10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 23, 2017
Bisul yaitu penyakit kulit berupa benjolan pada kulit yang berisi darah dan jerawat, sehingga menimbulkan nyeri. Bisul diawali dengan perubahan warna pada kulit menjadi kemerahan, semakin lama ukuran benjolan bertambah besar dan timbul bengkak di dalamnya. Penderita bisul tentunya merasakan sakit yang luar biasa.


10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat
Penyebab Bisul

Gangguan pada kulit yang juga disebut furunkel ini disebabkan infeksi oleh kuman staphylococcus aureus. Letak bisul tergantung pada folikel rambut, dimana kuman hinggap. Luka pada kulit akan lebih memungkinkan bagi kuman untuk masuk sehingga kelenjar minyak terinfeksi.

Penyakit kulit ini tidak disebabkan oleh kebanyakan makan telur. Lingkungan yang kurang bersih, dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit. Apalagi belum dewasa yang suka bermain dengan tanah kotor.

Penyebab lain adalah kebiasaan menggaruk kulit dikala badan berkeringat. Bisul termasuk penyakit menular, salah satunya lewat garukan tangan. Orang dengan daya tahan badan yang rendah, lebih berisiko terdapat penyakit kulit ini.


10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat


Bisul pada pasien diabetes harus diobati oleh dokter atau perawat di rumah sakit. Sedangkan untuk non-diabeteser dapat menggunakan cara alami untuk mengobati bisul seolah-olah berikut ini:

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung banyak senyawa penting seakan-akan minyak atsiri yang bersifat anti kuman dan antiseptik. Untuk mengobati bisul, tempelkan irisan bawang putih pada kulit yang bermasalah kemudian balut memakai kasa.

2. Daun Cabe

Selain bermanfaat untuk mengobati rematik, cabai juga mampu digunakan untuk mengobati bisul. Daun cabai sanggup melawan infeksi kulit oleh basil. Panggang daun cabai dengan api kecil sampai layu. Tumbuk daunnya, tambahkan minyak sayur kemudian oleskan pada bisul.

3. Jinten Hitam


Jintan hitam mempunyai sekitar 100 senyawa kimia. Jinten hitam efektif dalam mengobati infeksi kulit, termasuk bisul. Untuk meredakan nyeri balasan bisul, tumbuk jinten sampai berkembang menjadi pasta lalu oleskan pada kulit.

4. Daun Asam jawa

Untuk menyembuhkan bisul dengan cepat, tumbuk daun asam jawa dan kunyit. Balurkan pada kulit yang timbul bisul, kemudian balut dengan kain kasa.

5. Bunga Matahari

Panaskan bunga matahari di atas genteng tanpa minyak (disangrai), kemudian tumbuk hingga halus. Tuangkan sedikit minyak wijen dan aduk sampai merata. Terapkan krim alami ini pada permukaan bisul.

6. Garam

Penyakit bisulan juga mampu diobati dengan garam. Campur garam bersama daun bandotan dan nasi basi, tumbuk hingga lumat kemudian terapkan pada bisul.

7. Krokot

Obat tradisional untuk bisulan selanjutnya adalah krokot. Seduh krokot kering bersama segelas air panas, minum airnya setelah acuh taacuh.

8. Daun bayam duri

Supaya bisul sembuh dengan cepat, tempelkan daun bayam duri yang sudah ditumbuk kemudian balut dengan perban.

9. Daun Belimbing elok

Air bekas cucian beras yang dipadu dengan daun belimbing dapat dijadikan sebagai obat bisul. Tuangkan air beras ke dalam wadah berisi daun belimbing elok yang telah ditumbuk. Aplikasikan ramuan ini pada area kulit yang bermasalah.

10. Tanaman jombang

Tumbuk daun jombang hingga lumat, kemudian peras untuk menerima airnya. Minum sari dari daun jombang untuk mempercepat bisul sembuh.


Cara Mencegah Bisul



  • Jangan memencet benjolan. Jika bisul ditekan, maka kuman akan menyebar di serpihan kulit yang lain.
  • Jangan menunggu bisul matang, lantaran kerusakan jaringan kulit akan semakin parah bahkan menyebabkan rongga pada kulit.
  • Gunakan air hangat untuk mengompres. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi nyeri sekaligus mempercepat proses penyembuhan.
  • Untuk mencegah infeksi kulit, gunakan sabun cair yang mempunyai zat anti-bakteri. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah penularan.

Itulah 10 Cara Alami Untuk Mengobati Bisul Dengan Cepat. Simak juga: 8 Cara Mengobati Panu Dengan Bahan Alami.Jagalah kebersihan tubuh dan lingkungan, untuk mencegah infeksi. Perbanyak asupan makanan yang mampu menguatkan kekebalan badan, lantaran bisul lebih mudah menyerang dikala daya tahan badan sedang lemah.

foto ilustrasi via dermmedica.ca

Tampilkan Komentar