7 Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Obat Rumahan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 01, 2017
Buah Mengkudu telah menjadi aset berharga di dunia kesehatan, disebabkan oleh nutrisi di dalamnya yang sanggup melawan berbagai penyakit. Buah mengkudu berbentuk lonjong dan dihiasi dengan bintik-bintik pada permukaan luarnya. Banyak orang tidak menyukai buah ini disebabkan aroma yang menyengat dan tidak sedap. Namun di balik baunya, buah noni menyimpan banyak sekali manfaat untuk mengobati penyakit ringan hingga berat.


7 Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Obat Rumahan
Bagi Anda yang kurang berminat terhadap buah noni, banyak cara untuk mengkonsumsinya. Anda dapat minum jus mengkudu yang dicampur dengan madu, atau ekstrak buah yang banyak tersedia di pasaran. Buah yang memiliki nama lain pace mempunyai sekitar 20 jenis spesies yang berbeda, yang mampu dikonsumsi secara aman.

Fakta Gizi Buah Mengkudu

Buah pace atau noni mengandung aneka macam zat penting seperti protein, sejumlah vitamin, dan selenium. Senyawa aktif yang ada di dalamnya termasuk senyawa plants sterois, lycine, alizarin, caprylic acid, proxeronine, sosium, antra quinines, phenylalanine, trace elemens, magnesium, scolopetin, xeronine, proxeronine, asetil, metil, zat iridoid, dan lainnya.


7 Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Obat Rumahan


1. Melawan basil penyebab bisul

Buah mengkudu juga efektif dalam melawan basil yang bersifat pathogen seperti E coli, Salmonella, Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, S. pradysenteriae, Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Scotmuelleri, S. typhi, dan Shigella dusenteriae.

2. Membantu dalam pemulihan sel-sel tubuh

Pace mengandung terpenoid, zat ini mendukung proses sintesis organic yang berfungsi untuk pemulihan sel-sel badan.

3. Menguatkan Daya Tahan Tubuh


Kekurangan vitamin mampu menurunkan kemampuan badan untuk melawan kuman penyakit. Buah mengkudu sangat efektif dalam mendongkrak sistem antibodi tubuh. Menurut uji klinis oleh Dr. Schechter ditemukan bahwa sari buah mengkudu mampu memacu produksi sel T yang terdapat pada jaringan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh lebih kebal dari serangan penyakit. Selain itu efektifitas mengkudu termasuk mengurangi nyeri, menormalkan fungsi sel aneh, dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Melawan Kanker Prostat

Zat anti kanker yang dikandung oleh buah mengkudu ternyata sanggup melawan sel-sel tidak normal pemicu kanker. Sebuah studi oleh NCCAM mengenai efektifitas buah mengkudu untuk melawan kanker, menunjukkan kemampuan antioksidan di dalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan kanker prostat.


Buah Mengudu sebagai Obat Alami


5. Mengobati Hipertensi

Salah satu cara menurunkan tekanan darah secara alami adalah memakai mengkudu. Cara menciptakan obat rumahan dengan mengambil dua buah mengkudu yang matang di pohon. Peras buahnya untuk mengambil sari buah, tambahkan 1sdm madu murni. Minum ramuan alami ini dikala pagi dan sore hari. Baca: Daftar Makanan Penurun Hipertensi.

6. Meredakan Demam dan Flu

Penyakit ekspresi dominanan seolah-olah pilek, flu dan demam sering menyerang badan ketika isu terkini cuek. Daya tahan tubuh dapat menurun lantaran kelelahan dalam melawan aneka macam jenis kuman, sehingga penyakit mudah menyerang.

Untuk mengatasi demam dan flu, rebus kencur dan mengkudu ke dalam panci berisi 2 gelas air hingga mendidih dan menyusut segelas air. Saring, kemudian minum airnya setiap hari sebanyak dua kali.

7. Mengobati Batuk

Buah noni juga sanggup menyembuhkan berbagai jenis batuk. Kemampuan ini disebabkan sifat antibakteri dan anti inflamasi yang terdapat di dalam buahnya. Ambil buah noni matang dan setengah genggam daun bujanggut (poo). Rebus kedua bahan bersama 2 gelas air hingga menyusut separuh. Minum airnya sehabis disaring, sebanyak 2 kali tiap hari.

Itulah 7 Manfaat Buah Mengkudu Untuk mengobati aneka macam penyakit ringan dan berat. Artikel sebelumnya wacana 6 Ramuan Herbal Menggunakan Buah Mahkota Dewa. Noni simpel ditemukan di area pedesaan, atau mampu ditanam sendiri di pekarangan rumah.

foto via morinda.com

Tampilkan Komentar