Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 23, 2017
Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang dan sangat berbahaya. Memang ada sebagian kasus kanker yang mampu sembuh, dengan pengobatan intensif yang mengeluarkan banyak biaya. Bukan hanya faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat dituduh menjadi penyebab utama risiko kanker. Faktor lain yang menjadi penyebab kanker yaitu radiasi berbahaya.


Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui
Sangat penting untuk diperhatikan mengenai kanker, olahraga teratur dan pola hidup sehat sangat membantu dalam upaya mencegah kanker.

Semua ini merupakan faktor besar lengan berkuasa yang menentukan upaya dalam menghindari penyakit berbahaya ini. Meskipun tidak ada jaminan niscaya, namun beberapa hal di bawah ini merupakan upaya terbaik:


Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui


1. Olahraga dengan teratur

Untuk memperabukan lemak di dalam tubuh, olahrag sangat diharapkan. Olahraga secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan olahraga, keringat yang bersifat racun bagi tubuh akan dibuang.

2. Rajin konsumsi Teh Hijau

Minumlah teh hijau tawar untuk menurunkan risiko kanker. Antioksidan besar lengan berkuasa yang ada di dalam minuman ini efektif dalam melawan kanker.


3. Perbanyak makan Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu dalam melawan kanker. Sebaiknya ikan dimasak setengah matang, untuk menjaga omega-3 di yang dikandung di dalamnya.

4. Sering makan buah Paprika

Zat aktif yang disebut lykopene ada di dalam paprika, cukup efektif untuk mencegah risiko kanker. Silahkan pilih baik paprika merah ataupun kuning.

5. Perbanyak makan Bawang putih

Senyawa aktif yang dimiliki oleh bawang putih juga sangat efektif untuk mencegah kanker, dan meningkatkan imunitas tubuh.

6. Perbanyak Minum Air

Dengan minum banyak air, tubuh akan lebih mudah untuk mengeluarkan racun.

7. Perbanyak makan sayuran hijau dan buah-buahan

Untuk melindungi tubuh dari ancaman kanker, zat antikarsinogen punya peran yang cukup signifikan. Zat ini mampu ditemukan pada sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A, C, E, D, betakaroten, niasin, selenium, asam folat, kalsium, seng,  dan magnesium. Serat yang banyak terdapat pada kedua jenis makanan ini baik untuk mencegah kanker kolon. Cerdas dalam menentukan sayuran organik, biar terhindar dari racun pestisida.

8. Kurangi asupan Gula

Mungkin selama ini Anda menduga bahwa hanya semut yang menyukai gula. Faktanya, sel kanker sangat membutuhkan gula untuk proses perkembangan. Mulai kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula dan rasanya anggun.

9. Teliti saat menentukan kuliner

Jauhi makanan dan minuman yang pengolahannya tidak dilakukan dengan baik, terkotori, dan makanan kadaluarsa. Hindari kuliner yang diolah pada suhu tinggi dan waktu usang. Jangan konsumsi makanan gosong, atau proses pengolahan dengan pengasinan maupun pengasapan. Cara mengolah kuliner seolah-olah ini akan menyebabkan prokarsinogen. Baca: 11 Makanan Yang Menguatkan Imunitas Tubuh!

10. Kenakan Masker

Untuk mengurangi imbas buruk dari polusi udara yang rentan radikal bebas, gunakan masker. Racun terbang bebas di udara. Saat berkendara, jangan lupa untuk memakai masker yang dapat menyaring udara dengan baik.

11. Hati-hati dengan pengawet dan pewarna kuliner

Pola makan sehat salah satunya dengan menentukan makanan segar. Snack yang tinggi kandungan gula buatan seperti siklamat dan sakarin, berpotensi memicu tumor kandung kemih. Formaldehida merupakan zat pengawet yang sering ditambahkan pada bakso dan tofu, mampu menyebabkan kanker hati. Zat pewarna pakaian seperti methanyl yellow dapat menyebabkan kanker hati. Rhodamin yaitu pewarna merah pada sirup, sering menyebabkan kanker hati.

12. Kurangi makan Daging Merah

Bahaya daging merah terletak pada kolesterol jelek dan lemak jenuh yang terdapat pada daging merah, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kanker usus.

13. Jauhi kebiasaan menghisap asap dan Minuman keras

Baca tulisan pada kemasan, fikirkan akhirnya sebelum menghisap isinya. Minuman keras sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumi, apalagi bagi perempuan lantaran dapat meningkatkan risiko kanker.

14. Kurangi berat badan Anda

Orang dengan tubuh gemuk rentan dengan risiko kanker, apalagi wanita.

Jadi, untuk mencegah kanker harus dilakukan dengan serius dan kesepakatan terhadap diri sendiri. Beberapa tindakan yang disebutkan di atas mungkin sangat merepotkan. Tetapi akan lebih susah lagi untuk mengobati kanker. Baca juga: 12 Cara Mengobati Wasir Dengan Obat Alternatif. Kesehatan yaitu aset yang sangat mahal bahkan tidak mampu ditukar dengan benda apapun. Kaprikornus, lakukan gaya hidup sehat dan tinggalkan kebiasaan buruk.

foto via theblackstack.com

Tampilkan Komentar