Segudang Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 12, 2017
Daun kemangi sering dimakan sebagai lalapan karena aromanya yang sedap dan harum. Selain sebagai makanan, kemangi menyampaikan kontribusi besar di dunia kesehatan dan kecantikan. Berbagai vitamin hadir di dalam daun ini, sehingga membuatnya menjadi makanan sehat yang layak dimasukkan ke dalam hidangan harian Anda.

Fakta Nutrisi Daun Kemangi


Segudang Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
Tanaman dari famili daun mint ini kaya akan antioksidan dan antibakteri. Di balik kedaluwarsanya yang harum, tersimpan vitamin K yang mencegah pembekuan darah. Daun kemangi segar mengandung vitamin A, vitamin K, magnesium, dan mangan.

Kemangi juga diperkaya dengan betakaroten, vitamin C, fosfor, kalsium, dan magnesium. Unsur non gizi yang terdapat di dalamnya seolah-olah senyawa flavonoid, arginin, eugenol, boron, anetol, dan minyak atsiri.


Segudang Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan


1. Mengurangi Efek Nikotin

Antioksidan berpengaruh yang dikandung oleh kemangi dapat memperbaiki kerusakan pada sistem badan balasan nikotin. Di samping itu juga berguna untuk menurunkan stres, serta mencegah watu ginjal dan diabetes.

2. Menghilangkan Bau ekspresi (halitosis)


Selain vitamin A di dalamnya mampu mengobati bengkak mata dan kelelahan, kemangi juga pengaruhtif untuk menyegarkan kedaluwarsa verbal.

3. Mengobati Demam

Untuk meredakan demam pada balita, gunakan daun kemangi. Daun diremas dengan minyak kelapa dan bawang merah, balurkan pada area sekitar perut dan punggung balita.

4. Menunda Menopouse

Zat triptofan yang ada padanya dapat mencegah monopause dini. Perbanyak makan daun kemangi untuk menunda menopouse lebih awal.

5. Mencegah Radang Sendi

Anti inflamasi yang terdapat di dalam daun berbau busuk ini dapat mengobati abuh dan radang sendi. Kalsium yang hadir di dalamnya berkhasiat untuk mencegah osteoporosis.

6. Menyembuhkan Keputihan

Senyawa eugenol yang ada di dalam kemangi sanggup membunuh jamur penyebab keputihan. Anda dapat menambahkan ke dalam pepes atau makan secara pribadi daun ini untuk mengobati keputihan.

7. Antibiotik alami

Kemangi diperkaya dengan zat cineole, eugenol, dan myrcene yang memiliki kegunaan sebagai anti radang dan antibiotik alami.

8. Meningkatkan Fertilitas

Zat stigmaasterol yang hadir di dalamnya membantu dalam proses ovulasi. Jadi, dengan sering menyantapnya akan mencegah infertilitas.

9. Menyehatkan Jantung

Magnesium dan betakaroten juga hadir di dalam daun mungil ini. Kedua mineral ini berperan dalam menjaga kesehatan Jantung.

10. Mencegah Stroke

Senyawa isoflavon selain terdapat pada buncis dan kacang polong, juga ditemukan pada kemangi. Senyawa ini sanggup meningkatkan fungsi arteri pada penderita stroke.


Manfaat Kemangi Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut


Daun kemangi mentah dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dipakai sebagai pasta, akan menyampaikan manfaat bagi kesehatan kulit. Demikian juga untuk mengatasi banyak sekali perkara rambut. Di bawah ini selengkapnya:

11. Melenyapkan Komedo

Cukup dengan menempelkan daun kemangi pada kedua sisi hidung selama 5 menit, mampu menghilangkan komedo hitam dari wajah Anda.

12. Mencegah munculnya Uban

Rendam abu amla dan bubuk daun kemangi dalam air selama semalaman. Gunakan airnya untuk mencuci rambut pada keesokan harinya. Selain mencegah uban rambut, perawatan ini sanggup mencegah rambut rontok.

13. Mencegah Jerawat

Daun ini mengandung senyawa yang mampu membersihkan darah dengan membuang racun, sehingga mencegah jerawat muncul di kulit. Pasta kemangi mempunyai anti bakteri dan anti jamur yang mampu mencegah peradangan.

14. Mengatasi Infeksi Kulit

Daun kemangi dilengkapi dengan anti bakteri, anti jamur properti, dan antibiotik. Ketiga senyawa ini menghambat pertumbuhan bakteri E coli dan B anthracis yang mampu mengakibatkan infeksi kulit. Untuk mengobati kulit gatal, tumbuk dan rebus 250gr daun kemangi. Campur dengan minyak biji wijen, kemudian aplikasikan pada kulit untuk mengatasi gatal-gatal. Sedangkan untuk mengobati kurap, campur dengan jus lemon.

Itulah Segudang Manfaat Kemangi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Bagi Anda yang menggunakan obat pengencer darah seakan-akan warfarin, silahkan konsultasi dengan dokter. Jumlah tinggi vitamin K yang tersedia di dalam daun kemangi mungkin perlu dipertimbangkan.

foto via pantrygardenherbs.com

Tampilkan Komentar