USG untuk Mendukung evaluasi Kesehatan Jantung

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   September 09, 2016
USG Jantung
Kesehatan Jantung harus menjadi salah satu yang prioritas, karena merupakan salah satu organ vital tubuh insan yang sangat penting. Untuk menunjang evaluasi Kesehatan Jantung lebih maksimal, dikala ini telah dikenalkan Ultrasonography (USG).

Ultrasonography (USG) jantung atau juga sering disebut Ekokardiografi (Echocardiography), disingkat Echo, berfungsi melihat struktur jantung, otot, katup, ruangan maupun pembuluh darah yang ada di organ jantung. Dari investigasi jantung tersebut, bisa diketahui apakah adanya gangguan ataupun masalah yang sedang terjadi di jantung.

Meski sangat berguna, namun pemeriksaan USG Jantung hanya boleh dilakukan untuk pasien yang didiagnosa adanya lemahnya jantung, serangan jantung, mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) dalam waktu yang cukup lama, gangguan pernafasan, atau gangguan jantung lainnya yang memang telah di sarankan oleh Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah ataupun spesialis Penyakit Dalam

Tidak hanya pada gejala penyakit jantung, Echo juga disarankan untuk pasien penyakit paru-paru. Hal ini dikarenakan, jantung sebelah kanan berfungsi memompa darah ke paru-paru. sehingga, pada penderita penyakit paru-paru perlu dilakukan USG jantung, untuk melihat fungsi jantung sebelah kanan.

Apabila ada indikasi medis di atas, maka sebaiknya pasien segera berobat lebih lanjut untuk menentukan apakah perlu dilakukan USG jantung. Tindakan ini mampu dilakukan di rumah sakit yang sudah mempunyai klinik jantung dan pembuluh darah serta seorang ahli dalam untuk diagnosis lebih akurat, efektif dan tepat. Ketepatan diagnosis dengan kecanggihan teknologi medis, dokter, perawat dan seluruh tenaga medis diperlukan sanggup mengatasi keluhan-keluhan gangguan kesehatan jantung yang anda rasakan.

Ringkasan:
  • Jantung sebagai salah satu organ vital tubuh manusia yang sangat penting, kesehatannya haraus menjadi prioritas,
  • Evaluasi Kesehatan Jantung mampu dilakukan dengan USG Jantung supaya didapatkan hasil yang lebih maksimal,
  • USG Jantung diprioritaskan pada pasien lemah jantung, serangan jantung, hipertensi, gangguan pernafasan dan gangguan pernapasan.

Tampilkan Komentar