7 Fungsi Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 21, 2017
Zat besi ialah mineral penting yang diharapkan untuk mencukupi jumlah darah di dalam tubuh. Manfaatnya yang paling utama adalah mengangkut oksigen, dengan bergabung bersama protein sehingga membentuk hemoglobin atau myoglobin. Hasil adonan lainnya ialah enzim yang mempunyai andil dalam produksi energi.

7 Fungsi Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh
Zat besi akan mengangkut oksigen dari paru-paru lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Zat besi dapat berasal dari sumber hewan atau tumbuh-tumbuhan.

Ketika asupan mineral ini berlebih, maka tubuh akan menyimpannya untuk dipakai dikala defisiensi asupan terjadi.

Namun bila asupan terlalu berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang nanti akan kita bahas.


7 Fungsi Zat Besi Bagi Kesehatan Tubuh


1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Mineral ini juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan asupan zat besi yang memadai maka tubuh lebih kebal terhadap serangan aneka macam penyakit. Zat besi juga diharapkan dalam proses produksi enzim penting seperti katalase dan lainnya.

2. Mendukung Kinerja Organ Tubuh

Zat besi memegang peran kunci dalam distribusi oksigen ke seluruh jaringan tubuh, sehingga seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik dan normal.

3. Mencegah Anemia

Asupan zat besi diharapkan untuk membentuk hemoglobin, sehingga sel darah merah mampu dibuat. Jumlah sel darah merah yang mencukupi akan mencegah risiko anemia. Baca: 19 Makanan Penambah Darah Untuk Mengobati Anemia.

4. Mengatur suhu tubuh

Suhu tubuh akan terkontrol dengan adanya mineral yang satu ini. Fungsi otot juga akan terjaga dengan asupan zat besi yang memadai, lantaran kebutuhan oksigen tercukupi.

5. Menjaga Sistem Saraf


Zat besi juga mempunyai andil dalam pembentukan serotonin dan neurotransmitter esensial. Dengan adanya mineral ini maka fungsi otak dan saraf akan berjalan dengan optimal.

6. Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme yang sehat didukung oleh kerja enzim di dalam tubuh. Proses pembentukan enzim ini melibatkan kiprah zat besi yang sangat signifikan.

7. Menjaga kesehatan ibu hamil

Salah satu syarat bagi janin untuk tumbuh sehat adalah asupan zat besi yang memadai. Dengan asupan mineral ini akan mencegah cacat pada bayi ketika lahir. Syarat ini juga harus dipenuhi oleh ibu hamil.


Akibat Kekurangan Zat Besi


Defisiensi zat besi dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Dua per tiga cuilan hemoglobin terdiri dari zat besi.

Kekurangan mineral ini memicu tubuh untuk menghabiskan semua simpanan, sehingga jumlah hemoglobin dalam darah tidak terpenuhi. Faktor penyebab masalah ini seperti kerusakan pada ginjal, haid dengan pendarahan mahir, kekurangan vitamin A, atau gangguan pada sistem cerna.

Kebutuhan harian untuk zat besi yang memadai pada laki-laki yaitu 8,7 mg, sedangkan perempuan membutuhkan asupan lebih banyak sekitar 14,8 mg per hari. Kebutuhan harian akan meningkat bila melakukan kegiatan berat atau bagi wanita yang mengalami menstruasi.

Gejala Kekurangan zat besi



  • Nafas menjadi pendek.
  • Nyeri pada dada, kepala, dan kaki.
  • Lidah dan rongga verbal terasa kering.

Sebagian kasus defisiensi menyebabkan penderita ingin makan tanah liat atau kapur tulis. Sebagian pasien memiliki bentuk kuku yang membulat di tengah.

Kebanyakan Zat Besi

Asupan zat besi berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan pada hati dan jantung. Gejala awal yang sering muncul seolah-olah rasa nyeri pada sendi. Keracunan zat besi sering menimbulkan tanda-tanda seolah-olah di bawah ini:
  • Energi tubuh menurun.
  • Gangguan pada jantung.
  • Kerusakan pada pankreas dan hati.

Penanganan terhadap keracunan ini biasanya dilakukan dengan menghentikan asupan zat besi untuk sementara. Pada kondisi tertentu pasien diharuskan untuk cuci darah atau menggunakan obat tertentu yang mampu membuang zat besi berlebih dalam darah.

Demikian manfaat zat besi bagi tubuh. Mineral ini harus dikonsumsi dalam jumlah yang proporsional. Pelajari juga: 5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh. Makanan yang kaya akan zat besi seperti telur, sereal, bayam, kangkung, jagung, daging sapi, ikan, dan lainnya

foto via newsnish.com

Tampilkan Komentar