10 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 31, 2017
Bawang Bombay mempunyai manfaat kesehatan yang luar biasa. Lebih dari sekedar bumbu masakan, bawang yang berasal dari kota Bombay ini mengandung sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.


10 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
Bawang bombai (Allium Cepa Linnaeus) memiliki ukuran jumbo dengan bentuk bundar dan daging yang tebal. Rempah ini mempunyai variasi warna adalah merah dan putih.

Fakta Nutrisi dalam Bawang Bombai

Nutrisi dan senyawa penting yang terdapat di dalamnya seakan-akan vitamin C, vitamin E, kalsium, sodium, asam amino, mangan, allicin, curcumin, minyak atsiri dan banyak lagi.


10 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kecantikan Dan Kesehatan


Rempah yang sering digunakan sebagai hiasan ini mampu dipakai untuk mencegah beberapa jenis penyakit, serta meningkatkan kecantikan kulit. Berikut khasiat bawang bombay yang luar biasa:

1. Menjaga Kesehatan Otak


Vitamin B kompleks hadir di dalam bawang bombai. Salah satu fungsi vitamin B kompleks termasuk menutrisi otak, sehingga fungsinya lebih optimal.

2. Mencegah Tulang Keropos

Bawang bombay juga diperkaya dengan senyawa tertentu yang sanggup menguatkan tulang, sehingga mencegah Osteoporosis.

3. Menyehatkan Jantung

Bawang bombay kaya akan flavonoid yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Rempah ini juga memiliki distributor fibrinolitik dan anti koagulasi yang mencegah penggumpalan trombosit, disebabkan zat welirang yang ada di dalamnya. Baca: 3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami.

Dengan makan bawang bombay mentah akan sajianrunkan kadar kolesterol jelek, sehingga membuat jantung menjadi lebih sehat. Zat fibrinolitik dalam bawang ini juga efektif untuk mengembangkan pembuluh darah yang menyempit. Sehingga sajianrunkan risiko hipertensi.

4. Membantu Mengobati Diabetes

Bawang bombay mengandung kromium yang berguna untuk sajianrunkan kadar gula darah. Kromium merupakan salah satu mineral yang sanggup memicu respon sel-sel terhadap insulin, sehingga menormalkan kadar gula darah.

5. Melancarkan Aliran Darah

Bawang bombay dilengkapi dengan vitamin C, fitokimia dan nutrien lainnya yang sanggup melancarkan sirkulasi darah dan mengobati inflamasi.

6. Melancarkan Pencernaan

Rempah ini juga kaya akan serat yang mampu memicu metabolisme dalam tubuh. Ini berarti bahwa bawang bombay membantu untuk mencegah dan mengobati sembelit.

7. Mencegah Alergi

Senyawa quercetin dalam bawang bombay bersifat anti radang dan anti alergi. Jadi, bagi orang yang rentan terkena serangan penyakit ringan sebaiknya menambahkan rempah ini ke dalam hidangan harian.

8. Mencegah Kanker dan Tumor

Penelitian oleh National Center Institute menemukan bahwa senyawa sulfide dalam bawang bombay mampu untuk melawan kanker atau tumor. Rempah ini kaya akan frukto-oligosakarida yang memacu pertumbuhan basil sehat (bifido), serta menghambat kuman berbahaya pada usus besar.

9. Obat Alami untuk meredakan Flu dan Panas

Fakta yang mengejutkan dalam pengobatan flu secara alami. Dengan menyelipkan bawang bombay ke dalam kaos kaki ketika tidur malam, ternyata efektif dalam meredakan flu dan panas. Banyak orang yang telah berhasil dengan mencoba terapi bawang bombay ini.

Cukup dengan meletakkan bawang bombay di bawah telapak kaki ketika tidur malam. Terapi ini berguna untuk menetralisir racun dalam darah, mematikan virus dan kuman dalam badan. Bawang bombay sungguh memiliki anti-virus yang kuat.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Kecantikan


10. Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan

Nutrien dalam bawang bombai ternyata bermanfaat untuk menguatkan akar rambut sehingga mencegah rambut rontok. Cara membuat obat alami untuk menguatkan rambut cukup simpel.

Parut beberapa siung bawang Bombay. Peras airnya semoga ampas dapat dipisahkan. Campur ampas dengan minyak kelapa yang telah dihangatkan, kemudian terapkan pada kulit kepala Anda. Air yang diperoleh dari perasan bawang bombai digunakan untuk membasuh setiap helai rambut Anda. Biarkan selama 30 menit, sebelum membilas rambut. Lakukan perawatan ini dengan teratur, minimal dua kali dalam seminggu.

Itulah beberapa Manfaat Terapi Bawang Bombay Bagi kecantikan dan kesehatan yang menakjubkan. Pelajari juga 6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami. Mulai kini masukkan rempah ini ke hidangan harian anda, baik sebagai bumbu dapur ataupun kuliner olahan lainnya.

foto via fb.ru

Tampilkan Komentar