14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 09, 2017
Buah Apel termasuk buah super yang paling disukai oleh banyak orang. Buah dengan rasa masam manis ini mempunyai manfaat kesehatan dan kecantikan. Apel kaya akan vitamin C, vitamin B, dan nutrisi lainnya yang berkhasiat untuk mencegah aneka macam penyakit berat.

14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan


1. Mencegah Diabetes

Serat larut yang terdapat di dalam buah apel dapat mengontrol kadar gula darah, sehingga mencegah diabetes.


14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan
2. Mencegah penyakit Jantung dan Stroke

Senyawa fenolik yang ada di dalam kulit apel memiliki kegunaan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Gangguan pada arteri dapat memicu penyakit kardiovaskular seolah-olah stroke dan penyakit jantung

3. Mencegah Diare dan Sembelit

Buah Apel kaya serat sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan seolah-olah sembelit mampu dicegah dengan sering makan buah ini.

4. Menguatkan Imunitas Tubuh

Quercetin merupakan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Perbanyak konsumsi apel terutama saat cuaca kurang kondusif bagi kesehatan.

5. Mencegah Kanker

Sebuah studi di Hawaii mengungkapkan bahwa dengan rajin makan apel akan menurunkan risiko kanker paru-paru. Quercetin dan Flavonoid yang dikandung apel dapat mematikan hormon pemicu kanker paru-paru. Buah ini juga dilengkapi dengan pectin yang efektif melawan kanker usus. Baca: Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui.

6. Meningkatkan kecerdasan

Kepikunan dapat menyerang di usia bau tanah maupun muda. Sering mengonsumsi apel akan meningkatkan produksi acetylcholine, hormon penghubung antar sel otak yang membantu pembentukan struktur baru pada otak. Sehingga daya ingat meningkat. Sedangkan pada manula, penurunan kemampuan mental akan dicegah.

7. Menyehatkan Mata


Penyakit katarak maupun gangguan kesehatan mata lainnya mampu dicegah dengan rajin makan apel.

8. Melindungi tulang

Zat flavonoid yang disebut phloridzin terdapat pada bauh apel, mampu mencegah tulang keropos yang biasanya diderita oleh perempuan setelah menopause. Zat lain yang memiliki kegunaan untuk menguatkan tulang yaitu boron, juga ada di dalam buah ini.

9. Mengontrol kadar gula darah

Insulin sering dikatakan sebagai hormon pemicu diabetes. Pectin yang ada pada buah ini berfungsi untuk mensuplai galacturonic acid, sehingga menahan tubuh untuk melepaskan insulin. Jika produksi insulin menurun, risiko diabetes dapat dicegah. Bahkan bagi penderita diabetes akibat faktor genetik.

10. Mencegah Asma

Jus apel dapat menurunkan risiko asma, terutama pada perempuan hamil.


Manfaat Apel Untuk Kecantikan Yang Luar Biasa


11. Mengurangi Kulit Keriput

Untuk menghaluskan kulit dan mengatasi keriput, parut buah apel segar lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

12. Menurunkan berat tubuh

Kelebihan berat badan sering dipengaruhi oleh faktor genetik dan nafsu makan yang tidak terkontrol. Obesitas mampu memicu penyakit berat seperti stroke, penyakit jantung, darah tinggi dan diabetes. Rajin makan apel dapat menurunkan berat tubuh.

13. Mengatasi Kantung Mata

Campur 2 sdm sari apel dengan parutan kentang. Oleskan pada kelopak mata, gunakan kain hangat untuk menutup mata. Setelah 20 menit, basuh wajah dengan air hangat.

14. Mengurangi kulit berminyak dan jerawat

Campur parutan apel dengan madu, terapkan sebagai masker wajah. Bilas dengan air acuh taacuh, sesudah masker menempel di wajah selama 10 menit.

15. Melembabkan Kulit

Salah satu faktor penentu kecantikan perempuan yaitu kelembaban dan kesejukan kulit. Masker apel sanggup mengatasi kulit kering. Parut apel yang telah dicuci, kemudian tambahkan 1 sdm madu. Terapkan sebagai masker wajah untuk kulit kering. Setelah adonan menjadi kering, bilas wajah bagus Anda.

Demikian Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi kesehatan dan kecantikan. Buah favorit semua orang, yang menyehatkan. Untuk manfaat buah anggur bagi kesehatan, dapat dibaca pada artikel sebelumnya.

foto: makan-apel hellodoctor.co.za

Tampilkan Komentar