3 Ramuan Alami Untuk Mengobati Penyakit Malaria

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 11, 2017
Malaria yaitu penyakit berbahaya yang diakibatkan adanya infeksi pada sel darah merah. Penyakit ini bermula dari gigitan nyamuk anopheles betina yang mengangkut benalu plasmodium, yang pada kesudahannya berkembang di organ hati. Penyakit malaria harus diobati dengan benar semoga tidak menimbulkan komplikasi yang dapat mengakibatkan kondisi penderita makin parah.


3 Ramuan Alami Untuk Mengobati Penyakit Malaria
Ada ratusan jenis nyamuk anopheles, tapi hanya 40 jenis saja yang membawa benalu plasmodium. Dua diantaranya adalah anopheles sundaicus dan gambiae. Mereka paling suka daerah air yang kotor, rawa dan sebagainya. Mereka hinggap dengan posisi menukik. Biasanya nyamuk ini berwarna hitam dengan kombinasi bercak putih pada kaki. Mereka biasa menyerang di malam hari.

Penyakit malaria juga bervariasi jenisnya, sesuai benalu pembawanya misalnya malaria vivak, ovale, falsiparum, atau malariae. Nyamuk anopheles tidak hanya menyebarkan malaria, tetapi juga penyakit lain contohnya penyakit kaki gajah. Mereka mengikuti keadaan dengan wilayah tropis ataupun subtropis dengan iklim sedang. Penyakit malaria dapat ditularkan oleh penderita melalui transfusi darah.

Gejala umum Malaria

Gejala yang muncul balasan penyakit malaria tidak jauh berbeda dibandingkan dengan demam berdarah dan tifus. Di antara tanda-tanda yang biasa diderita oleh pasien seolah-olah muntah, sakit kepala, batuk, kejang-kejang, dan demam. Sedangkan tanda-tanda yang lebih spesifik yaitu siklus menggigil yang terjadi secara berulang-ulang, demam, gelisah, dan badan berkeringat.


3 Ramuan Alami Untuk Mengobati Penyakit Malaria


1. Sidaguri

Tidak hanya efektif dalam mengobati rematik, tumbuhan sidaguri juga bermanfaat untuk mengobati malaria. Sediakan 5 helai daun sidaguri beserta bunganya. Rebus herbal ini bersama 250cc air, sampai mendidih beberapa menit sehingga airnya menjadi ½ gelas saja. Minum ramuan ini sesudah cuek.

2. Daun Mimba


Mimba (Azadirachta indica A. Juss) merupakan tanaman perdu praktis ditemukan di India. Anda mampu membuat dua jenis ramuan alami dengan memakai tanaman ini.

Pengobatan dari dalam

Potong batang mimba sepanjang 5cm. Rebus ke dalam 500cc air, sehabis mencucinya. Tunggu hingga airnya mendidih dan berkurang separuhnya. Saring, kemudian minum airnya di pagi dan sore hari.

Pengobatan dari luar

Rebus beberapa lembar daun mimba sampai mendidih selama beberapa menit. Masukkan airnya ke dalam kolam mandi yang telah diisi dengan air sebelumnya. Mandilah dengan menggunakan ramuan ini ketika pagi dan sore hari.

3. Daun Pepaya

Cuci dua lembar daun pepaya sampai higienis. Rebus ke dalam 3 gelas air sampai tersisa segelas air. Minum selagi hangat.Anda juga dapat memakai materi alami lainnya untuk mengobati malaria, seakan-akan kayu cantik, buah anggur, daun kemangi, dan jus jeruk. Cara memakainya dengan konsumsi eksklusif, atau dicampur  dengan makanan lain.

Penting: Setelah 3 hari menerapkan salah satu pengobatan di atas, segera tes darah Anda di laboratorium. Hal ini untuk mengetahui apakah obat malaria yang dibentuk efektif dan bekerja. Bicarakan dengan dokter, semoga memperoleh saran dan penanganan yang benar.

Obat malaria yang umum digunakan oleh medis seperti atovaquone / proguanil, doxycycline, mefloquine, primakuin, dan klorokuin.

Penyakit malaria banyak menyerang belum dewasa dan perempuan di era hamil.


Tips menghindari malaria



  • Memasang kelambu saat tidur di malam hari.
  • Jagalah kebersihan lingkungan sekitar Anda.
  • Gunakan lotion khusus anti nyamuk.
  • Usahakan untuk tidak keluar rumah di malam hari.

Itulah Ramuan Alami untuk mengobati malaria secara tradisional. Artikel lainnya: 9 Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Bahan Alami! Cara di atas bukan resep dokter, namun sebagai obat alternatif. Cara alami ini kondusif diterapkan, konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kebenarannya.

foto daun mimba via plantsystematics.org

Tampilkan Komentar