12 Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Tertinggi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 20, 2017
Vitamin B12 sangat diharapkan untuk mendukung beberapa proses penting di dalam tubuh, termasuk kesehatan saraf, jantung dan lainnya. Vitamin ini hanya dapat diperoleh dari produk binatangi. Sumber vitamin B12 tidak ditemukan pada tanaman, kecuali pada tanaman yang terkena kontaminasi oleh mikroorganisme.

Sumber vitamin B12 yang paling populer adalah daging dan ikan. Di bawah ini merupakan daftar makanan yang mengandung cobalamin paling tinggi:


12 Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Tertinggi


1. Kerang

Kerang rebus atau panggang baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12. Setiap 3 ons kerang rata-rata memiliki 94,1 mcg vitamin B12. Makanan maritim ini merupakan sumber cobalamin tertinggi. Kerang juga mengandung seng, fosfor, tembaga, dan zat besi.


12 Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Tertinggi
2. Tiram

Moluska ini masih kerabat bersahabat dengan keong. Hewan lunak ini mengandung 16,4 mcg cobalamin per 6 ekor. Namun hati-hati terhadap tiram liar yang kadang mengandung logam berat (zat kontaminan). Silahkan mengkonsumsi tiram hasil budidaya.

3. Kepiting

Masih seputar kuliner maritim. Dengan makan kepiting panggang, Anda akan menerima 9,8 mcg kobalami per 3 ons materi. Kepiting mengandung berbagai mineral penting, karbohidrat, dan omega-3. Makanan laut ini rendah lemak. Kromium dalam kepiting mampu bermanfaat untuk membantu metabolisme zat gula, sehingga membantu untuk mengobati penyakit kencing cantik.

4. Ikan Laut

Ikan haring biasa dikonsumsi sebagai menu harian oleh orang Belanda. Dengan ukurannya yang kecil sanggup menyediakan 13,11 mcg cobalamin per 100gr materi. Salmon menyimpan 3,12 mcg, sedangkan sarden menyediakan 8,72 mcg. Tuna memiliki kandungan yang paling besar yaitu 10,3 mcg.

5. Caviar


Telur ikan sturgeon atau biasa disebut caviar memiiki 5,54 mcg vitamin B12 per 100 gr bahan. Cobalah caviar bila Anda sedang mengunjungi restoran yang menyajikan makanan bahari. Caviar juga dilengkapi dengan vitamin A, vitamin E, tembaga dan asam lemak omega-3. Cukup seimbang dengan harganya yang mahal.

6. Daging Kambing

Anda juga dapat memperoleh asupan vitamin B12 dengan makan daging ayam dan kambing. Tiap 1 ons daging kambing menyediakan 15,7 mcg vitamin ini sedangkan ayam cincang mengandung sekitar 13,7 mcg per cangkir. Protein yang ada di dalam daging juga baik untuk menjaga kekuatan rambut.

7. Kalkun

Setiap 100 gr daging kalkun menyimpan 48,2 mcg vitamin B12. Makara, daging kalkun tidak hanya enak dan gurih tetapi kaya nutrisi.

8. Kuning Telur

Telur mengandung vitamin B12, terutama pada belahan kuning. Tiap unggas mempunyai jumlah cobalamin yang berbeda dari lainnya. Telur angsa rata-rata menyediakan 7,5 mcg per 3 ons, telur belibis memiliki 3,8 mcg, sedangkan telur ayam mengandung 1,95 mcg. Hati-hati terhadap bahaya makan telur mentah.


Sumber Vitamin B12 Bagi Vegetarian


9. Keju

Di balik rasanya yang yummy, keju merupakan sumber vitamin B12 yang tinggi. Keju Swiss memiliki sekitar  6,5 mcg kobalamin per 100 gr. Hati-hati terhadap kolesterol yang ada di dalamnya.

10. Whey Protein

Produk sampingan dari keju ini merupakan pilihan tepat bagi vegetarian, untuk mendapatkan asupan B12. Protein dan glutamin yang ada di dalamnya baik untuk meningkatkan massa otot.

11. Yogurt

Produk susu seolah-olah yogurt non lemak menyediakan 0,53mcg kobalamin per cangkir. Sereal yang dilengkapi dengan susu cocok dikonsumsi oleh para vegetarian. Sereal sanggup memberikan 6mcg B12 per cangkir.

12. Rumput Laut

Agar-agar yang terbuat dari rumput bahari juga mampu menjadi pilihan lain bagi vegetarian. Meskipun kadar vitamin B12 yang ada di dalamnya tidak terlalu tinggi. Kehadiran vitamin ini disebabkan sintesis oleh mikro organisme maritim.  

Itulah 12 Makanan yang mengandung vitamin B12 tertinggi. Silahkan baca artikel sebelumnya tentang 5 Manfaat vitamin B12 bagi kesehatan tubuh. Kekurangan nutrisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Kaprikornus, tambahkan salah satu makanan sehat ini ke dalam sajian harian Anda.

foto via shape.com

Tampilkan Komentar