9 Cara Alami Mengobati Tumit Retak Dengan Mudah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 07, 2017
Telapak kaki dan tumit pecah tentu sangat merusak penampilan, dan menciptakan risih. Masalah kesehatan ini disebabkan oleh kulit terlalu kering, yang dimulai dengan hilangnya kelembaban pada lapisan kulit epidermis. Kulit kering yang makin parah dapat berlanjut menjadi kulit bersisik (iktiosis). Kelembaban kulit yang menurun akan menyebabkan kulit retak dan mengelupas. Pemakaian sepatu dan kaos kaki yang mengandung materi sintesis akan membuat kondisi makin parah. Dengan perawatan alami, tumit retak dapat diobati.


9 Cara Alami Mengobati Tumit Retak Dengan Mudah
Faktor penyebab kulit kering mencakup kekurangan mineral, vitamin, zat besi dan omega-3. Asam lemak ini terdapat pada beras merah, gandum, sereal, salmon, yoghurt, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Faktor lain dapat menjadi penyebab masalah kulit ini.

Tahapan tumit retak

Gangguan pada kulit ini diawali dengan timbulnya sisik dengan warna kemerahan, dan pada balasannya terjadi pengelupasan kulit. Rasanya ingin mengelupas kulit mati ini dengan paksa. Namun tindakan ini akan memperparah keadaan. Tahap berikutnya timbul rasa gatal akhir lapisan kulit mengkerut, sedangkan belahan dalam terjadi peregangan. Pada kasus berat, terkadang ada pendarahan. Pengobatan alami untuk tumit retak tidak menyebabkan pengaruh samping.


Penyebab umum tumit retak

Keretakan dan pengelupasan pada tumit mampu disebabkan oleh faktor umur dan produksi kelenjar sebum menurun. Faktor lain antara lain di bawah ini:

Perubahan cuaca yang mendadak.
Kaki sering terkena air.
Faktor keturunan yang mengaktifkan kelenjar keringat.
Berat tubuh naik secara drastis.
Mandi dengan air hangat terlalu sering.
Akibat dari penyakit lain seolah-olah eksim dan diabetes.


9 Cara Alami Mengobati Tumit Retak Dengan Mudah


1. Jus Lemon


Rendam kaki ke kolam berisi campuran air dan larutan lemon selama sepuluh menit, sembari menggosoknya dengan lembut. Bilas menggunakan air, olesi dengan lotion. Jus lemon imbastif dalam mengangkat sel kulit yang mengelupas, dan menutrisi kulit Anda.

2. Jus Pisang

Haluskan buah pisang menggunakan blender. Terapkan pada tumit, dan tunggu sekitar sembilan menit sebelum dicuci dengan sabun. Lakukan dengan rutin setiap hari.

3. Jus Pepaya

Mengatasi tumit retak mampu menggunakan jus pepaya. Terapkan jus pepaya dan pijat kaki Anda dengan lembut. Lakukan selama beberapa menit.

4. Susu dan Madu

Oleskan madu dan susu pada tumit, tunggu selama ¼ jam dambil menggosoknya. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap seminggu.

5. Jus Alpukat

Vitamin E yang ada di dalam buah alpukat menyehatkan kulit Anda. Gunakan buah ini sebagai scrub alami. Ratakan pada tumit, sembari dipijat. Tunggu selama 20 menit, lalu cuci hingga higienis.

6. Labu Siam

Potong labu siam menjadi beberapa serpihan, agar getahnya keluar. Aplikasikan getah dari labu siam pada tumit. Biarkan kering dengan sendiri, lalu cuci bersih.

7. Parutan Kelapa dan garam

Campur parutan buah kelapa dengan sedikit garam, aduk sampai merata. Gosokkan gabungan ini pada tumit kaki. Jangan lupa untuk membilas dengan air dan sabun, sesudah perawatan tamat. Lakukan setiap 3 hari, sebanyak 2 kali dikala malam hari.

8. Minyak Zaitun

Ambil batu apung lembap untuk menggosok tumit, bilas. Oleskan minyak zaitun pada tumit yang sudah dilap dengan handuk. Pakai kaos kaki dikala tidur malam.

9. Gliserin dan air mawar

Oleskan campuran dari kedua bahan ini pada tumit yang bermasalah.


Tips Merawat tumit retak



  • Jangan terlalu sering membasahi kaki Anda.
  • Jaga tumit tetap bersih, untuk mencegah jerawat kuman.
  • Lakukan olahraga dengan teratur.
  • Jangan memakai sepatu yang menggunakan materi keras.
  • Gunakan krim khusus, terapkan pada tumit ketika mandi.
  • Jangan memakai kaos kaki berbahan rayon dan nilon.

Jika kondisi makin parah, segera hubungi dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif. Simak juga: Rahasia Blow Rambut Ala Rumahan.

foto tumit retak via cocomenuts.com

Tampilkan Komentar