15 Manfaat Buah Delima Dan Cara Memanfaatkan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 04, 2017
Manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan memang tidak diragukan lagi. Delima memiliki beberapa varian warna, seperti merah, putih dan hijau. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah segar, atau diminum dalam bentuk minuman jus. Digunakan sebagai salad juga cocok, atau silahkan diminum dalam bentuk sirup.

Fakta nutrisi buah delima

Kulit buah delima mengandung beberapa nutrisi penting seakan-akan alkaloid pelletierene, betulic acid, granatin, isoquercitrin, ursolic acid, elligatanin, triterpenoid, resin, kalsium oksalat, dan pati. Di dalam segelas jus delima terkandung asam malat, asam sitrat, fruktosa, glukosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan tanin.


15 Manfaat Buah Delima Dan Cara Memanfaatkan
photo: livingwellnaturalhealth.com

15 Manfaat buah delima dan Cara Memanfaatkan


1. Mencegah Anemia

Konsumsi buah delima berakibat melancarkan ajaran darah. Buah ini mampu menymbangkan zat besi ke dalam darah, sehingga mencegah anemia, pusing, kelelahan, dan gangguan telinga.

2. Menyehatkan Jantung

Nutrisi yang ada di dalamnya dapat melancarkan aliran darah ke jantung, sehingga menurunkan risiko serangan jantung.

3. Mengurangi plak gigi

Buah delima bersifat antivirus dan antibakteri yang dapat melindungi dari banyak sekali perkara ekspresi, serta mengurangi pengaruh plak gigi.

4. Mencegah Kanker Prostat

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan minum 227ml jus delima setiap hari, mampu menghambat perkembangan kanker prostat pada pria. Tetapi perlu ditemukan bukti lebih lanjut terhadap penelitian ini.


Manfaat Jus Delima Untuk Kecantikan Kulit


5. Memperbaiki Tekstur Kulit

Delima mampu memacu produksi kolagen yang menyebabkan kulit kencang dan mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan di wajah. Jus delima juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit.

6. Anti Penuaan


Minum jus delima secara teratur dapat menghambat tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan kerutan di wajah. Nutrisi di dalamnya menjaga regenerasi sel-sel kulit, serta mencegah munculnya bintik-bintik gelap dan pigmentasi berlebihan.

7. Membantu memulihkan luka

Minyak biji delima kaya akan nutrisi yang dapat membantu regenerasi sel-sel kulit epidermis dan dermis. Di samping itu, jus buah ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

8. Cocok untuk semua jenis kulit

Jus buah delima mampu menjaga kelembaban dan hidrasi kulit. Jus buah ini dampaktif dalam mencegah kulit kering dan teriritasi. Tidak hanya itu, jus ini juga cocok bagi kulit berminyak, mencegah jerawat, dan mengontrol produksi sebum berlebihan.


Ramuan herbal memakai buah delima


9. Sariawan

Tumbuk dua buah delima masak sampai halus. Tuangkan segelas air sambil aduk sampai rata, saring. Berkumur dengan airnya, telan. Ulangi sebanyak 3 kali setiap hari, hingga sembuh.

10. Sering kencing

Sediakan buah delima matang dan segenggam kucai, lalu dipotong-potong. Rebus bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya, kemudian angkat dan biarkan masbodoh. Minum airnya sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing ¾ gelas.

11. Batuk yang telah berlangsung usang

Kunyah buah delima setengah matang. Lakukan setiap malam menjelang tidur, buang bijinya.

12. Penyakit Cacingan

Jus buah delima dicampur dengan jus wortel secara merata, masing-masing sebanyak ½ gelas. Minum airnya sekaligus. Baca: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami!

13. Suara parau dan tenggorokan kering

Belah delima segar, ambil isinya. Kunyah isi buahnya, bijinya dibuang. Ulangi sebanyak 3 kali dalam sehari.

14. Radang gusi

Berkumur dengan buah ini mampu menenangkan radang gusi atau gigi berlubang.

15. Meredakan demam dan batuk

Tumbuk biji delima, jemur di bawah sinar matahari. Campurkan 1 sdm debu biji delima dengan ½ gelas jus nanas setengah matang. Aduk keduanya, minum ketika perut kosong.

Itulah 15 manfaat buah delima untuk kesehatan dan ramuan herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Tampilkan Komentar