10 Manfaat Adas Pulosari Sebagai Obat Herbal

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 12, 2017
Adas adalah salah satu tumbuhan obat yang sering ditambahkan pada minyak telon untuk bayi. Minyak Adas didapatkan dari proses penyulingan serbuk buah adas pulosari, yang mempunyai rasa pahit ataupun elok. Tanaman ini tergolong ke dalam rempah yang sering digunakan sebagai obat tradisional.

10 Manfaat Adas Pulosari Sebagai Obat Herbal

Fakta nutrisi Adas pulosari

Rempah satu ini populer khasiatnya untuk mengobati aneka macam penyakit, disebabkan beberapa senyawa penting yang terdapat di dalamnya. Adas pulosari mengandung minyak atsiri (Oleum Foeniculi), fenkon, anetol, pinen, dipenten, limonen, felandren, anisaldehid, metilchavikol, minyak lemak, dan asam anisat. Di dalam biji dan akarnya memiliki stigmasterin. Tanaman ini memiliki busuk khas yang timbul dari atenol yang dikandung olehnya.


10 Manfaat Adas sebagai obat herbal alami


1. Mengatasi sesak nafas

Untuk atasi masalah ini, sediakan ½ sdt adas, 2 jari kencur, ¼ jari pulosari, 1 jari temulawak, ¼ genggam daun poncosudo, dan 1 sdt jintan hitam. Rebus ke dalam 4 ½ gelas air sampai air susut separuhnya. Minum ramuan ini setelah cuek, sebanyak 3 kali per hari masing-masing ¾ gelas. Lakukan dengan teratur hingga sembuh.


2. Untuk mengatasi diare dan perut kembung

Cara menciptakan ramuan untuk meredakan diare dengan menyediakan 3 sdt adas, 10 cm kulit kayu, dan 5 lembar daun jambu biji muda. Setelah semua materi dicuci, memarkan. Rebus ke dalam 2 gelas air hingga berkurang separuhnya. Saring, minum ramuan ini setelah acuh taacuh di pagi dan malam hari. Baca: 6 Cara Alami Mengobati Kenaikan Asam Lambung!

3. Sebagai obat batuk bagi anak-anak

Untuk menciptakan obat kerikilk alami, sediakan 1 sdt adas pulosari, 4 cm kulit pohon adas, dan 1 siung bawang merah. Cuci semua bahan, tumbuk hingga lumat. Rebus bersama segelas air hingga mendidih, biarkan airnya tersisa setengah dari semula. Masukkan gula kerikil, biarkan airnya menjadi acuh taacuh. Saring, minum airnya di pagi dan sore hari.

4. Ramuan untuk mengobati wasir

Herbal adas juga mampu dimanfaatkan untuk meredakan wasir. Siapkan 3 sdt adas, secangkir daun patikan cina, sebutir bawang merah, 1 sdt jintan putih, dan 1/2 cangkir daun meniran. Cuci semua materi, rebus bersama seliter air sehingga airnya tersisa setengahnya. Tambahkan gula batu atau madu, saring. Minum airnya sebanyak 4 kali dalam sehari. Lakukan hingga penyakit sembuh.

5. Meredakan biduran

Gangguan ini dapat disebabkan oleh alergi terhadap makanan tertentu, seolah-olah udang atau lainnya. Untuk menanganinya, sediakan 2 sdt adas, 2 buah bawang merah, dan 7 cm kunyit. Tumbuk semua materi hingga halus, seduh bersama 1 ½ gelas air panas. Tunggu sebentar, saring. Minum airnya selagi hangat, sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Ramuan herbal untuk menghilangkan kedaluwarsa lisan

Bau ekspresi mampu ditimbulkan akhir sariawan atau sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya, sediakan segenggam daun beluntas, 1 sdt adas, dan 2 buah kapulaga. Rebus semua materi dengan segelas air, tambahkan sedikit garam. Tunggu airnya mendidih selama beberapa menit, biarkan dingin. Saring, minum airnya sambil berkumur dengannya. Lakukan sebanyak tiga kali sehari.

7. Meredakan demam

Demam umumnya terjadi sebagai reaksi alami untuk mematikan virus atau kuman yang menginfeksi badan, sehingga suhu tubuh menjadi panas. Namun terkadang dipicu oleh kelelahan atau kehujanan. Untuk meredakan demam, siapkan 2 sdt adas, 2 sdm madu, labu air, dan 4 cm kulit batang pulosari yang dimemarkan. Rebus semua materi (kecuali labu) dengan 1 gelas air sehingga airnya menyusut setengahnya. Labu diparut, saring untuk mendapatkan airnya. Campur ½ gelas air labu bersama ramuan pertama. Tuangkan sedikit madu, minum sekaligus.

8. Menyembuhkan penyakit batu empedu

Ambil 5gr serbuk adas, seduh bersama segelas air panas. Saring airnya, minum selagi hangat.

9. Mengobati kejang demam (stuip)

Gangguan ini biasanya diderita oleh anak balita. Ambil 4 sdt adas, 7 biji anyang-anyang, dan 6 cm kulit batang pulosari. Rebus ke dalam 2 gelas air sehingga air menyusut setengah dari semula. Minum airnya dikala masbodoh.

10. Melancarkan haid

Siapkan segenggam bunga dan daun srigading, ½ sdt adas, 2 kuntum bunga kesumba keeling, 1 sdt jintan hitam, ½ jari pulosari, dan 2 buah jeruk nipis.

Rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa 2,25 gelas air saja. Minum airnya sehabis acuh taacuh, sebanyak 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas air.

Itulah beberapa manfaat adas sebagai obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Semoga menambah pengetahuan seputar dunia herbal.

Tampilkan Komentar