12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 28, 2017
Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan terkait dekat dengan banyak sekali nutrisi di dalamnya. Temulawak mengandung sejumlah senyawa aktif yang pengaruhtif dalam mengobati penyakit ringan hingga berat. Rempah ini memiliki warna kuning oranye yang lebih cerah dari kunyit. Bedanya, ukuran kunyit lebih kecil dan mempunyai tekstur yang lebih lembut.


12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan
Fakta Nutrisi di dalam Temulawak

Tanaman obat ini mengandung nutrisi non gizi seolah-olah kurkumin, minyak atsiri, zat xanthorizol, borneol, trisiklin, germaken, sineal, allo aromadendren, turmerol, phelandren, fellandren, kamfer, glikosida, serat, dll.

Sekitar setengah bagian temulawak terdiri dari zat tepung (pati). Minyak atsiri di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi, juga pengaruhtif untuk menunda penuaan, mengobati jerawat, dan menghilangkan flek hitam di wajah.


12 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Juga Kecantikan


Bukan hanya populer sebagai jamu tradisional ataupun minuman segar. Lebih dari itu, temulawak mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini:

1. Mencegah Radang Sendi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurkumin dalam temulawak mempunyai dampaktifitas yang setara dengan 100mg fenilbutazon, yang mampu meredakan nyeri sendi dan peradangan.


Masyarakat India telah menggunakan temulawak sebagai obat arthritis. Fenilbutazon adalah obat keras yang dapat menimbulkan dampak samping seolah-olah risiko anemia aplastik dan menurunkan produksi sel darah putih. Bahkan penggunaan obat kimia ini pada jangka panjang mampu menyebabkan kerusakan ginjal. Berbeda dengan kurkumin yang kondusif bagi badan.

2. Melawan Kanker

Temulawak mengandung curcumin yang memiliki kegunaan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat. University of maryland medical center menerangkan bahwa seluruh pertumbuhan pembuluh darah penyebab kanker mampu tidak boleh oleh curcumin.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hasil penelitian oleh journal clinical gastroenterology and hepatology pada tahun 2006, menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi ramuan temulawak selama 6 bulan punya daya tahan yang lebih baik daripada pasien yang tidak melakukannya.

4. Mengurangi kadar lemak dalam darah

Kurkuminoid yang hadir dalam ekstrak temulawak punya kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak di dalam darah. Sehingga mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Menyehatkan Hati

Salah satu nutrisi dalam temulawak adalah katagoga, zat yang berperan dalam produksi empedu pada hati dan mengosongkan kantung empedu. Hal ini berarti menjaga fungsi hati dari aneka macam potensi kerusakan.


Manfaat temulawak untuk kecantikan kulit


6. Mengobati Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat nakal, minum air rebusan dari temulawak secara teratur. Sedangkan pengobatan dari dalam dengan cara menerapkan parutan temulawak sebagai masker wajah. Cara ini juga bekerja untuk mencerahkan kulit secara alami.

7. Menghaluskan kulit

Cukup dengan memakai temulawak sebagai scrub bagi wajah. Lakukan dengan rutin setiap malam hari. Cara alami ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka dan noda hitam, serta berguna untuk mengencangkan kulit dan mencegah kanker kulit.


Manfaat Temulawak sebagai Obat tradisional


8. Mengobati Bisul

Untuk menyembuhkan bisul, gunakan obat alami ini. Rebus rimpang temulawak yang telah dikupas, bersama 2 gelas air dan tambahkan sedikit gula aren. Biarkan airnya menyusut segelas, tambahkan sepotong asam Jawa. Setelah airnya dingin, minum ramuan ini dengan segera. Baca: 10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat.

9. Mengobati penyakit ginjal kronis

Sediakan temulawak, segenggam daun kumis kucing dan meniran. Rebus semua materi ke dalam panci berisi 4 gelas air, hingga airnya tinggal 2 gelas saja. Minum 3 kali dalam sehari.

10. Mengobati Hepatitis

Untuk mengobati penyakit liver secara alami, dapat menggunakan herbal temulawak. Kupas temulawak seukuran 2 jari, kemudian rebus ke dalam ½ liter air sehabis diiris-iris. Tambahkan gula merah, dan biarkan sampai airnya tersisa segelas saja. Minum airnya di waktu pagi dan malam hari.

11. Meredakan Asma

Rebus setengah rimpang temulawak bersama 5 gelas air, tambahkan gula merah secukupnya. Biarkan airnya tinggal 2,5 gelas saja. Minum obat asma ini, 3 kali dalam sehari.

12. Melancarkan ASI

Sediakan 20gr temulawak, parut dan peras untuk mengambil airnya. Rebus sampai airnya mendidih selama beberapa menit. Tambahkan 2 sdm madu murni, dikala air menjadi acuh taacuh. Minum setiap pagi dan sore hari.

Efek Samping Temulawak

Mengkonsumsi temulawak dengan rutin dalam jangka panjang dan jumlah besar, dapat menimbulkan iritasi pada lambung dan rasa mual.

Bagi ibu hamil atau menyusui sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan rempah ini sebagai obat, untuk menjaga kesehatan janin di dalam perut.

Itulah manfaat temulawak untuk mengobati penyakit ringan hingga berat. Tanaman ini praktis ditemukan di pasar tradisional. Anda juga dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah atau kebun.

foto via authoritynutrition.com

Tampilkan Komentar