12 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Di Luar Dugaan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 03, 2017
Buah Anggur memiliki manfaat kesehatan yang cukup menakjubkan. Buah dengan rasa manis asam ini memiliki polifenol dan resveratol yang baik untuk metabolisme tubuh. Buah anggur juga kaya akan nutrisi dan antioksidan yang ampuh dalam melawan radikal bebas. Buah super ini seharusnya ada di dalam sajian diet Anda.

Fakta Nutrisi Buah Anggur


12 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Di Luar Dugaan
Buah Anggur memiliki beberapa varian dan nilai gizi yang bervariasi juga. Namun, intinya buah anggur mengandung nutrisi yang hampir sama seolah-olah zat besi, kalsium, mangan, asam fosfat, asam galat, glukosida, dan aneka vitamin lainnya.

Buah Anggur merah dilengkapi dengan vitamin A, vitamin C , vitamin B6, thiamin, vitamin K, asam pantotenat, vitamin E, folat, alpha karoten dan beta karoten. Mineral yang ada padanya seolah-olah kalsium, kalium, tembaga, magnesium, zat besi, seng, mangan dan selenium.


12 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Di Luar Dugaan


1. Mencegah katarak

Di dalam buah anggur terkandung flavonoid yang berfungsi untu menjaga kesehatan mata dari kerusakan balasan radikal bebas, contohnya katarak.

2. Mencegah serangan Jantung Koroner


Senyawa fenol yang ada di dalam buah cantik ini merupakan antioksidan berpengaruh yang efektif dalam mencegah serangan jantung koroner. Buah Anggur mengandung resveratrol yang berguna untuk menurunkan risiko terhadap serangan jantung koroner. Saponin yang dikandungnya mampu mengurangi perembesan kolesterol oleh badan. Perbanyak makan buah ini, semoga sirkulasi darah lebih lancar.

3. Mengobati Insomnia

Manfaat buah anggur lainnya adalah untuk mengobati gangguan tidur. Kandungan melatonin di dalamnya berfungsi untuk membantu mengatur jam biologis tidur. Jika anda sulit tidur malam, cobalah banyak makan buah ini. Baca: Tips Efektif Melenyapkan Insomnia Dengan Praktis.

4. Mengobati penyakit Migrain

Dengan rutin minum jus Anggur dapat mengobati migrain kronis. Cobalah minum jus buah anggur, jangan menambahkan air ke dalamnya.

5. Menurunkan tekanan darah

Mineral seolah-olah kalium dan melatonin juga ada di dalam buah super ini. Keduanya efektif untuk sajianrunkan Hipertensi. Demikian pula serat yang dapat melarutkan lemak di pembuluh darah, terkandung pada buah manis masam ini.

6. Mencegah Sembelit

Anggur juga diperkaya dengan selulosa dan asam organik. Kedua nutrisi ini sangat membantu untuk mengatasi gangguan pada jalan masuk pencernaan, termasuk sembelit.

7. Mencegah Kanker

Anti inflamasi dan antioksidan berpengaruh yang ada apada buah ini sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan kronis, penyebab tumbuhnya sel kanker. Efektivitas dalam mencegah kanker juga bekerjasama dengan senyawa lain seolah-olah petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, dan asam elagik.

8. Mencegah Diabetes

Buah anggur punya kadar gula yang sangat rendah sehingga aman bagi penderita diabetes. Bahkan, fitonutrien di dalam buah ini sangat membantu untuk mengontrol kadar gula darah, dan membuat insulin lebih sensitif.


Manfaat Buah Anggur Bagi Kecantikan Tubuh


9. Mencegah Kanker Kulit

Zat resveratrol yang dikandung oleh buah ini, berpotensi untuk melindungi kulit dari ancaman yang ditimbukan oleh sinar ultraviolet pemicu kanker kulit.

10. Membuat wajah kusam kembali bercahaya

Anggur efektif dalam mencerahkan wajah yang kusam. Remas daging buah anggur yang telah dikupas kulitnya, tambahkan madu sebanyak 3 tetes. Aplikasikan pada wajah sebagai masker alami. Cuci wajah sampai higienis, sehabis selesai. Lakukan perawatan wajah ini dengan teratur untuk membuat wajah bercahaya.

11. Melembabkan kulit

Khasiat buah Anggur termasuk memberikan kelembaban bagi kulit. Cukup dengan mengoleskan daging buah anggur ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari.

12. Menghambat gejala Penuaan

Buah anggur mempunyai tingkat tinggi antioksidan, khususnya pada serpihan kulit dan bijinya. Antioksidan yang besar lengan berkuasa ini bermanfaat untuk hidangannda gejala penuaan.

Itulah Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan tubuh. Baca juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh! Tidak sulit untuk mendapatkan dan menyediakannya di rumah Anda.

foto via authoritynutrition.com

Tampilkan Komentar