11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 25, 2017
Radikal bebas mampu memicu timbulnya bermacam-macam jenis penyakit, apalagi saat cuaca tidak kondusif terhadap kesehatan seperti sekarang. Salah satu cara untuk menjaga stamina tubuh ialah dengan meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tidak gampang terjangkit penyakit. Imunitas tubuh hanya dapat terbentuk secara alami.


11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh
Olahraga teratur yaitu pilihan pertama, sedangkan kuliner sehat tertentu juga mampu meningkatkan kekebalan badan. Nutrisi yang sehat akan memberikan imunitas bagi tubuh sehingga tidak praktis terjangkit penyakit.

Ada jenis makanan yang memiliki pengaruh baik bagi kesehatan badan, ada juga makanan yang malahan mengikis daya tahan badan. Apa saja makanan yang harus dikonsumsi agar daya tahan tubuh meningkat?


11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh


1. Kacang Almond

Almond mengandung mineral, protein, dan vitamin seperti zinc, vitamin E, dan omega-3. Perbanyak makan kacang untuk menurunkan resiko serangan berbagai penyakit kronis. Kondisi tertekan akan menurunkan imunitas badan Anda. Almond kaya akan vitamin E yang menguatkan kekebalan badan dalam melawan penyakit. Kacang almond juga dilengkapi dengan riboflavin, niacin, dan vitamin B yang membantu menghilangkan stres.

2. Jamur

Jamur merupakan makanan yang kaya akan gizi. Jamur dilengkapi dengan antioksidan, dan selenium yang punya kemampuan untuk mencegah flu. Jamur mampu menaikkan jumlah sel darah putih yang sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem imunitas badan, disebabkan riboflavin dan niacin yang ada padanya. Studi memperlihatkan bahwa jamur maitake, reishi, dan shitake bersifat antibakteri yang berpotensi untuk mencegah tumor. Jamur mengandung jumlah tinggi zinc yang berguna untuk mencegah rambut rontok dan jerawat.

3. Bawang Putih


Meski memiliki aroma menyengat dan terasa getir di lidah, bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan. Allicin yang terdapat di dalamnya merupakan senyawa besar lengan berkuasa yang berpotensi untuk membunuh kuman dan mencegah infeksi. Bawang putih bersifat anti basil dan anti viral, yang membantu proses pembentukan sel darah putih. Bawang putih efektif dalam melancarkan sirkulasi darah dan pengaturan hormon badan. Antioksidan khusus yang ada di dalamnya berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh, juga melawan bakteri H pylori penyebab kanker perut dan abses. Iris-iris bawang putih terlebih dahulu dan biarkan selama 15 menit, sebelum dimasak. Hal ini akan membuat enzim di dalamnya menjadi aktif.

4. Kubis

Sayuran ini mengandung cukup glutamin, yaitu asam amino esensial yang hanya mampu diperoleh dari luar tubuh. Perbanyak konsumsi kubis untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

5. Yoghurt non lemak

Susu olahan ini kaya akan lactobacillus, kuman yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan sanggup untuk melawan infeksi dan kanker.

6. Buah Berry

Golongan bua berry seolah-olah blueberry ataupun strawberry, dilengkapi dengan banyak vitamin C dan bioflavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas.
Acai berry mengandung anthocyanin, sejenis antioksidan yang mampu untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan serangan banyak sekali penyakit. Buah elderberry yang diekstrak juga mampu melawan virus flu, dan membantu proses penyembuhan terhadap flu.

7. Teh

Baik teh hijau maupun teh hitam mengandung polifenol dan flavonoid, yang punya kemampuan untuk melawan penyakit balasan radikal bebas.

8. Daging Ikan

Ikan mengandung banyak asam lemak omega 3 yang merangsang aktifitas sel darah putih.

9. Bayam

Asam folat yang dikandung oleh bayam, membantu perbaikan DNA dan pembentukan sel baru. Bayam juga tinggi jumlah serat dan antioksidan lainnya seperti vitamin C.

10. Gandum

Gandum dilengkapi dengan beta glucan, bersifat menguatkan imunitas tubuh (immunopotentiator). Gandum juga tinggi kandungan anti mikroba dan antioksidan.

11. Jahe

Segelas minuman jahe berdampak baik untuk menjaga daya tahan badan Anda. Jahe mengandung antioksidan, mineral, dan anti mikroba.

Itulah beberapa macam makanan yang dapat meningkatkan imunitas badan. Baca: Deretan Makanan Yang Memiliki Karbohidrat Tinggi! Konsumsi kuliner dan minuman tersebut akan membuat tubuh lebih mampu untuk melawan serangan penyakit. Jangan abaikan olahraga secara teratur dan konsumsi kuliner sehat lainnya.

foto: kacang-almond allonlinefree.com

Tampilkan Komentar