7 Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 18, 2017
Radang amandel merupakan infeksi pada amandel yang umumnya menyebabkan peradangan pada area amandel atau tonsil. Infeksi ini disebabkan oleh virus, sering menimbulkan demam dan sakit tenggorokan. Peradangan pada Amandel (tonsilitis) biasanya diderita oleh bawah umur, meski terkadang mampu terjadi juga pada orang dewasa.

7 Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi
Amandel ialah organ yang bertindak dalam menjaga imunitas badan. Nyeri atau peradangan yang terjadi pada amandel menunjukkan daya tahan badan yang lemah, sehingga badan praktis terinfeksi oleh bakteri.

Jika belum dewasa terkena tonsillitis, maka mereka akan merasakan nyeri ketika menelan kuliner. Pada kondisi menahun, tidak ada nyeri yang dirasakan kecuali bila peradangan yang terjadi sangat parah.

Penyebab tonsillitis

Amandel meradang mampu disebabkan oleh beberapa jenis virus seperti cytomegalovirus, virus RSV, herpes simpleks virus, virus HIV, dll. Penyakit ini juga mampu terjadi akhir bisul oleh kuman seperti Staphylococcus aureus, Mycoplasma pneumoniae, Streptococcus pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, Fusobacterium, pertusis, dll.

Sakit amandel terjadi akibat bisul kelenjar getah bening yang berada di akrab tenggorokan. Penyakit tonsilitis disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau abses oleh virus dan basil. Gaya hidup yang tidak sehat termasuk:

  • Kekurangan asupan vitamin C.
  • Kurang minum air.
  • Mengkonsumsi makanan yang memakai materi pelengkap buatan, pengawet, dan bahan kimia.
  • Kurang menjaga kebersihan kuliner.
  • Sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, cuek, pedas, dan asam.

Gejala Penyakit Radang Amandel

  • Tonsil berwarna merah
  • Kesulitan ketika menelan makanan dan bernafas
  • Pusing
  • Demam
  • Suara menjadi parau
  • Nafas menyebabkan basi
  • Mual

7 Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi



Sebelum menggunakan obat alami, periksakan ke dokter untuk mengetahui parah atau tidaknya radang tonsil. Operasi amandel dilakukan jikalau radang tonsil telah berada pada kondisi kritis. Berikut materi-bahan alami yang mampu dipakai untuk mengatasi radang amandel:

1. Daun parasit

Radang amandel juga dapat diobati dengan daun benalu yang hidup di pohon jeruk nipis. Sediakan daun benalu dan adas pulo waras. Tumbuk kedua bahan hingga halus, seduh bersama air panas. Saring, tunggu hingga acuh taacuh lalu minum airnya dengan teratur.

2. Jeruk nipis


Jeruk nipis mampu mengobati infeksi pada amandel dan mengurangi peradangan yang terjadi. Vitamin C di dalamnya juga dapat menjaga imunitas badan. Peras jeruk nipis sebanyak 2 buah, campur airnya dengan air kapur sirih. Minumlah adonan ini secara rutin pada waktu pagi, siang dan malam hari.

3. Bawang Merah

Bumbu dapur ini mengandung anti inflamasi, yang mampu meredakan radang dan rasa panas akhir penyakit radang amandel. Cukup dengan mengunyah bawang merah mentah, lalu menelannya. Meskipun rasanya getir dan pedas, cara ini sanggup mengobati peradangan yang terjadi.

4. Kulit Manggis

Sediakan kulit manggis kering sebanyak 15 buah, rebus ke dalam air hingga mendidih selama beberapa menit. Ketika air telah berubah menjadi hangat, gunakan untuk berkumur tanpa menelan airnya.

5. Mengkudu

Buah Mengkudu meski berbau kurang sedap, namun efektif dalam menyembuhkan penyakit radang tonsil. Peras buah mengkudu matang, kemudian saring dan campur  dengan madu murni. Minum air perasan mengkudu ini setiap hari.

6. Jahe

Jahe mengandung anti inflamasi yang sanggup meredakan radang amandel yang diderita. Rebus jahe yang telah ditumbuk, tambahkan madu saat air menjadi hangat. Minum ramuan ini dengan rutin setiap hari.

7. Madu

Madu dapat ditambahkan bersama salah satu dari bahan alami di atas. Madu bekerja membantu untuk mengatasi gejala radang amandel yang dialami.


Tips Pengobatan Radang Amandel


Selain menggunakan ramuan alami, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pasien seperti di bawah ini:

Jauhi kuliner pedas

Hindari semua jenis kuliner yang banyak mengandung lemak, pedas, dan kuliner berminyak.

Perbanyak Istirahat

Dengan istirahat yang cukup akan memulihkan stamina dan daya tahan tubuh, sehingga penyakit tidak bertambah parah.

Pilih kuliner yang lunak

Cobalah mengganti kuliner yang bertekstur keras dengan jus buah dan sayur. Cara ini lebih melegakan bagi tenggorokan.

Perbanyak minum air

Dengan asupan air yang cukup akan mencegah dehidrasi badan dan kekeringan pada cuilan tenggorokan. Penderita radang tonsil pun akan terhindar dari kelemasan.

Itulah Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi. Namun peradangan yang telah kronis harus tetap diperiksa oleh tim medis. Baca juga: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami. Operasi mungkin menimbulkan risiko, namun pada kondisi parah maka harus dilakukan untuk mendapatkan kesembuhan.

foto via onsugar.com

Tampilkan Komentar