11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 26, 2017
Kacang mete selain nikmat sebagai cemilan, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. kacang mede (cashew) yaitu biji jambu mede yang dibalut oleh kulit keras berwarna abu-abu. Kulit biji ini mengandung urushiol, minyak beracun yang dapat menimbulkan alergi.


11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete
Kacang mete mempunyai tekstur yang halus dengan bentuk simetris. Rasa mede seakan-akan mentega atau kacang arab, dengan aroma yang khas. Lebih dari rasanya yang lezat, mente memiliki bantuan besar untuk mencegah banyak sekali penyakit serta menjaga kecantikan kulit.

Fakta nutrisi Kacang Mete

  • Mineral penting yang hadir di dalam kacang mete seolah-olah kalium, mangan, zinc, tembaga, magnesium, besi, dan selenium.
  • Kacang mete juga dilengkapi dengan vitamin penting seakan-akan vitamin B5, vitamin B-6, riboflavin, niasin, dan thiamin.
  • Kacang mede juga diperkaya dengan karbohirat, lemak, kalori, dan serat.

11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete


Berbagai nutrisi penting dalam kacang mede menciptakannya kaya akan manfaat kesehatan, seolah-olah di bawah ini:

1. Baik untuk Jantung

Kacang mete kaya akan asam oleat yang mempunyai peran dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar trigliserida. Magnesium dalam mede memiliki andil untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

2. Melawan Kanker


Kacang mete mempunyai flavanol yang disebut proanthocyanidins, yang mampu melawan sel kanker dan tumor. Jumlah tinggi dari tembaga yang ada di dalamnya membantu untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

3. Menguatkan Tulang dan Sendi

Magnesium juga diperlukan untuk menyusun tulang, di samping kalsium. Tembaga di dalam biji jambu kera ini juga berguna untuk menjaga kelenturan sendi.

4. Mencegah Batu Empedu

Penelitian oleh Nurses Health Study mengungkap bahwa perempuan yang makan kacang mete minimal 1 ons per minggu mengalami penurunan terhadap risiko penyakit kerikil empedu sampai sebesar 25 persen.

5. Menjaga kesehatan Saraf

Magnesium pada biji jambu simpanse berperan dalam menjaga otot dan pembuluh darah dan otot tetap rileks, dengan mengontrol distribusi kalsium ke sel-sel saraf.

6. Menyehatkan Otak

Lemak tak jenuh dalam biji jambu kera berfungsi untuk memenuhi asupan oksigen yang diharapkan oleh otak, sehingga dapat menguatkan daya ingat.

7. Menurunkan Kadar gula darah

Penderita diabetes sebaiknya banyak makan kacang mede, lantaran mampu sajianrunkan kadar trigliserida pemicu penyakit diabetes.

8. Mencegah Migrain dan Kelelahan

Kadar magnesium yang tinggi membuat mede menjadi kuliner yang mampu meningkatkan energi tubuh. Makanan ini dampaktif dalam mengatasi kejang otot dan migrain.


Manfaat Kacang Mede Untuk Kecantikan


9. Menyehatkan Kulit

Salah satu mineral penting yang hadir di dalam kacang mede adalah tembaga. Mineral ini diharapkan untuk produksi tirosinase. Enzim tirosinase berguna untuk mengubah tirosin menjadi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna kulit dan rambut.


10. Menyuburkan rambut

Jika Anda ingin memiliki rambut panjang dan besar lengan berkuasa, masukkan kacang mete ke dalam menu harian Anda. Zat besi dan tembaga yang banyak terdapat di dalamnya dampaktif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Kedua mineral ini memacu produksi melanin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut sehat.

11. Mengontrol Berat Badan

Kacang mete kaya akan serat dan lemak tak jenuh yang kondusif untuk berat tubuh Anda. Serat ini justru mampu membantu untuk menurunkan berat tubuh Anda.


Efek samping makan kacang mete


Meskipun memiliki segudang manfaat kesehatan, kacang mete dapat mengakibatkan alergi khususnya pada belum dewasa. Sebagian kasus alergi yang sering muncul seolah-olah nyeri perut, gatal pada kulit, sulit bernapas, dan diare. Gejala ini muncul akibat asam anakardat yang ada dalam buah dan bijinya.

Perhatian

Kulit biji pecahan paling luar sangat beracun. Hindari getah kulit luarnya, yang dapat menyebabkan kulit Anda menjadi melepuh bila terkena getah ini.

Itulah Manfaat kesehatan di balik gurihnya kacang mete. Baca juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh. Pastikan tidak terjadi alergi, sebelum makan biji jambu monyet ini. Dengan mengkonsumsi makanan sehat disertai olahraga rutin, akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

foto via webmd.com, media.indiatimes.in

Tampilkan Komentar