8 Manfaat Buah Melon Yang Mengejutkan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 19, 2017
Manfaat buah melon tidak dapat dianggap sepele, terutama untuk kesehatan dan mencegah penyakit berbahaya. Buah ini cocok dimakan dikala hari panas, bukan hanya sebagai pelepas dahaga. Lebih dari sekedar buah segar, melon mampu untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. Melon simpel ditemukan saat isu terkini panen buah ini tiba.

8 Manfaat Buah Melon Yang Mengejutkan


Mungkin bagi banyak orang, tidak terlalu penting untuk mengetahui seberapa besar pengaruh buah-buahan terhadap kesehatan tubuh. Padahal beberapa jenis buah-buahan termasuk melon mempunyai banyak manfaat kesehatan yang sangat menguntungkan tubuh kita. Seperti halnya melon, buah ini memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang cukup mengejutkan. Inilah beberapa di antara manfaat buah melon:


8 Manfaat Buah Melon Yang Mengejutkan
1. Mencegah Kanker

Umumnya buah-buahan yang mengandung karotenoid mampu mencegah penyakit kanker, termasuk melon. Karotenoid merupakan pigmen yang menyebabkan buah dan sayuran menjadi berwarna. Nah, melon juga memiliki karotenoid yang cukup tinggi sehingga mengurangi risiko serangan kanker, terutama kanker paru-paru.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Zat adenosine yang ada di dalam buah melon efektif dalam mencegah dan menghentikan koagulasi darah yang mampu memicu serangan jantung dan stroke. Fungsi zat ini bagi tubuh yaitu melancarkan sirkulasi darah, sehingga risiko serangan jantung dan stroke dapat dicegah.

3. Menyehatkan Mata


Buah melon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, dengan cara mengkonsumsinya tentunya. Melon dilengkapi dengan zat betakaroten yang bermanfaat untuk meningkatkan daya penglihatan. Di dalam tubuh kita, betakaroten akan diubah menjadi vitamin A. Tentu kita tidak gila dengan manfaat vitamin A, khususnya untuk meningkatkan fungsi mata.

4. Mencegah Stroke

Tiap 100gr buah melon terdapat 267mg kalium. Kalium merupakan cuilan dari cairan dan sel tubuh untuk membantu menormalkan tekanan darah dan detak jantung. Mineral ini sangat dibutuhkan untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

5. Melawan Radikal Bebas

Buah melon juga banyak memiliki antioksidan flavonoid termasuk beta-karoten, zea-xanthin, lutein, dan cryptoxanthin. Senyawa ini berfungsi membantu untuk melindungi sel-sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akhir radikal bebas. Adanya kemampuan ini sangat membantu untuk melindungi usus besar, prostat, endometrium, paru-paru, dan pankreas. Manfaat antioksidan lebih luas dari yang telah disebutkan.

6. Menghilangkan Mulas

Makanan yang masuk ke dalam tubuh terkadang mampu menimbulkan mulas. Kadar air yang melimpah pada melon hingga 90%, sanggup menenangkan perut. Bagi penderita maag pun, buah melon baik untuk ditambahkan ke sajian harian.


Manfaat Melon Untuk Kulit tubuh dan Kecantikan


7. Menurunkan Berat Badan

Melon tergolong ke dalam buah rendah sodium, sehingga cocok sebagai diet untuk hidanganrunkan berat tubuh. Buah ini tidak mengandung lemak, kolesterol dan mempunyai sedikit kalori. Dengan makan buah melon akan membuat kenyang lebih lama dan menunda lapar. Ini artinya cocok bagi Anda yang sedang menjalani acara diet untuk melangsingkan tubuh.

8. Menghaluskan Kulit

Kolagen hadir di dalam buah melon, senyawa ini tergolong protein yang membantu untuk memperbaiki struktur sel di jaringan kulit. Kolagen juga berkhasiat untuk membantu pemulihan luka dan menjaga elastisitas kulit. Makan melon degan rutin akan menciptakan kulit lebih halus dan terhidrasi. Baca: 5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit!


Tips diet menggunakan buah melon



  • Jangan hingga kulkas kosong, tanpa mengisinya dengan  melon.
  • Ganti camilan di malam hari dengan melon, jauhi cemilan yang mengandung banyak lemak dan gula.
  • Makanlah sepotong buah melon sebelum makan (untuk mencegah makan dengan berlebihan)

Nilai Gizi dari Buah Melon

  • 34 Kcal Energi
  • 0.84 g Protein
  • 8.6 g Karbohidrat
  • 0.19 g Lemak
  • 0.9 g Serat
  • 0 mg Kolesterol

Itulah Manfaat Buah Melon yang cukup mengejutkan bagi kita. Baca juga: Khasiat Buah Tin Yang Menakjubkan! Buah yang tidak mahal ini sangat pantas untuk dimasukkan ke dalam menu harian yang menyehatkan.

foto jus-melon via lovefoodtoday.com

Tampilkan Komentar