13 Manfaat Kesehatan Di Balik Rasa Pahit Lidah Buaya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 16, 2017
Lidah buaya tidak aneh lagi di dunia kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Mungkin Anda mampu menerka kenapa tumbuhan mendapat sebutan seakan-akan itu? Di balik rasa pahit dan basi anyir, pengecap buaya atau aloe vera menyimpan manfaat kesehatan disebabkan sejumlah senyawa aktif seperti lektin, saponin, mannans asetat, antrakuinon, dan polymannans.


13 Manfaat Kesehatan Di Balik Rasa Pahit Lidah Buaya
Fakta Nutrisi Lidah Buaya

Tanaman yang berbentuk seakan-akan daun berdaging ini dilengkapi dengan 22 jenis asam amino. Aloe vera juga diperkaya dengan semua jenis vitamin, selain vitamin D.

Nutrisi lainnya adalah gula rantai panjang yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mengandung mineral yang mendukung fungsi enzim di dalam badan, dan saponin yang berperan sebagai anti mikroba.

Semua zat penting dan senyawa yang ada di dalamnya, menciptakan aloe menjadi tumbuhan obat yang memiliki segudang kontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Di balik rasanya yang pahit dan baunya yang busuk, inilah manfaat besar yang tersimpan di dalam gel aloe vera:


13 Manfaat Kesehatan Di Balik Rasa Pahit Lidah Buaya


1. Mengobati Diabetes

Untuk menurunkan kadar gula darah, buang kulit luar dan duri pengecap buaya. Setelah gel dicuci, rebus bersama 3 gelas air dan biarkan berkurang segelas. Minum airnya secara teratur tiap hari. Kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah ini disebabkan adanya senyawa lektin, anthraquinones, dan mannans yang ada di dalamnya. Lainnya: 7 Cara Mengobati Kencing Manis Dengan Bahan Alami.

2. Meningkatkan kekebalan badan

Jus aloe vera kaya akan antioksidan yang punya kemampuan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini juga bermanfaat untuk mendongkrak sistem imunitas tubuh, sehingga lebih kuat terhadap serangan penyakit.

3. Mencegah Sembelit


Haluskan gel pengecap buaya, tambahkan sedikit madu dan air matang. Aduk semua materi, saring dan minum saat pagi, siang, dan malam hari untuk melancarkan pencernaan.

4. Mengeluarkan Toksin dari tubuh

Jus lidah buaya memiliki gelatin yang berkhasiat untuk menyerap racun pada usus dan membuangnya bersama kotoran.


9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan


5. Menghilangkan Flek Hitam

Lidah buaya berguna untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya dengan menerapkan sebagai masker wajah, setiap bangun tidur di pagi hari dan menjelang tidur malam. Baca: 11 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Dengan Cepat.

6. Menghilangkan Jerawat

Aloe vera dapat dipakai untuk melenyapkan infeksi dari wajah Anda. Caranya dengan mengoleskan gel yang ada di dalamnya ke wajah yang timbul bisul, biarkan selama 15 menit sebelum dicuci dengan air hangat.

7. Menguatkan Alis dan Bulu Mata

Penggunaan maskara sering menimbulkan bulu mata menjadi kering dan simpel rontok. Gel pengecap buaya mampu menguatkan akar bulu mata dan menciptakannya makin lebat. Caranya basuh bulu mata Anda dari bekas maskara. Oles gel ini pada bulu mata dan alis. Tunggu selama ½ jam, sebelum mencuci alis dan bulu mata menggunakan air hangat.

8. Menghaluskan Kulit

Lidah buaya cocok dipakai untuk semua tipe kulit. Gel di dalamnya melancarkan distribusi oksigen ke sel-sel kulit, sehingga menyehatkan kulit. Cuci gel aloe vera, tumbuk sampai lumat kemudian oleskan pada wajah menjelang tidur. Dengan perawatan ini akan menghilangkan bisul, melembutkan kulit, dan mencegah kulit keriput.

9. Mengurangi Ketombe

Selain berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, pengecap buaya efektif dalam mengurangi ketombe. Cukup dengan menggosokkan gel aloe vera pada kulit kepala sesudah keramas. Tutup kepala Anda memakai topi mandi saat berangkat tidur malam, bilas rambut keesokan harinya.

10. Krim cukur

Dengan mengoleskan gel pengecap buaya sebelum mencukur kumis, mampu mencegah iritasi pada kulit dan memudahkan bercukur tanpa perih.

11. Mencegah penuaan dini

Aloe vera diperkaya dengan berbagai antioksidan seakan-akan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Semua nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga hidrasi kulit, serta menghambat munculnya garis-garis halus dan keriput.

12. Kondisioner alami bagi rambut

Gel lidah buaya merupakan pendingin bagi rambut Anda. Di dalam gel ini terkandung zat yang hampir sama dengan keratin, protein alami yang ada pada sel-sel rambut.

13. Menyamarkan Stretch marks

Tanda parut seolah-olah guratan-guratan putih biasa dialami oleh ibu hamil. Tanda parut ini terjadi akibat kulit meregang sehingga jaringan elastis di bawah kulit menjadi robek. Gel lidah buaya dapat menyembuhkan luka parut.

Itulah Manfaat menakjubkan Lidah Buaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut. Simak juga: 6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami. Banyak materi alami di sekitar kita yang mempunyai sejuta manfaat kesehatan. Mulailah menanam tanaman obat ini di pekarangan rumah Anda.

Tampilkan Komentar