3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 25, 2017
Cara mengobati penyakit jantung tentunya tidak semudah mencegahnya. Seseorang yang divonis oleh dokter, bahwa ada tanda-tanda penyakit ini di dalam dirinya tentu akan shock dan tertekan. Nah, ada metode alternatif untuk mengatasi penyakit berat ini. Cara tradisional ini tentunya kondusif dan tidak menimbulkan imbas samping.


3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami
Penyebab Penyakit Jantung

Kerusakan pada penggalan otot jantung dipicu oleh distribusi darah yang hidanganju ke organ tersebut tidak lancar. Kondisi ini disebabkan oleh adanya gumpalan darah ataupun ketegangan pada nadi koroner. Ketika jumlah darah yang sajianju jantung terlalu sedikit atau berhenti, maka otot jantung akan rusak bahkan menyebabkan janjkematian secara mendadak.

Ketika sel darah putih dan asam lemak menumpuk di dinding arteri koroner yang mengalirkan darah ke jantung ini pecah, maka akan membentuk darah beku yang menggumpal. Jika gumpalan ini menyumbat arteri, maka seseorang akan mengalami serangan jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol

Hindari kuliner tidak sehat yang mampu memicu kenaikan tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh. Jangan biarkan lemak berlebih di perut, lantaran mampu hidangantupi organ-organ tubuh yang penting. Baca: Daftar Makanan Penurun Hipertensi.

2. Perbanyak Minum Air

Dengan asupan air yang memadai maka organ-organ badan mampu bekerja dengan baik dan optimal. Minumlah 8 gelas air setiap hari.

3. Olahraga teratur

Dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari, mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 30 persen. Cobalah berjalan kaki setiap pagi selama 30 menit, ketika matahari memancarkan sinarnya yang hangat.

4. Perbanyak makan Kacang-kacangan

Makanan yang menyehatkan jantung termasuk kacang-kacangan baik untuk ditambahkan ke menu harian Anda. Makanan sehat ini sanggup meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam badan.

Gejala Penyakit Jantung

Jantung berdebar-debar (Palpitasi)

Gejala yang ini sering muncul bersamaan dengan tanda-tanda penyakit lain.

Sering pingsan

Kekurangan suplai darah mampu terjadi akibat kinerja otot jantung yang lemah, yang tidak mampu memompa darah dengan baik.

Sesak nafas

Pada penyakit jantung kronis memungkinkan cairan masuk ke rongga paru-paru, sehingga penderita mengalami sesak nafas.

Sering mengalami kram dan nyeri

Suplai darah yang tidak lancar juga dapat menyebabkan nyeri dan kram pada beberapa penggalan tubuh.


3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami


1. Kunyit

Kunyit memiliki antikoagulan alami yang mampu mencegah pembekuan darah dan trombosis. Senyawa di dalamnya mampu melarutkan kolesterol jahat, sehingga pembuluh darah tidak tersumbat olehnya. Parut rimpang kunyit, seduh dengan setengah gelas air panas. Biarkan selama 15 menit, sebelum airnya disaring. Minum bersama madu.

2. Daun Sukun


Flavonoid dan sitosterol yang hadir di dalam daun sukun membantu untuk menjaga jantung dan pembuluh darah. Untuk menyehatkan jantung, rebus daun sukun tua bersama 5 gelas air hingga menyusut separuh dari semula. Minum airnya berturut-turut selama 1 minggu.

3. Jus mengkudu

Antioksidan besar lengan berkuasa di dalam mengkudu (buah noni) sanggup melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Jika radikal bebas mengendap pada pembuluh darah, maka pedoman darah akan tersumbat. Kaprikornus, minum jus mengkudu dengan rutin akan membantu untuk manjaga kesehatan jantung.


Tips Agar Jantung Selalu Sehat


Kurangi gorengan, ganti dengan kuliner rebus

Dengan memasukkan makanan rebus dan sayuran hijau ke dalam menu harian, akan meringankan kinerja jantung. Kurangi konsumsi garam untuk menjaga tekanan darah Anda.

Olahraga Ringan

Aktivitas yang pasif dan kurang gerak mampu meningkatkan risiko serangan jantung. Kurang berolahraga menyebabkan kekurangan asupan darah. Lakukan olahraga ringan dengan rutin, supaya fungsi organ tubuh dapat berjalan dengan optimal.

Berjalan cepat atau berlari di pagi hari

Meskipun sederhana, acara ringan seolah-olah berjalan kaki dengan rutin tiap pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Cobalah berjalan kaki tanpa ganjal kaki. Metode ini berguna untuk menormalkan syaraf di telapak kaki.

Gaya hidup sehat dijalani tanpa hidangannggu penyakit menyerang. Kesalahan yang sering dibuat oleh banyak orang adalah menganggap sepele kesehatan jantung. Sesekali kunjungi pasien di rumah sakit, biar menghargai mahalnya kesehatan tubuh. Baca lainnya: 8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami! Semoga artikel ini membantu Anda.

ilustrasi foto via redorbit.com

Tampilkan Komentar