7 Manfaat Paprika Yang Jarang Diketahui

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 17, 2017
Paprika masih satu kerabat dengan cabai, tidak aneh kalau rasa buah ini pedas membahana. Bedanya pada bentuknya, cabe berbentuk memanjang. Sedangkan Paprika mempunyai bentuk mirip dengan buah tomat, dengan varian warna dari tiap jenisnya. Buah ini cocok digunakan sebagai penyedap kuliner, yang bermanfaat untuk kecantikan tubuh dan kesehatan pada umumnya.

7 Manfaat Paprika Yang Jarang Diketahui


Buah paprika (Capsicum annuum L) mempunyai beberapa varian warna seolah-olah merah, hijau, dan kuning. Berbagai nutrisi ada di dalamnya, seolah-olah vitamin A, vitamin C, vitamin E, enzim, dan zat penting lainnya yang mampu mencegah penyakit berbahaya. Beberapa manfaat paprika kuning, hijau, dan merah antara lain sebagai berikut ini:


7 Manfaat Paprika Yang Jarang Diketahui
foto via allegrow.be

1. Menyehatkan mata

Buah paprika memiliki kandungan enzim dan beberapa vitamin penting yang bermanfaat untuk melindungi badan dari perkara kesehatan, salah satu diantaranya adalah kesehatan mata. Buah dengan rasa pedas ini kaya akan vitamin A yang tentunya baik untuk kesehatan mata. Bukan hanya vitamin A, enzim lutein yang ada padanya dapat mencegah risiko penyakit katarak.


2. Menaikkan imunitas badan

Paprika merah mengandung vitamin C paling banyak dibandingkan jenis lainnya. Vitamin C berperan di dalam menjaga sistem kekebalan badan supaya lebih besar lengan berkuasa dari serangan penyakit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Paprika merah kaya akan likopen yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Di samping itu, paprika juga mengandung folat dan vitamin B6 di mana keduanya berguna untuk menurunkan kadar homosistein di dalam badan. Jika jumlah homosistein mengalami kenaikan, mampu memicu risiko penyakit jantung. Tidak berhenti di situ, paprika mempunyai kalium yang sanggup menurunkan sekitar 162 miligram tekanan darah dalam tubuh.

4. Menjaga Sistem saraf dan regenerasi sel

Sistem saraf dalam tubuh dapat terjaga berkat tingginya kandungan vitamin B6 pada paprika. Selain mampu menjaga sistem saraf pada tubuh kita, vitamin ini juga mampu meregenerasi sel-sel yang ada dalam tubuh.

5. Mencegah penyakit kanker

Paprika banyak mengandung phytochemical dan beta-carotene yang merupakan antioksidan serta anti inflamasi. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi mengakibatkan penyakir kanker. Dalam paprika juga terdaat kandungan karotenoid likopen. Karotenoit likopen berperan sangat efektif dalam mencegah tubuh supaya tehindar dari penyakit prostat. Bukan saja mencegah dari penyakit prostat, karotenoit likopen yang terkandung dalam paprika juga berperan penting bagi tubuh dalam mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang lain seakan-akan gangguan kandung kemih, kanker leher rahim dan kanker pankreas.

6. Mengontrol diabetes dan meredakan rasa nyeri

Rasa pedas yang ada dalam paprika berasal dari suatu zat yang berjulukan zat capsaicin. Zat capsaicin mempunyai khasiat sebagai pengontrol kadar koleserol yang ada pada badan kita. Selain mengontrol jumlah kolesterol dalam badan, zat capsaicin juga memiliki khasiat sebagai pereda rasa nyeri.

7. Kesehatan kulit

Bagian paling luar badan seolah-olah kulit perlu dijaga biar selalu terlihat elok dan sehat, didalam paprika selain terkandung vitamin A dan vitamin C, juga mangandung vitamin E. Vitamin ini baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

Itulah Manfaat Paprika yang jarang kita ketahui, tidak kalah dari manfaat tomat. Beralihlah untuk memulai gaya hidup sehat dan jauhi cara hidup yang tidak sehat.

Tampilkan Komentar