Menggunakan Buah Pinang Untuk Melawan 11 Penyakit

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 26, 2017
Buah pinang sering dijadikan sebagai bahan Tinta Batik, namun artikel kali ini membahas tentang Khasiat buah pinang untuk mengobati kelemahan pada laki-laki serta manfaat lainnya. Buah Pinang memiliki segudang manfaat kesehatan, terkait nutrisi di dalamnya. Tentunya anda tidak abnormal dengan istilah "bagai pinang dibelah dua" atau dalam bahasa jawa "jambe sinigar".

Menggunakan Buah Pinang Untuk Melawan 11 Penyakit
Pinang dalam bahasa latin disebut Areca catechu (Betel palm) adalah salah satu jenis tanaman palma yang biasanya tumbuh di daerah Pasifik, Afrika timur, juga Asia.

Nah, bagi Anda yang merasa penasaran dengan kelebihan yang dimilikinya, simak berikut ini:


Menggunakan Buah Pinang Untuk Melawan 11 Penyakit


1. Meningkatkan energi tubuh

Buah pinang juga dilengkapi dengan arekolin yang dapat meningkatkan energi. Biji buah jambe yang masih empuk dipotong-potong, kunyah kemudian makanlah bijinya.

Pada zaman dahulu, tentara banyak mengonsumsi buah pinang sebagai asupan harian. Meskipun mereka kekurangan materi kuliner, stamina mereka tetap terjaga lantaran konsumsi buah ini. Jus buah jambe dapat ditemukan di restoran khusus, contohnya di pagar alam - kota Bandar Lampung.

Anda juga dapat mencampur jus buah ini dengan bahan lainnya. Jus buah jambe mempunyai rasa pahit sehingga dibutuhkan gula atau madu untuk menetralkan. Buang kulit buah Pinang muda, campur dengan kuning telur bebek. Tambahkan susu dan madu secukupnya, haluskan memakai blender. Saring airnya, untuk mencegah tersedak akhir ampasnya ketika meminumnya. Minum ramuan ini, rasakan energi badan akan meningkat!


2. Mengatasi gangguan dikala menstruasi

Air yang didapatkan dari merebus buahnya dapat mengatasi beberapa penyakit seakan-akan haid bermasalah sehingga darah berlebihan, mimisan, bengkak, kudis, dan diare.

3. Mengobati Nyeri pinggang

Tumbuk daun pinang yang telah dihangatkan ke dalam air panas, tempel ke pinggang yang sakit.

4. Mengatasi Penyakit Kudis

Biji pinang ditumbuk sampai halus, dicampur dengan ¼ sdt kapur sirih dan sedikit air. Terapkan pada kulit yang bermasalah.

5. Menyembuhkan Difteri

Dua biji pinang direbus bersama dua gelas air hingga mendidih dan airnya menyusut ½ gelas. Tambahkan 1 sdm madu, aduk seperlunya. Minum airnya secara teratur setiap hari.

6. Mengembalikan bentuk Rahim yang kendur

Biji jambe muda mampu digunakan untuk merapatkan rahim setelah persalinan. Caranya dengan meminum air dari biji yang direbus.

7. Rabun Mata

Menyembuhkan rabun mata mampu dilakukan dengan  mengunyah daging pohonnya, telan airnya.

8. Menyembuhkan luka kulit

Tumbuk daging buah jambe muda sampai halus, tempelkan pada area yang terluka. Lakukan perawatan ini dengan teratur.

9. Obat alami bagi penyakit cacingan

Sediakan ¼ buah pinang, ½ jari rimpang temulawak dan kunyit. Rebus ketiga materi tersebut, saring untuk membuang ampasnya. Minum airnya untuk mengatasi penyakit cacingan pada anak. Pelajari juga: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami!

10. Menguatkan gigi dan gusi

Biji buah jambe juga dapat dipakai untuk menguatkan gusi. Caranya dengan mengunyah irisan buahnya. Kunyah sampai lembut, sebelum diludahkan ampasnya.

11. Mengobati pendengaran bernanah

Untuk mengobati gangguan telinga ini, ambil akar pinang muda. Tumbuk hingga halus, lalu peras airnya. Ambil kapas untuk membersihkan indera pendengaran anak yang sedang sakit, teteskan air akar jambe ke lubang telinga sebanyak tiga tetes. Ambil kapas secukupnya untuk menyumbat indera pendengaran anak, supaya air pinang tidak mengalir lagi. Lakukan perawatan ini sampai penyakit sembuh. Jika tidak segera sembuh, konsultasi dengan dokter seorang ahli THT.

Itulah ramuan tradisional menggunakan buah pinang untuk mengobati 11 jenis penyakit, terutama laki-laki lemah stamina. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

foto: phytoimages.siu.edu

Tampilkan Komentar