapat menyerang siapa saja tanpa menentukan usia. Upaya pencegahan terhadap asma bertujuan untuk mencegah penyakit ini tidak kambuh lagi.


10 Cara Mencegah Asma Dan Pantangannya
Jenis-jenis penyakit Asma

Serangan asma sanggup menyebabkan sesak nafas andal, warna kulit menjadi kebiru-biruan, dan pingsan. Asma sering disebabkan oleh alergi. Penyakit ini dibagi menjadi dua yaitu asma ekstrinsik, yang akan kambuh bila terjadi alergi balasan paparan serbuk, bulu binatang, udara masbodoh, jamur, dan sebagainya. Jenis lainnya yaitu asma intrinsik, yang dapat dipicu oleh stres atau emosi yang labil. Infeksi oleh virus juga sering menjadi penyebabnya.

Faktor Penyebab Asma

Faktor keturunan (genetik)

Jika terdapat riwayat penyakit asma dalam silsilah keluarga Anda, maka Anda juga mempunyai risiko terkena serangan penyakit ini.

Makanan yang tidak sehat

Beberapa jenis makanan mampu memicu timbulnya penyakit asma, apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan. Hindari junk food yang banyak mengandung MSG dan materi pengawet, yang tidak sehat bagi badan.

Suhu terlalu ekstrim


Kondisi udara yang terlalu masbodoh juga menjadi salah satu penyebab serangan asma.

Lingkungan yang kotor

Jika Anda menetap di lingkungan atau daerah kerja yang terkena paparan bubuk atau asap, maka risiko terkena penyakit asma semakin tinggi. Itulah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bagi kesehatan badan.

Bahaya Asma

Asma mempunyai tahapan, mulai dari tahap ringan sampai berat. Serangan asma harus dicegah, lantaran mengabaikan beberapa faktor pemicu mampu menyebabkan kondisi makin buruk. Bahaya asma yang paling parah terjadi dikala tidur. Pada kasus asma akut mampu menyebabkan ajal.


10 Cara Mencegah Asma Dan Pantangannya


Menghindari faktor pemicu sangat penting untuk mencegah kambuhnya serangan asma. Di bawah ini adalah pantangan bagi penderita asma yang harus dihindari, untuk mencegah serangan penyakit:

1. Serbuk Sari (pollen)

Serbuk sari pada bunga mampu membuat asma kambuh dengan sangat cepat. Kaprikornus, jauhi bunga terutama bunga yang telah layu.


2. Paparan Debu dan Aroma Menyengat

Salah satu musuh berat bagi penderita asma ialah abu. Jika abu masuk ke akses nafas mampu menimbulkan reaksi alergi. Hindari lingkungan yang kotor dan berdebu. Bau menyengat mampu menciptakan saluran nafas menjadi lebih sensitif. Lendir yang berlebihan pada kanal pernafasan akan menciptakan penderita sulit untuk bernafas.

3. Asap yang mengandung nikotin

Sangat penting bagi penderita asma untuk menghindari paparan asap tembakau. Sedikit nikotin yang masuk ke paru-paru, dapat mengancam keselamatan jiwa. Larangan ini bantu-membantu juga berlaku bagi ibu hamil, karena nikotin juga dapat  meningkatkan risiko asma pada bayi.

4. Hewan Berbulu

Jangan mendekati atau menyentuh binatang yang berbulu seakan-akan kucing dan anjing. Bulu yang praktis rontok pada kucing dapat memicu penyakit kambuh. Pantangan asma termasuk menjauhi air liur dan kulit hewan.

5. Olahraga Berat

Olahraga memang disarankan bagi penderita asma, untuk melatih organ pernafasan. Namun bila terlalu berat, yang terjadi justru kelelahan dan kehilangan banyak energi. Kondisi ini sangat dilarang bagi pasien asma. Latihan berat dapat menciptakan penderita sulit untuk bernafas dengan nyaman. Lakukan olahraga ringan cukup selama 15 menit setiap hari dengan rutin.

6. Cuaca Terlalu Dingin

Perubahan cuaca secara drastis dapat menyempitkan kanal pernafasan pada penderita asma. Hindari berada di luar ruangan dikala hari panas atau terlalu acuh taacuh.

7. Aspirin

Penggunaan aspirin secara terus-menerus mampu membuat kondisi pasien asma makin memburuk. Konsultasi dengan dokter, ketika Anda akan mengkonsumsi obat ini.

8. Perubahan Emosi Secara drastis

Hindari perubahan emosi secara berlebihan, seperti terlalu khawatir, kecemasan, ketakutan, dan rasa besar hati yang berlebihan. Stres berat juga mampu memicu serangan asma. Tekanan emosi yang kuat mampu meningkatkan denyut jantung dan pola pernafasan sehingga memicu serangan asma.

9. Garam

Mengkonsumsi garam dengan berlebihan tidak disarankan bagi penderita asma lantaran dapat memperburuk kondisi penyakit. Carilah bumbu pengganti yang enak dan sehat.

10. Makanan Tertentu

Jauhi makanan yang dapat menimbulkan alergi. Makanan yang sering memicu alergi seolah-olah susu sapi, telur, kacang, gandum, ikan, kedelai dan makanan yang berbahan pengawet.

Demikian 10 Cara Mencegah Asma dan Pantangan yang harus dihindari oleh penderita. Silahkan baca 10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami dan Akupuntur. Bagikan artikel ini untuk menyampaikan manfaat kepada semua orang.

ilustrasi foto via allergyzone.co.uk, worksitelactation.com

Tampilkan Komentar