4 Cara Mengobati Chikungunya Dengan Ramuan Herbal

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 07, 2017
Penyakit chikungunya mungkin sangat abnormal bagi pendengaran kita. Hampir sama dengan demam berdarah, penyakit ini  juga disebarkan oleh nyamuk aedes agypti dan aedes albopictus yang membawa Alphavirus. Masa inkubasi chikungunya ialah sekitar sehari sampai 2 ahad, tetapi rata-rata berlangsung selama 3 hari.


4 Cara Mengobati Chikungunya Dengan Ramuan Herbal
Penyakit chikungunya sering juga disebut flu tulang, dapat saja sembuh dengan sendiri tanpa diobati. Namun, bila tidak segera menerima perawatan atau pengobatan yang tepat, akan fatal akhirnya.

Pengobatan chikungunya mampu dilakukan secara medis ataupun tradisional. Mengobati chikungunya menggunakan obat-obatan kimia tidak akan dibahas di sini. Bahan alami lebih dianjurkan, lantaran lebih kondusif bagi tubuh.

Gejala umum Chikungunya

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya ruam-ruam berwarna merah di kulit yang berlangsung selama beberapa hari. Gejala lainnya seakan-akan pegal-pegal, nyeri badan, bahkan kelumpuhan tubuh untuk sementara. Tidur melulu tentu tidak menyenangkan. Badan terasa pegal dan linu terus-menerus.


4 Cara Mengobati Chikungunya Dengan Ramuan Herbal


Untuk menyembuhkan chikungunya dapat dipakai bahan alami yang ada di sekitar kita. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan tanda-tanda yang timbul, seolah-olah meredakan demam dan mematikan virus penyebab penyakit ini.

Virus cikungunya hanya bisa dilemahkan, oleh lantarannya tingkatkan daya tahan tubuh Anda. Virus yang telah dilemahkan pun mampu menyerang, dikala kekebalan tubuh menurun. Selain mengobati chikungunya dengan ramuan herbal, konsumsi makanan yang kaya vitamin C sangat diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan virus.

1. Daun sambiloto


Menyembuhkan chikungunya dapat dilakukan dengan daun sambiloto. Sediakan 10 lembar daun sambiloto, rebus bersama 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan airnya menyusut tinggal segelas. Biarkan airnya dingin, minum ramuan ini setiap hari di pagi atau sore hari.

2. Jahe merah dan jintan hitam

Jahe merah biasanya dikenal untuk mengobati masuk angin. Jahe merah ternyata juga mampu menurunkan demam tinggi yang dialami oleh pasien chikungunya, serta meredakan nyeri otot dan sendi. Sedangkan jintan hitam bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang besar lengan berkuasa, pasien lebih sanggup untuk melawan virus chikungunya.

3. Daun binahong

Khasiat binahong tidak diragukan lagi, termasuk untuk mengobati penyakit chikungunya. Caranya tidaklah sulit, cukup dengan merebus 15 lembar daun binahong bersama 3 gelas air. Tunggu airnya mendidih dan menyusut hingga segelas saja. Angkat, biarkan dingin. Minum ramuan herbal ini setiap hari. Siapkan beberapa sendok madu. Setelah minum ramuan binahong, lidah akan mencicipi pahit luar biasa. Gunakan madu untuk menghilangkan pahit.

4. Air kelapa muda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dampaktif dalam membantu menyembuhkan chikungunya. Obat alami ini merupakan pilihan bagi Anda yang tidak tahan terhadap rasa pahit. Saya yakin, sedikit sekali orang yang tidak menyukai air kelapa muda.

Pilih salah satu di antara ramuan herbal di atas. Jangan menggunakan secara bersamaan. Konsultasi dengan dokter Anda, mengenai tanda-tanda yang timbul. Tanyakan, apakah penyakit cukup parah atau tidak. Baca: 9 Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Bahan Alami.

Sedangkan penggunaan obat herbal di atas tidak menyebabkan efek samping yang membahayakan tubuh, jadi kondusif digunakan. Penting untuk diperhatikan biar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan rumah. Pola hidup sehat sangat penting untuk diterapkan. Jangan biarkan nyamuk berkembang biak di mana-mana. Anda tentu tidak rela kalau salah satu keluarga terkena penyakit berbahaya akhir kelalaian dan kurang menjaga kebersihan lingkungan. Mari jaga kesehatan keluarga, dengan menanamkan pola hidup yang sehat.

Tampilkan Komentar