12 Cara Cepat Mengobati Sariawan Yang Efektif Dan Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 18, 2017
Sariawan tentu menciptakan kita kehilangan selera makan. Bagaimana tidak, untuk mengunyah kuliner saja rasanya nyeri. Makanan yang enak pun tidak akan terasa nikmat di lidah. Sariawan (Stomatitis) merupakan gangguan yang terjadi di area verbal dan lidah, berupa peradangan yang sering menyebabkan lubang.

12 Cara Cepat Mengobati Sariawan Yang Efektif Dan Alami
Meskipun bukan tergolong ke dalam penyakit mematikan, sariawan cukup menyiksa dan menghilangkan mood kita.

Faktor penyebab Sariawan

Banyak kemungkinan pemicu yang mengakibatkan penyakit sariawan. Salah satu atau beberapa hal di bawah ini mungkin menjadi penyebab gangguan mulut, khususnya sariawan:

  • Area ekspresi terluka oleh gigitan tanpa sengaja.
  • Kekurangan beberapa nutrisi penting termasuk zat besi, Vitamin C dan B 12.
  • Akibat dari gejala gangguan sistem cerna.
  • Mulut tidak dijaga dengan higienis.
  • Imunitas badan yang lemah.
  • Sensitifitas verbal terhadap bahan yang digunakan pada pasta gigi tertentu.
  • Mengkonsumsi makanan pedas atau masam terlalu sering.

12 Cara Cepat Mengobati Sariawan Yang Efektif Dan Alami


Penyakit sariawan dapat diobati dengan memakai obat berbahan kimia yang tersedia di apotik. Untuk imbas terhadap kesehatan pada jangka panjang, kita tidak akan membahasnya. Kali ini kita coba memakai cara alami yang tentunya jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan perhiasan yang berbahaya. Inilah bahan-bahan alami yang dapat dipilih sebagai obat sariawan:

1. Madu dan Buah Pisang

Cara menyembuhkan sariawan memakai kedua materi ini adalah dengan mengkonsumsinya secara pribadi dan teratur. Selain itu, terapkan jus pisang dan madu pada ulkus untuk meredakan peradangan.

2. Daun jambu biji


Obat rumahan selanjutnya adalah daun jambu biji. Selain imbastif untuk mengobati diare, daun ini ampuh sebagai obat tradisional bagi sariawan. Mirip dengan cara mengobati diare, caranya dengan mengunyah daun jambu biji. Telan airnya, buang daunnya dan berkumurlah.

3. Air kelapa

Tidak hanya untuk menghilangkan dahaga, manfaat air kelapa termasuk menyembuhkan sariawan. Air kelapa mempunyai efek menenangkan sistem pencernaan. Efek acuh taacuh juga ditimbulkan akibat konsumsi air kelapa. Jadi bukan hanya mencegah kehilangan cairan tubuh tubuh, air kelapa sangat cocok diminum oleh penderita sariawan.

4. Buah pepaya dan bawang putih

Tumbuk bawang putih, campur dengan buah pepaya yang telah dihaluskan. Oleskan campuran ini secara pribadi pada ulkus. Lakukan cara ini hingga gangguan lisan ini hilang.

5. Buah Tomat

Buah ini kaya akan vitamin C yang pengaruhtif dalam mengobati sariawan. Silahkan makan buah tomat mentah secara pribadi atau dengan meminum jus tomat. Di samping itu, sering makan tomat mampu mencegah sariawan.

6. Minyak kelapa

Tambahkan madu ke dalam wadah berisi minyak kelapa. Anti bakteri yang dikandung oleh materi ini dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat. Aplikasikan pada luka akhir sariawan sebanyak 3 kali dalam sehari.

7. Yoghurt

Makanan olahan susu ini berguna untuk menjaga keseimbangan kuman di dalam tubuh, demikian pula verbal. Sering makan yoghurt akan berakibat terhindar dari sariawan, juga mempercepat kesembuhan.

8. Kunyit

Tidak sekedar untuk merawat kecantikan kulit, kunyit juga punya khasiat untuk mengatasi sariawan. Cuci rimpang kunyit secukupnya, tumbuk hingga lumat. Campur materi ini dengan 1 sdt gliserin, terapkan pada luka di ekspresi akhir sariawan.

9. Makanan yang mengandung zat besi

Semua jenis kuliner yang mempunyai zat besi mampu mencegah dan meredakan sariawan, disebabkan dampaktifitasnya dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Penuhi kebutuhan harian zat besi dengan mengkonsumsi  sereal, biji wijen, gandum, brokoli, atau telur. Makanan ini akan membuat tubuh lebih kebal.

10. Baking soda

Solusi untuk penyakit sariawan yang paling mudah yaitu menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan garam dan sedikit air. Terapkan pasta ini pada lubang yang timbul balasan sariawan. Tunggu selama sepuluh menit, sebelum berkumur dengan air dingin.

11. Cukupi kebutuhan vitamin

Perbanyak makan buah dan sayur yang mengandung vitamin B, zat besi, vitamin C, dan folat. Nutrisi tersebut baik untuk mencegah dan mengobati luka sariawan secara alami.

12. Buah Ciplukan

Cukup dengan makan buahnya secara pribadi, atau dengan minum air rebusan daun ciplukan. Manfaat Daun Ciplukan termasuk mengobati sariawan dengan cepat.

Demikian 12 Cara Cepat Mengobati Sariawan Yang Efektif Dan Alami. Jika gangguan tidak segera reda selama 3 minggu semenjak perawatan, hubungi dokter Anda.

Tampilkan Komentar