10 Cara Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 06, 2017
Tanda-tanda penuaan umumnya mulai tampak pada setiap individu, dikala usia mencapai sekitar 35 tahun. Namun, penuaan dini dapat terjadi akibat beberapa faktor penyebab seperti stres, radiasi sinar UV, gaya hidup, dan lainnya. Tanda-tanda penuaan dini yang sering muncul pada wajah seperti kulit kusam, keriput, dan flek hitam.


10 Cara Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini
Bukan hanya pada wajah, penuaan dapat terjadi di serpihan tubuh lainnya. Tanda-tanda ini akan terlihat semakin konkret, sesuai perubahan usia. Namun sebagian orang terlihat lebih bau tanah dari umurnya.

Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Apakah tanda-tanda penuaan mampu dihilangkan? Jika kau penasaran, simak dengan seksama artikel kali ini hingga tuntas.

Tanda-tanda penuaan yang sering muncul

1. Bibir kering

Bibir menjadi kering dan warnanya tidak lagi merona merupakan tanda-tanda awal penuaan dini. Kondisi ini dipicu oleh kolagen yang mulai berkurang di dalam tubuh.

2. Kulit menjadi keriput

Kolagen memiliki kegunaan untuk menjaga elastisitas kulit. Kekurangan kolagen akan mengakibatkan keriput pada kulit. Keriput biasanya terlihat pada pipi, jari tangan dan sekitar leher.

3. Pori-pori membesar

Sel-sel kulit mati yang menumpuk akhir regenerasi yang lambat, dapat menimbulkan pori-pori membesar. Kondisi ini juga menunjukkan bahwa kau mengalami penuaan dini.

4. Kulit menjadi kering dan kendur

Ketika pelembab tidak sanggup menolong penampilan kulitmu yang kering, maka ini yaitu salah satu tanda penuaan dini. Bahkan penggunaan pelembab tidak mampu mengembalikan kekenyalan kulit.

5. Perubahan warna kulit

Penuaan dini sering ditandai dengan perubahan pigmen kulit. Warna kulit mengalami perubahan secara signifikan menjadi kusam, pucat, atau muncul flek hitam. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

6. Kantung mata dan Lingkaran hitam

Lingkaran hitam sering juga disebut mata panda, biasanya muncul bersamaan dengan kantung mata. Kedua tanda ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelelahan, kekurangan tidur, kehilangan cairan tubuh , atau nanah. Jangan abaikan tanda ini, karena akan mengurangi penampilanmu dan menghilangkan kesan muda.

7. Tumpukan lemak

Penuaan dini mampu mengurangi kemampuan metabolisme di dalam tubuh, sehingga berjalan lebih lambat. Dampak yang terjadi adalah proses pembakaran lemak sajianrun, sehingga lemak tetimbun pada perut dan lengan.

8. Kerutan pada kelopak mata dan Dahi

Cobalah untuk tersenyum lebar. Jika kerutan muncul di dahi dan sekitar alismu, waspadai masalah ini. Jika riasan pada pipi dan sekitar alis terlihat retak dan tidak mulus, kemungkinan penuaan terjadi pada dirimu. Salah satu penyebabnya yaitu kulit tidak terhidrasi, atau hilang kelembabannya.

9. Sering lupa dan kelelahan

Penuaan juga terjadi pada fungsi otak, dimana kinerja otak mengalami penurunan. Beberapa faktor pemicu kasus ini termasuk makanan siap saji, nikotin, dan lainnya.


10 Cara Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini


1. Jauhi kebiasaan tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat seperti begadang, minum kafein secara berlebihan, dan sebagainya mampu mempercepat penuaan dini. Mulailah menjalani gaya hidup sehat biar tubuh abadi muda dan bugar.


2. Perbanyak Minum air

Produksi kelenjar minyak berkurang menyebabkan kulit kering. Solusinya adalah minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan asupan air yang cukup akan praktis bagi tubuh untuk mengeluarkan toksin.

3. Cobalah krim malam

Penggunaan krim malam bagi sampaumur kurang tepat. Namun dikala tanda-tanda penuaan mulai hadir, cobalah menerapkan krim malam pada wajah selama beberapa hari. Krim malam yang mengandung kolagen, retinoid, dan gliserin dapat membantu untuk regenerasi kulit sehingga kau akan terlihat infinit muda.

Krim malam juga berguna untuk mengencangkan kulit dan mencegah kulit kusam. Pilihlah krim malam yang mempunyai vitamin, AHA, dan phantenol. Hindari menggunakan krim malam berbahan steroid, rhodamin B, dan semacamnya.

4. Tidur yang cukup

Ketika penuaan mulai terjadi pada diri seseorang, waktu tidur yang tidak memadai akan simpel menyebabkan munculnya bundar hitam. Atur acuan tidurmu dengan baik, hindari hutang tidur.

5. Bersihkan sisa riasan wajah

Sisa kosmetik yang menempel pada wajah mampu memicu keriput, lantaran materi kimia yang ada di dalamnya. Jadi, bersihkan sisa make up, sebelum berangkat tidur.


Cara Mencegah Penuaan Dini Secara Alami


6. Perbanyak Makan buah dan sayur

Makanan yang mengandung banyak antioksidan bermanfaat untuk hidangannda penuaan. Tambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalam menu harian, seakan-akan strawberry, jeruk, paprika, dan brokoli. Makanan ini mampu membantu pembentukan kolagen di jaringan kulitmu.

7. Cobalah bahan alami

Jangan hanya bergantung pada kosmetik saja, cobalah bahan-bahan alami yang banyak tersedia di alam. Penggunaan anti-penuaan alami tidak menimbulkan dampak samping yang berbahaya. Cobalah menggunakan materi alami seolah-olah kunyit, lidah buaya, susu, dan lainnya. Perawatan kulit dengan cara alami lebih sehat dan membuat abadi muda.

8. Minum Jus Lemon dan Madu dengan rutin

Jauhi makanan siap saji, pengawet, dan penyedap rasa. Mengeluarkan racun dalam tubuh berguna untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Minumlah segelas jus lemon yang dicampr dengan madu. Minum dengan rutin untuk mengeluarkan toksin dari tubuh. Minuman ini juga berguna untuk mencerahkan warna kulitmu.

9. Minyak Zaitun

Kini banyak produk kosmetik berbahan minyak zaitun, disebabkan manfaatnya bagi kecantikan sangat luar biasa. Minyak zaitun memiliki kegunaan untuk melembutkan kulit dan menjaga elastisitas kulitmu. Caranya tidak sulit, oleskan minyak zaitun pada wajah secara merata selama 30 menit. Lakukan perawatan wajah ini setiap hari.

10. Olahraga ringan dengan rutin

Olahraga bermanfaat untuk memacu proses metabolisme dalam tubuh dan mengeluarkan toksin bersama keringat. Di samping itu, olahraga pagi berguna untuk mencukupi asupan vitamin D yang bermanfaat untuk mengencangkan kulitmu.

Itulah Cara Alami Untuk Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan Dini. Gaya hidup sehat sangat menentukan keberhasilan usahamu. Baca juga artikel sebelumnya perihal 7 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Aman. Semoga tips menunda penuaan dini yang telah disebutkan bermanfaat untuk semua. Bagikan artikel ini biar sahabat-temanmu ikut mempraktekkannya. Kamu akan terlihat abnormal, dikala bergaul dengan sahabat-teman yang terlihat tua sedangkan kau paling muda dan manis.

foto via allure.com

Tampilkan Komentar