8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 14, 2017
Vertigo merupakan sakit kepala dimana penderita mengalami gangguan pada sistem vestibular, sehingga timbul sensasi seolah-olah melayang atau berputar. Gejala vertigo yang paling umum seakan-akan pusing, merasa mual, kelelahan, tubuh kehilangan keseimbangan, bahkan pingsan.


8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami
Ketika vertigo menyerang, badan akan merasa lemas, tidak sanggup untuk bangun, dan kepala mencicipi pusing selama beberapa jam. Gejala vertigo lainnya termasuk indera pendengaran berdenging, dan gerakan mata yang tidak normal.

Kali ini kita akan bahas cara mencegah dan meredakan penyakit vertigo secara alami, tanpa memakai obat-obatan kimia.

Penyebab Penyakit Vertigo

- Penyakit Meniere

Penyakit meniere disebabkan oleh volume endolimfe meningkat, sehingga mampu memicu kenaikan jumlah cairan di dalam telinga. Ketika jumlah cairan di pendengaran terlalu banyak, maka akan menimbulkan gangguan keseimbangan tubuh dan vertigo.

- Mabuk Kendaraan

Perjalanan jauh bagi sebagian orang mampu berakibat mabuk darat, udara, ataupun maritim. Kondisi ini dapat memicu timbulnya vertigo.

- Infeksi

Infeksi mampu memengaruhi kinerja telinga, yang pada kesudahannya mengganggu keseimbangan tubuh. Masalah ini juga dapat menyebabkan vertigo.

- Gangguan indera pendengaran

Penyebab vertigo lainnya ialah adanya kasus pada pendengaran pecahan dalam.

- Penyakit yang menyerang syaraf pusat

Vertigo mampu timbul sebagai balasan gangguan pada syaraf seakan-akan penyakit stroke, ataupun tumor.

- Migrain

Sakit kepala sebelah yang berlangsung dalam masa usang dapat berakibat vertigo.

- Kesalahan posisi tidur

Meletakkan bantal terlalu tinggi saat tidur dapat memicu risiko vertigo.

- Gangguan penglihatan

Gangguan pada mata seolah-olah minus maupun plus juga sering menimbulkan vertigo.


8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami


Penyembuhan terhadap tanda-tanda vertigo harus didasarkan pada akar penyebabnya. Masalah ini harus dibicarakan dengan dokter spesialis, semoga menerima solusi yang terbaik. Sedangkan cara meredakan penyakit vertigo secara alami dapat memakai bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Berikut bahan-bahan alami yang dapat dipakai untuk mengobati tanda-tanda vertigo:

1. Lada dan Lemon


Tambahkan lada ke dalam jus lemon hangat. Minum jus buah ini untuk meredakan sakit kepala balasan serangan vertigo.

2. Amla

Mual dan muntah akhir gejala vertigo mampu diredakan dengan jus amla. Tambahkan jus amla ke dalam menu harian Anda, untuk mengatasi mual.

3. Seledri

Rasa letih dan pusing karena vertigo, dapat diatasi dengan memakai jus seledri. Selain mengatasi gejala vertigo, mengkonsumsi seledri dapat berguna untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Minyak Wijen

Bahan alami selanjutnya yang dapat meredakan gejala vertigo yaitu minyak wijen. Campur debu kapulaga dengan minyak wijen, tempelkan pada kepala. Cara alami ini bermanfaat untuk meningkatkan pemikiran darah ke otak, sehingga mengobati sakit kepala.

5. Jahe

Jahe efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah di otak sehingga mengobati gejala vertigo seakan-akan pusing dan penglihatan berputar.

6. Ginko Biloba

Tanaman Ginko Biloba mampu melancarkan sirkulasi darah pada indera pendengaran tengah, sehingga menjaga keseimbangan tubuh. Vertigo yang sering menimbulkan mual dan pusing, dapat diredakan dengan mengkonsumsi ginko biloba.

7. Perbanyak minum air

Dengan minum air dalam jumlah cukup, mampu mencegah rasa mual, pusing, dan letih yang sering terjadi sebagai akhir vertigo.

8. Almond

Kacang Almond mengandung jumlah tinggi dari vitamin, asam lemak esensial, dan mineral. Nutrisi yang terdapat di dalam almond baik untuk mengobati sakit kepala dan kelelahan lantaran vertigo. Tambahkan bubuk almond bersama segelas susu hangat, lalu minum di pagi hari.


Tips Mengatasi Serangan Vertigo


Fokus ke sebuah titik

Arahkan pandangan mata ke sebuah objek selama sekitar 5 menit, untuk mencegah pingsan lantaran keseimbangan badan yang hilang karena vertigo.

Pilih posisi duduk

Ketika serangan vertigo tiba, jangan memaksakan tubuh untuk berdiri. Segera ambil posisi duduk atau berbaring untuk mencegah pingsan, akhir sensasi berputar. Ketika badan berbaring, angkat kaki Anda sehingga lebih tinggi dari kepala. Tindakan ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah di otak.

Itulah 8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami. Konsultasi dengan ahli medis, bila penyakit berlanjut menjadi lebih serius.

ilustrasi foto via drkevinutberg.com

Tampilkan Komentar