Alasan Kenapa Harus Tidur 8 Jam Setiap Hari

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 14, 2017
Rekomendasi dari mahir kesehatan untuk menjaga teladan tidur yang benar. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk tidur, sekitar 7-8 jam setiap hari. Tidur merupakan salah satu kegiatan tubuh yang harus dilakukan oleh semua orang, lantaran tubuh memerlukan istirahat. Stamina akan menurun dan kondisi tubuh memburuk, tanpa tidur yang cukup.



Menurut sebuah penelitian, kekurangan tidur mampu mengakibatkan gangguan pada otak, serta mempercepat tanda-tanda penuaan. Di bawah ini dibahas mengenai alasan kenapa harus tidur selama 8 jam setiap hari.


Alasan Kenapa Harus Tidur selama 8 Jam Setiap Hari


1. Menyehatkan otak

Setelah bekerja sepanjang hari, bukan hanya tubuh tetapi otak juga merasa lelah. Tidur diperlukan untuk menenangkan fikiran yang tegang.

2. Menjaga kesehatan tubuh

Setelah melakukan aktivitas yang padat di siang hari, otak memerlukan waktu untuk bersantai semoga lebih tenang. Kinerja tubuh akan menurun bahkan drop, kalau energi diforsir tanpa henti.

3. Lebih baka muda


Tidur selama 8 jam tiap hari, akan mengembalikan stamina tubuh. Tanda-tanda penuaan tidak akan timbul lebih awal, karena sirkulasi darah yang lancar baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Anda memiliki hormon yang disebut leptin. Hormon ini memainkan peran penting dalam menciptakan Anda merasa kenyang. Bila Anda kurang tidur, kadar hormon ini turun dan dengan demikian, menciptakan Anda merasa lapar mendorong untuk makan lebih banyak yang akan menyebabkan kenaikan berat tubuh.

5. Memperbaiki suasana hati

Dengan tidur malam secara proporsional, akan meningkatkan mood sehingga lebih simpel untuk senang dan menghilangkan beban fikiran.

6. Mencegah peradangan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan tidur mampu mengakibatkan kenaikan tekanan darah, yang pada kesannya memicu penyakit jantung, diabetes, stroke, dan komplikasi lainnya.

7. Mencegah Stres dan depresi

Otak akan lebih hening dan kinerjanya dipulihkan, dengan tidur yang cukup. Kondisi ini baik untuk kesehatan otak, serta mencegah stres.

8. Menjaga kekebalan tubuh

Mereka yang memenuhi waktu tidur tiap hari, memiliki imunitas lebih baik dibandingkan mereka yang suka begadang.

9. Rumah tangga lebih serasi

Kekurangan tidur dapat menurunkan kadar testosteron yang dimiliki oleh pria. Dengan istirahat yang cukup, tingkat hormon ini akan terjaga.

10. Menurunkan risiko kanker

Penelitan memperlihatkan bahwa mereka yang kekurangan tidur, mempunyai risiko terkena kanker lebih tinggi dibandingkan lainnya. Kenaikan risiko kanker hingga mencapai 62%.

11. Jam biologis di malam hari

Jam 9-11 malam: Zat-zat beracun yang ada di kelenjar getah bening dibuang dari tubuh.
Jam 11-1 malam: Racun di organ hati dikeluarkan, idealnya tubuh dalam keadaan tidur pulas.
Jam 1-3 malam: Detoksifikasi pada empedu, dilakukan dikala tidur.
Jam 3-5 pagi: Pengeluaran racun di paru-paru. Bagi penderita batuk biasanya mengalami batuk yang hebat.
Jam 5-7 pagi: Racun yang tertimbun di usus besar dibuang dari tubuh.

Pola tidur yang tidak teratur akan mengacaukan proses detoksifikasi.


Posisi tidur terbaik


a. Tidur miring

Jantung terus memompa darah, meskipun Anda tertidur. Posisi tubuh yang miring ke kiri akan menciptakan jantung terbebani, sehingga jantung mudah lelah. Makara, posisi yang baik adalah miring ke kanan.

b. Tidur terlentang

Posisi ini baik untuk penderita nyeri punggung. Letakkan bantal di bawah lutut kaki untuk mengurangi beban pada punggung bawah.

c. Tidur tengkurap

Posisi ini dangat tidak baik untuk kesehatan, karena akan mengakibatkan tekanan pada paru-paru, jantung, dan perut. Jika terpaksa tidur dengan posisi ini, taruh bantal di bawahnya.

Itulah alasan kenapa harus tidur selama 8 jam setiap hari. Baca: Tips Efektif Melenyapkan Insomnia Dengan Mudah! Tidur siang sesudah matahari tergelincir ke barat, juga baik untuk memulihkan stamina tubuh.

Tampilkan Komentar