12 Manfaat Jus Nanas Di Balik Rasanya Yang Manis Asam

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 21, 2017
Nanas merupakan buah dengan rasa manis dan asam yang dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun dalam bentuk makanan olahan lainnya. Buah ini sering juga dimakan sebagai rujak, asinan, atau diminum sebagai jus segar. Nanas banyak ditemukan di supermarket, pasar tradisional, atau mampu ditanam sendiri di kebun.

12 Manfaat Jus Nanas Di Balik Rasanya Yang Manis Asam

Tidak semua orang menyukai buah nanas. Salah satu alasannya yaitu butuh waktu usang untuk mengupas kulit buahnya. Sebagian lain benar-benar tidak suka nanas lantaran alergi pada mulut berupa rasa gatal, setelah mengkonsumsi buah ini. Sebenarnya ini dapat disiasati dengan merendam buah berwarna kuning ini ke dalam air lemon, atau air garam.


12 Manfaat Jus Nanas di Balik Rasanya Yang Manis Dan Asam


Di balik bagus dan asam rasanya, buah nanas menyimpan manfaat kesehatan yang cukup menakjubkan. Inilah khasiat nanas di balik elok asamnya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Asam amino dan antioksidan berupa vitamin C yang ada di dalam buah nanas sanggup meningkatkan sistem imunitas tubuh. Asam amino juga bermanfaat untuk menyuplai energi bagi badan sehingga tidak mudah mengalami kelelahan.

2. Terhindar dari Degenerasi Makula

Degenerasi makula merupakan gangguan pada penglihatan sehingga mata sulit dipakai untuk mengenali suatu benda atau membaca tulisan dengan benar. Nanas mengandung betakaroten yang menyehatkan penglihatan sehingga mencegah gangguan mata.

3. Baik untuk Pencernaan

Tingginya kandungan serat pada buah nanas berkhasiat untuk menjaga kesehatan usus. Bahkan kelebihannya dari buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas memiliki enzim bromelain yang mampu memecah protein sehingga melancarkan akses cerna. Fakta ini dipublikasikan oleh American Cancer Society.

4. Mengatasi Mual

Bagi perempuan hamil yang mengalami morning sickness, jus nanas cukup efektif dalam meredakan perkara ini. Jus buah nanas juga membantu menghilangkan rasa mual, ketika dalam perjalanan.

5. Mencegah Kenaikan tekanan darah

Nanas memiliki jumlah kalium yang tinggi dan sodium yang rendah, sehingga mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.

6. Menguatkan Tulang

Kalsium baik untuk kesehatan tulang, tidak hanya diperoleh dari susu. Jus nanas kaya akan kalsium dan mangan yang berguna untuk menguatkan tulang dan jaringan ikat.


Enam Manfaat Buah Nanas Untuk Kecantikan Kulit


7. Melembutkan Kulit

Gunakan jus nanas sebagai scrub alami untuk meluruhkan kaki bersisik dan kapalan. Cara alami ini mampu mengembalikan kehalusan dan kelembutan kulit kaki. Di samping itu perawatan ini berkhasiat untuk menenangkan radang dan abuh akibat tumit retak. Baca: 5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit!

8. Menjaga Kelenturan Kulit

Kolagen sangat diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan kelenturan kulit. Jus nanas menyediakan nutrisi ini, asam amino dan vitamin C di dalamnya mampu memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit dengan cepat. Anda dapat menerapkan jus nanas sebagai masker wajah, biarkan selama sepuluh menit sebelum dicuci dengan air hangat.

9. Menjaga kelembaban Kulit

Nanas efektif dalam mencegah kekurangan cairan tubuh kulit dan tubuh. Untuk mengatasi kulit kering dan kusam, campur 3sdm jus nanas dengan susu dan kuning telur. Aplikasikan pada kulit yang bermasalah. Diamkan selama beberapa saat, basuh memakai air hangat sesudah perawatan.

10. Melembutkan Kuku

Kuku rapuh mampu terjadi akhir kekurangan asupan vitamin A dan vitamin B. Cukup dengan sering makan buah nanas akan mencukupi kebutuhan harian dari kedua vitamin tersebut. Aplikasikan pada kuku Anda untuk meredakan nanah, serta menguatkan dan melembutkan kuku.

11. Mengobati Bibir Pecah-pecah

Campuran yang dibuat dari jus nanas dan minyak kelapa dapat mengatasi bibir pecah-pecah dan melembutkannya. Campuran ini juga berguna untuk membuat bibir lebih berkilau.

12. Mengurangi Lemak tubuh

Buah nanas dilengkapi dengan vitamin A, tiamin, vitamin C, tembaga dan serat. Buah ini juga mengandung enzim bromelain yang efektif dalam mengurangi lemak berlebihan di sekitar pinggul dan perut. Menurut penelitian, enzim bromelain berhubungan dengan lipase untuk mencerna lemak yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi. Keduanya juga berperan untuk meningkatkan sekresi lemak di dalam tubuh.

Itulah 12 manfaat buah nanas yang memiliki rasa elok dan asam. Jangan makan buah ini secara berlebihan ya, lantaran bisa menyababkan alergi dan perkara lain.

foto via weeklyhealthylife.com

Tampilkan Komentar