Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 03, 2017
Penyakit eksim ada dua jenis, yaitu eksim kering dan lembap. Jika warna kulit memerah, bersisik dan tebal maka tergolong eksim kering. Jika ditandai dengan bintil-bintil bernanah, maka termasuk eksim lembap. Keduanya mengalami gatal dan panas pada kulitnya. Penyakit ini menyerang area paha, kaki, dan wajah. Ketika bintil pada kulit pecah dan mengelupas, maka kulit serpihan dalam akan lembap dan merah disertai munculnya jerawat. Saat cairan mengering, kulit pun timbul kerak.


Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami
Penyebab Eksim yang umum

Beberapa faktor pemicu eksim antara lain akibat paparan sinar matahari, alergi terhadap zat kimia ataupun kuliner, dan lainnya. Penyakit ini akan semakin parah jikalau terkena busa deterjen, debu, depresi, klorin, parfum, dan suhu cuek tapi rendah kelembaban udara.

Pantangan bagi penderita ialah makanan dan minuman tertentu, seolah-olah telur, susu sapi, ikan, udang, kacang, dan kerang.
Kulit yang terkelupas balasan penyakit ini mampu diobati dengan menerapkan minyak zaitun. Untuk mengobati kulit basah akhir eksim, tepung beras yang halus dapat dipakai. Konsumsi sayuran hijau dan buah mampu membantu untuk meningkatkan kekebalan badan penderita.


Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami


1. Asam Jawa dan Kunyit

Sediakan 1 genggam daun asam jawa dan 2 rimpang kunyit. Setelah dicuci, tumbuk kedua bahan hingga lumat. Aplikasikan pada kulit.

2. Bengkuang dan Belerang

Sediakan 4 sdm biji bengkuang, 3 sdm tepung belerang, dan 2 sdm minyak kelapa. Biji bengkuang ditumbuk, lalu campur semua bahan. Aduk sampai merata. Terapkan pada kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

3. Daun Kecubung


Ambil 3 helai daun kecubung dan sedikit minyak kelapa. Tumbuk daun kecubung hingga halus, sesudah dicuci sebelumnya. Campur dengan minyak kelapa, aduk hingga rata. Hangatkan dengan menggunakan api kecil, terapkan pada kulit yang terasa gatal.

4. Temulawak dan Daun Sambiloto

Ambil 7 lembar ngokilo, 1 genggam daun sambiloto, 5 rimpang temulawak, dan 10 gram asam. Bagian dalam temulawak dipotong-potong. Campur 4 bahan ini, rebus bersama dua gelas air hingga mendidih. Biarkan airnya berkurang 1 gelas. Setelah disaring, minum airnya setiap hari selama 5 hari.

5. Kapur Sirih dan Wortel

Sediakan umbi wortel dan 1 sdm kapur sirih. Cuci wortel, kemudian diparut. Tambahkan kapur sirih, aduk rata. Aplikasikan pada area kulit, gunakan perban untuk membalutnya.

6. Daun Bayam

Rebus daun bayam ke dalam panci berisi air, sampai airnya mendidih. Tempelkan pada kulit penderita. Biarkan selama ½ jam, sebelum dilepas.

7. Daun Ketepeng

Sediakan daun ketepeng, 1 rimpang kunyit, dan daun asam muda. Tumbuk semua materi menjadi satu padu. Oleskan pada kulit yang gatal.

8. Daun Meniran

Sediakan 1 rimpang temulawak yang dipotong-potong, 1 sdm daun meniran, dan 15 helai daun remujung. Rebus semua materi hingga mendidih selama beberapa saat, masukkan gula watu. Minum secara teratur setiap hari.

9. Biji Mahoni

Sediakan ½ sdm abu biji mahoni dan sedikit madu.Seduh debu mahoni  bersama ½ cangkir air hangat. Tambahkan madu untuk melawan rasa pahit. Minum ramuan ini, selagi hangat sebanyak tiga kali dalam sehari.

10. Kangkung Segar

Cuci kangkung segar secukupnya, rebus hingga mendidih selama 15 menit. Basuh kulit dengan air kangkung.

11. Biji Bungur

Siapkan 1 rimpang kunyit, ½ genggam biji bungur, 3 helai daun ketepeng, dan 2 sdm minyak kelapa. Tiga materi ditumbuk, sedangkan biji bungur disangrai. Tambahkan minyak kelapa sembari meremasnya. Gunakan sebagai obat gosok bagi kulit, balut menggunakan kain bersih. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

Itulah 11 Bahan Alami yang dapat digunakan untuk mengobati eksim secara tradisional. Konsultasikan dengan dokter seorang ahli kulit, untuk pengobatan lebih lanjut.


foto by huffpost.com via facebook

Tampilkan Komentar