13 Manfaat Kemiri Sebagai Obat Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 13, 2017
Kemiri selain sebagai salah satu bumbu makanan, ternyata penuh dengan manfaat kesehatan. Tak hanya itu, rempah unik ini berkhasiat untuk perawatan kecantikan, sehingga mempercantik rambut dan kulit. Fakta ini masih terkait dengan adanya aneka macam nutrisi penting di dalamnya termasuk protein, gliserida, karbohidrat, stearat, lemak, palmitat, asam minyak, miristat, dan asam linoleat.


Kemiri juga dilengkapi dengan zat penting lainya seperti saponin, falvonida, dan polifenol. Tidak berhenti di situ, sejumlah vitamin juga terdapat di dalam rempah ini, seolah-olah folat, vitamin A, B1, dan fitosterol yang berperan dalam melawan kolesterol jelek.

Walaupun kemiri banyak mengandung lemak, tetapi tergolong lemak tak jenuh yang justru membantu menurunkan tingkat kolesterol buruk dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Efektifitas ini sangat membantu untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Bahan yang dikandung di dalam MSG cukup berbahaya bagi kesehatan badan, cobalah mengganti penyedap makanan itu dengan kemiri. Rempah ini mengandung asam glutamat yang mengakibatkan rasa yummy.


13 Manfaat Kemiri Sebagai Obat Alami


1. Mengatasi Diare

Pergi ke toilet secara berulang-ulang dalam sehari tentu menyedihkan. Untuk meredakan diare, tumbuk kulit batang kemiri hingga lembut. Rebus bersama seliter air, hingga airnya menyusut separuhnya. Setelah hambar dan disaring, minum ramuan ini dengan segera.

2. Sakit Gigi dan Sariawan

Untuk meredakan sariawan maupun sakit gigi, carilah getah pohon kemiri. Campur dengan beberapa tetes santan kelapa. Celupkan kapas ke dalam adonan kedua materi tadi, oleskan pada lubang di bibir akhir sariawan. Cara ini juga berlaku untuk mengobati sakit gigi.

3. Mengobati Infeksi Jamur


Gangguan kulit mampu timbul akhir abses jamur. Salah satunya ialah panu, yang sangat mengganggu acara sehari-hari dan penampilan tentunya. Untuk mengobati dengan cara alami, gunakan minyak kemiri. Oles minyak kemiri pada kulit yang timbul panu, lakukan secara rutin tiap hari untuk membuat kulit higienis dari panu. Baca: 8 Cara Mengobati Panu Dengan Bahan Alami!

4. Mengatasi konstipasi

Sediakan kemiri, kayu bagus, teh adas, pulosari, daun urang-aring, dan ½ sdm garam. Haluskan semua bahan dengan menumbuknya, rebus dengan seliter air hingga tersisa setengah dari semula. Silahkan minum airnya sesudah disaring, untuk melancarkan sistem cerna.

5. Mengatasi sulit tidur

Kemiri juga diperkaya dengan melatonin yang dapat mengatasi gangguan tidur, seolah-olah insomnia. Perbanyak mengkonsumsi kemiri, maka insomnia akan jauh dari hidup Anda.

6. Menetralkan racun yang berasal dari gigitan serangga

Siapkan kunyit dan kemiri, tumbuk keduanya dan aduk hingga merata. Oleskan pada kulit yang digigit oleh serangga.

7. Meredakan Demam

Minyak kemiri mampu digunakan sebagai obat gosok. Balurkan ke pecahan badan yang mengalami pegal dan masuk angin.

8. Mengobati wasir

Untuk membantu mengatasi kasus ambeien, rebus kulit pohon kemiri. Minumlah airnya secara teratur setiap hari hingga sembuh.


Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kecantikan Rambut


Antioksidan yang ada di dalam minyak kemiri berkhasiat untuk meremajakan kulit, melawan radikal bebas, dan mencegah keriput. Kemiri juga memiliki mineral yang baik untuk kesehatan rambut. Inilah manfaat minyak kemiri bagi kecantikan:

9. Membasmi Ketombe

Caranya dengan menerapkan minyak kemiri pada kulit kepala secara menyeluruh, sambil memijatnya.

10. Mencegah rambut rontok

Terapkan minyak kemiri pada rambut secara rutin untuk menghindari kerontokan pada rambut. Protein dan mineral yang dikandungnya mampu menguatkan rambut.

11. Melebatkan rambut

Oles minyak kemiri pada rambut dan seluruh kulit kepala, lakukan pemijatan dengan lembut. Perawatan ini dilakukan sebelum tidur malam. Keesokan hari, basuh rambut sampai higienis.

12. Mencegah kebotakan

Efektifitas minyak kemiri termasuk untuk merangsang tumbuhnya rambut. Aplikasikan minyak kemiri untuk menguatkan rambut dan membuatnya lebih lebat.

13. Menghitamkan Rambut

Dengan rutin menerapkan minyak kemiri, maka rambut menjadi lebih hitam dan indah.

Itulah Manfaat Minyak Kemiri bagi kesehatan dan kecantikan rambut. Rempah ini sangat praktis ditemukan di berbagai tempat. Baca artikel tentang Manfaat Minyak Cengkih Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa! Kaprikornus, jangan sia-siakan materi alami yang ada di sekitar kita.

foto ilustrasi via gastronicks.co.uk

Tampilkan Komentar