8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 22, 2017
Penyakit rematik adalah salah satu gangguan autoimun yang menyebabkan radang sendi. Penyakit ini terjadi akhir kesalahan pada sistem imunitas, sehingga bukan kuman atau virus yang dilawan tetapi jaringan badan. Gangguan yang menyerupai dengan rematik seperti osteoartritis, sindrom sjogren, lupus, dan banyak lagi.


8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik
Kegagalan pada sistem kekebalan berakibat serangan terhadap selaput sinovium yang melapisi sendi. Efek dari penyakit rematik adalah sendi mengalami benjol, nyeri, dan rusak. Bahkan rematik parah dapat menyebabkan sendi kehilangan fungsi dan cacat.

Bagian sendi yang sering mengalami masalah termasuk lutut, pergelangan tangan, jari, dan kaki. Rematik biasanya mempunyai pola serangan yang simetris pada kedua sisi tubuh. Tidak hanya menyerang orang renta, penyakit ini mampu dialami oleh orang muda.

Penyebab rematik yaitu gaya hidup tidak sehat, yang berlangsung dalam kurun tertentu. Pola makan yang salah dan kebiasaan buruk dapat memicu gangguan kesehatan ini. Untuk mengobati penyakit rematik, cobalah untuk menggunakan materi alami seperti di bawah ini:


8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik


1. Brotowali

Pengobatan terhadap rematik secara alami memakai brotowoli, dengan merebus 15 batang tumbuhan ini bersama tiga gelas air. Usahakan menggunakan kuali tanah. hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa 1 ½ gelas. Minum airnya sebelum makan. Kaprikornus, tiga kali dalam sehari.

2. Daun Seledri

Selain dapat dipakai untuk cuci ginjal dengan alami dan murah, seledri efektif dalam menyembuhkan rematik. Caranya dengan menambahkan daun seledri ke dalam kuliner, atau makan secara pribadi sebagai lalapan.

3. Akar dan Daun Pepaya


Tanaman yang dimaksud adalah pepaya gantung atau pepaya jantan. Cara menciptakannya dengan sajianmbuk kedua materi hingga lumat, lalu aduk bersama tiga gelas air matang. Saring dan minum airnya dikala sore hari.

Cara lain dengan menambahkan lengkuas. Tumbuk, lalu rebus ke dalam air selama beberapa menit. Tambahkan gula aren ketika minum airnya.

4. Daun Sirsak

Daun sirsak mempunyai imbas kemoterapi, sehingga menghangatkan tubuh Anda. Untuk mengobati rematik, rebus daun sirsak yang berwarna hijau renta hingga mendidih. Minum airnya ketika cuek, secara teratur selama dua minggu.

5. Cengkeh

Obat tradisional untuk penyakit rematik berikutnya yaitu cengkeh. Tumbuk cengkeh dan jahe pada takaran yang sama. Balurkan pada sendi yang terasa nyeri akhir rematik.

6. Jahe

Senyawa aktif dalam jahe cukup imbastif untuk mengatasi rematik secara tradisional. Remukkan 2 rimpang jahe, rebus dengan segelas air. Tambahkan madu untuk minum airnya.

7. Kulit manggis

Senyawa aktif dalam kulit manggis sanggup meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati rematik. Cara membuat ramuan dengan menjemur kulit manggis sampai benar-benar kering. Seduh bersama air panas, minum sesudah warna airnya berubah.

8. Mengkonsumsi Singkong

Mungkin mengejutkan jikalau singkong ternyata sanggup mengobati rematik. Ganti nasi sebagai kuliner pokok, dengan singkong untuk menu harian Anda. Dengan cara ini akan menyembuhkan penyakit secara berangsur-angsur.


Cara Mencegah Penyakit Rematik



  • Olahraga dengan teratur.
  • Cobalah berjalan kaki melewati batu.
  • Perbanyak makan buah dan sayuran.
  • Kurangi kebiasaan begadang.
  • Jalani gaya hidup sehat dengan contoh makan yang benar dan hindari kebiasaan jelek.

Terapi Untuk Mengobati Rematik



  • Mandi memakai air panas untuk mengurangi nyeri sendi.
  • Terapi fisik dengan stimulasi listrik untuk mengurangi inflamasi dan abuh akhir rematik.
  • Penggunaan minyak ikan untuk mengurangi nyeri dan peradangan, memiliki pengaruh yang ibarat dengan obat anti-inflamasi seakan-akan naproxen dan ibuprofen.
  • Akupunktur untuk merangsang tubuh melepaskan hormon endorfin, sehingga mengurangi rasa sakit.

Itulah beberapa cara mengobati rematik dan tips untuk mencegah penyakit ini. Silahkan coba memakai salah satu materi alami di atas. Jika gangguan pada persendian tidak segera hilang, konsultasi dengan dokter.

ilustrasi foto via healthtap.com

Tampilkan Komentar