7 Manfaat Buah Sirsak Yang Sangat Luar Biasa

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 09, 2017
Buah Sirsak (Anona muricata Linn) memiliki segudang manfaat kesehatan, disebabkan adanya nutrisi penting di dalamnya. Istilah sirsak disadur dari ZuurZak, sebuah kata dalam bahasa Belanda yang artinya kantong dengan rasa asam.


7 Manfaat Buah Sirsak Yang Sangat Luar Biasa
Buah Sirsak memiliki sebutan lain di berbagai daerah. Tanaman ini tumbuh dengan baik di pekarangan, kebun, atau area persawahan. Rasa buahnya antara asam dan cantik. Tekstur kulit luarnya bergairah dan berduri, sedangkan daging buahnya lembut menyelimuti biji yang unik.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa sari daun sirsak memiliki dampak kemoterapi yang kuat dalam melawan penyakit karsinogenik, tumor, dan kanker.

Kemoterapi merupakan salah satu upaya untuk mematikan sel-sel kanker dengan merusak fungsi reproduksi sel, sehingga ukurannya tidak bertambah dan sel yang tertinggal menjadi rusak. Selain melawan kanker, air rebusan daun Sirsak juga bermanfaat untuk mengobati Asma dan Asam Urat tinggi.


7 Manfaat Buah Sirsak Yang Sangat Luar Biasa


1. Mencegah Kanker

Hampir semua belahan tumbuhan sirsak mengandung fitokimia yang disebut annonaceous acetogenins, seakan-akan pada biji, daun, dan batang sirsak. Fitokimia bermanfaat untuk melawan serangan kanker dan virus. Studi memperlihatkan bahwa Annonaceous acetogenins dapat mematikan sel-sel ganas pada belasan jenis kanker, seolah-olah kanker usus besar, pyudara, paru-paru, prostat dan lainnya.

2. Efek diuretik

Jika Anda mencicipi sakit dan nyeri saat kencing, jus buah sirsak dapat dipakai sebagai obat alami. Bukan hanya itu, jus sirsak dapat mengobati haematuria, kondisi dimana sel darah putih tercampur ke dalam urin. Daun sirsak juga mampu mengatasi penyakit hati ringan.

3. Menyehatkan Tulang


Buah sirsak kaya akan kalsium dan fosfor, serta mineral penting lainnya seakan-akan tembaga. Semua nutrisi ini membantu tulang untuk menyerap kalsium, sehingga asupan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang akan tercukupi.

4. Meningkatkan energi badan

Jika Anda lesu dan loyo, cobalah untuk konsumsi buah sirsak segar. Jus sirsak segar akan memperbaiki mood dan suasana hati sehingga lebih bersemangat. Di samping itu, thiamin yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh sehingga stamina menjadi lebih baik.

5. Meredakan Migrain

Bagi Anda yang sering menderita pusing pada sebelah penggalan kepala, perlu untuk mencoba konsumsi buah sirsak setiap hari. Vitamin seolah-olah riboflavin atau vitamin B2 efektif dalam mengobati sakit kepala pada sebelah potongan kepala, seperti migrain.

6. Mencegah Anemia

Buah sirsak juga dilengkapi dengan zat besi yang diharapkan dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. Penderita Anemia layak untuk memasukkan jus buah sirsak ke dalam menu harian mereka. Pastikan menyediakan buah ini di lemari es, atau dengan menanam pohonnya di pekarangan rumah Anda.

7. Mengatasi rasa mual dan muntah

Banyak artikel menulis manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, jarang diketahui bahwa biji sirsak ternyata sangat memiliki kegunaan mengatasi gangguan kesehatan, terutama ketika seseorang terserang rasa mual. Biji sirsak memiliki zat emesis yang imbastif dalam meredakan rasa mual dan muntah.


Ramuan herbal menggunakan daun sirsak


Mengobati kanker, asam urat, dan asma secara alami

Cara menciptakan ramuan alami ini tidaklah sulit. Ambil 11 lembar daun sirsak yang berwarna hijau renta, lalu dicuci sampai higienis. Langkah selanjutnya adalah mengeluarkan sari daun ini dengan dipotong-potong. Berikutnya, rebus daunnya bersama 2 gelas air hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya setiap berdiri tidur di pagi hari, dan menjelang tidur malam (Air dalam keadaan masbodoh).

Itulah manfaat buah sirsak yang sangat luar biasa dan ramuan herbal yang dapat dibentuk dengannya. Baca: Dua Cara Cuci Ginjal Dengan Alami Dan Murah! Semoga Kita senantiasa diberikan nikmat berupa kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tampilkan Komentar