Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 27, 2017
Penderita penyakit berat kini bukan hanya orang renta, bahkan pemuda punya risiko terserang penyakit berat seakan-akan penyakit jantung, kanker, dan banyak lagi. Kesehatan tubuh juga ditentukan oleh imunitas tubuh, acuan makan dan gaya hidup ikut besar lengan berkuasa terhadap masalah kesehatan.


Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah
Agar organ tubuh berfungsi dengan baik, dibutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Nutrisi ini didapat dari sari kuliner yang dibawa oleh darah. Fungsi darah juga termasuk membawa oksigen untuk diedarkan ke seluruh organ tubuh.

Jadi, peredaran darah yang lancar sangat menunjang sistem metabolisme dan kinerja organ badan. Inilah daftar kuliner sehat yang mampu melancarkan sirkulasi darah:


Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah


1. Buah Alpukat

Alpukat memiliki jumlah tinggi dari omega-3 dan serat, sehingga baik untuk melancarkan sirkulasi darah. Omega 3 secara nabati dapat diperoleh dari minyak kanola, walnut, kacang kenari, bayam, dan kacang kedelai. Baca: 5 Manfaat Biji Alpukat Untuk Mengobati Penyakit Berat.

2. Bawang Putih

Bumbu dapur ini efektif dalam mengembangkan pembuluh darah dan membersihkannya. Studi oleh Molecular Nutrition And Food Research mengungkapkan bahwa sering makan bawang putih dapat mencegah risiko aterosklerosis (plak tertimbun di dinding arteri), yang mampu mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

Bawang putih juga berguna untuk mendongkrak produksi hidrogen sulfida di pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Makan bawang putih mentah mampu melawan kolesterol jahat.

3. Jahe


Tanaman jahe memiliki gingerol yang sanggup mencegah penggumpalan darah. Jahe berkhasiat untuk mencegah pembuluh darah tersumbat, dengan meningkatkan hormon adrenalin dan menyebarkan pembuluh darah. Dengan minum air jahe akan melancarkan pedoman darah dan kerja jantung menjadi lebih ringan.

4. Buah-buahan yang memiliki warna merah

Buah-buahan dengan warna merah umumnya mempunyai fitokimia yang disebut likopen, bersifat antioksidan kuat. Likopen bermanfaat untuk mencegah kanker yang diakibatkan oleh Human Papilloma Virus, dan mempercepat pemulihan.

Likopen juga mencegah pembuluh arteri mengeras, mengurangi inflamasi, penyakit kardiovaskular, dan menjaga kesehatan kulit dan mata. Likopen mampu diperoleh dengan makan buah-buahan seakan-akan pepaya, semangka, tomat, apel merah, dan jambu biji.

5. Buah Jeruk

Buah segar ini dilengkapi dengan vitamin C, kalori, protein, dan serat. Vitamin C memiliki kegunaan untuk menguatkan sistem imunitas tubuh, mencegah koagulasi darah, melawan nanah dan virus, menguatkan dinding kapiler, dan menjaga kesehatan gigi dan tulang. Vitamin C juga berperan dalam mengurangi sakit kepala dan peradangan yang disebabkan oleh flu biasa.

6. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki omega 3 yang mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh organ badan. Omega 3 juga memiliki kegunaan untuk mencegah resiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, menyehatkan mata, menyehatkan otak, anti inflamasi, mencegah depresi, mengurangi nyeri haid, mencegah pembekuan darah, mencegah kepikunan, dan membantu absorpsi vitamin. Untuk menerima nutrisi ini, pilihlah diantara ikan tuna, makarel, salmon, sarden, atau tengiri.

7. Cokelat Hitam

Cokelat mengandung theobromin dan flavanoid, sehingga membuat anutan darah menjadi lancar dan mencegah kenaikan kortisol. Makan cokelat hitam lebih efektif ketimbang mengkonsumsi aspirin, dalam mencegah koagulasi darah. Ingat, cokelat hitam dan bukan cokelat susu. Jangan makan kebanyakan, supaya tidak gemuk.

Hindari konsumsi secara berlebihan untuk mencegah gangguan perut dan kenaikan kadar gula darah. Institute of Medicine menyampaikan batasan asupan harian ialah 1,6gr untuk laki-laki dan 1,1gr untuk perempuan.

Itulah makanan yang sanggup melancarkan pemikiran darah ke seluruh organ badan. Baca juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh! Cerdas dalam menentukan kuliner sehat, sangat besar lengan berkuasa kesehatan dan daya tahan tubuh.

foto: kacang-alpukat lifeseasons.getitguru.in

Tampilkan Komentar