5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 19, 2017
Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Manfaat vitamin B12 antara lain membantu proses metabolisme di dalam tubuh, menyehatkan sel-sel darah merah dan sel-sel saraf, serta mencegah anemia. Fungsi lainnya termasuk untuk mendukung proses penting yang terjadi di dalam tubuh.

5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh
Vitamin B-12 juga memegang peranan dalam metabolisme protein, dan produksi sel-sel darah putih yang diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh. Manfaat bagi ibu hamil termasuk menolong perkembangan saraf embrio.

Sumber vitamin B12 atau disebut Kobalamin hanya berasal dari binatang dan produk hewan. Jadi, buah-buahan dan sayuran tidak termasuk. Kobalamin harus diproses dalam tubuh (digabung dengan protein), sebelum diserap oleh sistem cerna.

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Hati menyimpan kobalamin sebagai cadangan yang cukup untuk beberapa waktu, namun kekurangan asupan vitamin ini tetap saja mampu terjadi pada seseorang. Gejala yang dialami oleh tubuh balasan kekurangan vitamin B12 antara lain:

  • Kelelahan, lesu, anemia, sembelit, dan emosi yang labil.
  • Gangguan syaraf yang sering menimbulkan kesemutan, tangan dan kaki merasa kebas, dan mati rasa.
  • Dapat menyebabkan lidah merah dan palpitasi jantung.
  • Nafsu makan menurun secara drastis, sehingga banyak penderita yang mengalami penurunan berat badan turun dengan datang-tiba.
  • Sebagian penderita merasa stres, galau, depresi, dan daya ingat menurun.
  • Jika dialami oleh bawah umur mampu menghambat pertumbuhan.
  • Jika kondisi berlanjut dapat mengakibatkan anemia parah.


5 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan fungsi saraf

Asupan harian yang cukup akan mencegah volume otak menyusut, serta mengurangi strs dan depresi.

2. Menjaga jantung tetap sehat


Vitamin B12 juga berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung. Di samping itu juga mencegah kadar kolesterol buruk melonjak.

3. Membantu tubuh menghasilkan energi

Karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang dipakai sebagai energi bagi tubuh .

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kobalamin sangat diharapkan untuk reproduksi dan regenerasi sel-sel kulit mati. Makara, sangat menghipnotis kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Asupan yang kurang memadai dapat mengakibatkan rambut rontok yang parah. Pertumbuhan rambut menjadi sangat lambat akibat kekurangan gizi pada folikel rambut.

Vitamin B12 memberikan nutrisi bagi folikel rambut sehingga memacu pertumbuhan rambut. Fungsi lainnya yaitu meningkatkan produksi melanin yang berperan dalam menjaga warna orisinil rambut. Vitamin B-12 membantu untuk mencegah eksim dan menjaga kelembaban kulit. Kurangnya asupan yang diharapkan akan menyebabkan kulit kusam dan masalah kronis lainnya pada kulit.

5. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Vitamin B12 juga berperan dalam melindungi tubuh terhadap risiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Baca: Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui.


Kebutuhan Harian Vitamin B12 yang dianjurkan


Tubuh harus mendapatkan gizi yang memadai dengan mencukupi asupan kobalamin harian. Kebutuhan vitamin B12 untuk orang dewasa ialah 2,4 mikrogram per hari. Sedangkan bagi ibu hamil sekitar 2,8 mikrogram per hari.

Anjuran ini untuk kondisi umum. Sedangkan bagi vegetarian, wanita yang menyusui, dan lansia membutuhkan asupan vitamin dalam jumlah lebih banyak. Suplemen vitamin biasanya diharapkan oleh mereka yang memiliki gangguan berupa penyakit Crohn, penyakit celiac, abses basil pada usus kecil, dan anemia pernisiosa. Namun kasus yang sering terjadi yaitu sistem pencernaan kurang mampu untuk menyerap vitamin yang berbentuk komplemen. Simak juga: 9 Makanan Berserat Paling Tinggi.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B12 baik untuk dikonsumsi dalam porsi seimbang dan tidak berlebihan. Yakinkan tubuh Anda menerima asupan yang cukup dengan mengkonsumsi daging, hati, keju, dan lain-lain.

foto via amazonaws.com

Tampilkan Komentar