6 Kebiasaan Buruk Ketika Mencuci Rambut

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 15, 2017
Semua perempuan pastinya menginginkan rambutnya halus, higienis dan harum. Tidak heran bila setiap hari mereka selalu keramas, apalagi akil balig cukup akal. Dengan keramas, rambut menjadi wangi dan higienis. Sayang, tidak semua perempuan remaja mengetahui cara mencuci rambut yang benar dan sehat.


6 Kebiasaan Buruk Ketika Mencuci Rambut

Cara mencuci rambut yang sempurna perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan rambut, bukan sekedar mendapatkan kilaunya. Kesalahan dalam keramas justru akan menyebabkan rambut  menjadi rusak, hilang kilau dan keindahannya. Rambut kusam dapat disebabkan oleh sisa-sisa shampo, abu dan kotoran yang melekat di rambut dan kulit kepala. Bukan hanya kusam, tapi rambut dapat menjadi sangat rusak.


6 Kebiasaan Buruk Ketika Mencuci Rambut


Di atas telah disebutkan alasan kenapa harus mencuci rambut dengan benar, agar rambut bersinar secara alami dan tetap sehat. Jika selama ini Anda kurang perhatian terhadap masalah ini, sebaiknya simak artikel ini. Kita akan mengetahui cara keramas yang baik dan tidak merusak keindahan rambut, terutama kesehatan rambut. Di bawah ini ada enam kesalahan yang biasa dilakukan ketika keramas.

1. Menggunakan kuku untuk menggaruk kulit kepala

Kebiasaan jelek ini sering dilakukan banyak wanita. Tanpa disadari, ketika keramas kita sering menggunakan kuku. Hentikan kebiasaan ini, lakukan keramas dengan memakai ujung jari tangan. Menggunakan kuku bukan hanya dapat melukai kulit kepala, namun menimbulkan produksi minyak semakin bertambah sehingga rambut menjadi lepek. Faktor ini sering diabaikan oleh semua perempuan, hindari hal ini.

2. Keramas setiap hari


Bagi sebagian orang, melakukan keramas setiap hari tidaklah perkara. Rambut menjadi segar, tidak kusut dan lepek. Namun, kebiasaan ini mampu memacu produksi minyak alami sehingga kulit kepala menjadi sangat berminyak dan rambut pun nampak kusam. Pilih produk pencuci rambut yang sesuai dengan tipe rambut Anda.

3. Membilas rambut menggunakan air hangat

Keramas menggunakan air panas diyakini mampu membuka pori-pori kulit kepala, sehingga folikel rambut akan longgar dan sehat. Faktanya, air panas akan memperabukan rambut sehingga merusaknya. Mulai kini, basuh rambut dengan air acuh taacuh atau sejuk untuk menciptakan rambut menjadi berkilau dengan alami.

4. Menggunakan handuk setelah keramas

Disebabkan oleh alasan kesibukan dan acara padat, perempuan umumnya tidak sabar menunggu rambut menjadi kering sesudah keramas. Maka kebanyakan mereka menggunakan handuk sebagai solusi tercepat. Menggosok-gosok rambut menggunakan handuk akan berakibat rambut mudah rontok. Sekali lagi, rambut berair lebih ringkih dibandingkan kondisi kering. Hentikan menggunakan handuk untuk mengeringkan, atau hairdyer yang akan merusak rambut Anda. Biarkan rambut terkena angin sehingga kering dengan alami. Cara ini akan menjaga keindahan rambut Anda.

5. Menggosok kepala dengan shampo

Kebiasaan ini paling sering dilakukan semua orang. Menuangkan shampo di kepala, lalu menggosoknya hingga berbusa. Cara yang benar ialah menuangkan pencuci rambut di telapak tangan, gosok sampai berbusa lalu cuci rambut dengannya. Jadi, tidak dilakukan secara pribadi pada rambut. Cara ini mampu mencegah kerusakan rambut, lantaran rambut dalam kondisi berair lebih ringkih.

6. Memakai kondisioner secara menyeluruh

Kondisioner memang diperlukan untuk mengembalikan kelembaban kulit kepala. Namun, penggunaan secara berlebihan justru akan merusak rambut dan menciptakannya makin berminyak. Jangan gunakan kondisioner pada akar rambut, cukup terapkan pada ujung rambut saja. Cara ini akan mencegah rambut berminyak. Perhatikan untuk menerapkan kondisioner pada rambut, biarkan selama 5 menit untuk menerima rambut berkilau dan sehat.

Itulah 6 kebiasaan buruk ketika mencuci rambut. Baca juga: 11 Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Smoothing Yang Awet! Selain perawatan dari luar, diharapkan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Konsumsilah kuliner dan minuman yang kaya akan mineral dan vitamin, hindari stres, dan olahraga teratur.

Tampilkan Komentar