11 Manfaat Temu Hitam Untuk Melawan Penyakit

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 16, 2017
Temu hitam sering tumbuh liar di ladang, hutan, atau semak. Temu hitam sering juga disebut temu ireng, telah dikenal sebagai materi jamu dan tanaman obat yang mampu dipakai untuk melawan aneka macam jenis penyakit. Di dalam dunia kecantikan, ekstrak rimpangnya tidak gila lagi untuk dipakai.

11 Manfaat Temu Hitam Untuk Melawan Penyakit

Fakta nutrisi temu hitam

Temu ireng memiliki minyak atsiri yang terdiri dari monoterpen, kurzerenon, dan ses kuiterpen (furanodienon, isofuranodien, dehidrokurdion, zedoarol dan kukurmenon), damar, pati, dan lemak. Zat penting inilah yang membuat rempah ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.


11 Manfaat Temu Hitam Untuk Melawan Penyakit


1. Mengatasi masuk angin dan perut mulas

Untuk meredakan kedua gangguan kesehatan ini, gunakan ramuan herbal yang praktis. Rebuslah temu hitam bersama air hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat, untuk menghilangkan rasa mulas dan masuk angin.


2. Mengobati Cacingan

Hasil penelitan memperlihatkan bahwa zat aktif di dalam temu hitam mampu mematikan cacing Ascaridia galli. Ramuan herbal untuk mengobati penyakit cacingan dapat dibuat dengan memeras rimpangnya yang telah ditumbuk atau diparut sebelumnya. Baca: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami!

3. Meredakan Ambien

Sediakan 15gr rimpang temu hitam, secangkir air panas, kuning telur ayam, dan 2 sdm madu. Rimpang dikupas, kemudian dicuci. Seduh dengan secangkir air panas, biarkan acuh taacuh lalu saring. Campur dengan kuning telur dan madu. Minum ramuan ini setiap berdiri tidur,

4. Menambah nafsu makan

Rimpang tumbuhan ini juga mampu menaikkan nafsu makan, terutama bagi belum dewasa. Parut temu ireng, peras airnya. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit, minum selagi masbodoh. Lakukan di pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak ½-1 gelas air.

5. Membersihkan darah usai persalinan

Sediakan 2 jari temu ireng, kupas kemudian diparut. Seduh bersama ½ cangkir air panas, biarkan hambar lalu saring. Minumlah 3 hari secara berturut-turut, sesudah persalinan.

6. Mengobati penyakit Gonorrhoea

Sediakan 30gr daun pegagan, 10gr rimpang temu ireng, dan 5gr umbi gadung. Tumbuk semua bahan hingga halus, seduh bersama 3 gelas air panas. Biarkan masbodoh, saring. Minum airnya sebanyak tiga kali dalam sehari, masing-masing 1 gelas.

7. Mencegah penyakit ditularkan ke bayi saat menyusui

Ambil kecipir dan rimpang temu hitam secukupnya. Rebus kedua bahan ke dalam 3 gelas air hingga mendidih. Minum airnya sesudah masbodoh, selama menyusui setiap 3 hari sekali.

8. Meredakan abuh pada anggota tubuh dan Menetralkan racun

Siapkan 20gr temu hitam dan daun takokak secukupnya. Kupas temu hitam, parut. Campur dengan daun takokan, rebus ke dalam 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya. Minum selagi hangat, seketika.

9. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Siapkan 15gr daun dewa dan 25gr temu item. Rebus keduanya ke dalam 600 liter air, sehingga airnya menyusut separuh. Setelah cuek, minum di pagi dan malam hari.

10. Mengobati Malaria

Sediakan 20gr temu item, 2 jari batang brotowali, dan 60gr daun pepaya. Setelah dicuci, rebus semua bahan bersama 800 ml air hingga mendidih dan menyusut setengahnya. Setelah airnya masbodoh, tambahkan 1 sdm madu. Minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 ml.


Manfaat temu hitam bagi kecantikan kulit


Untuk menjaga kecantikan kulit, ambil temu ireng yang telah renta. Kulitnya dibersihkan, tumbuk hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya. Balurkan ke area kulit yang bermasalah seolah-olah jerawat, ruam, dan lainnya. Baca: Cara Membuat Masker Beras Untuk Memutihkan Kulit!

Itulah 11 ramuan herbal memakai temu ireng yang mampu dibentuk di rumah dengan simpel. Tanaman obat ini mudah ditemukan, sangat disesalkan ketika dibiarkan tanpa digunakan sebagai obat tradisional.

Tampilkan Komentar