USG 4 Dimensi untuk Ibu Hamil

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   September 19, 2016
Alat USG 4D
Banyak alat investigasi yang canggih untuk mampu mengetahui perihal isi badan insan, dan salah satunya adalah USG atau ultrasonografi. USG menggunakan gelombang suara, dan lebih banyak di gunakan oleh dokter kandungan untuk menilik kehamilan, usia kehamilan, posisi janin, sehingga diketahui kesehatan janin di dalam kandungan.

Ibu Hamil yang melaksanakan investigasi kehamilan rutin cukup dengan investigasi USG 2 dimensi. Dengan pemeriksaan kehamilan memakai USG, dokter kandungan akan menghitung kantung kehamilan, mengukur bakal calon janin (dilakukan pada kehamilan muda), lingkar kepala janin, lingkar perut janin, melihat air ketuban, panjang tulang paha, melihat posisi janin, melihat posisi dan keadaan plasenta, menghitung detak jantung janin, melihat kelamin, dan melihat apabila ada kelainan-kelainan yang lain.

USG 4 Dimensi

Pemeriksaan menggunakan alat USG 4 Dimensi atau USG 4D tidak wajib, karena tidak semua dokter dan rumah sakit mempunyai alat dan kemampuan untuk melakukan USG 4D. Adapun prinsip kerja alat USG 4D sesungguhnya sama seakan-akan USG 2D maupun 3D, hanya gambar yang dihasilkan saja yang berbeda.

Ibu hamil melaksanakan USG 4D lantaran ingin melihat wajah dari janin yang dikandungnya. Rasa penasaran ini membuat banyak ibu hamil yang melakukan USG 4D. selain itu USG 4D sebenarnya digunakan oleh dokter kandungan untuk melihat ada atau tidaknya kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada janin di dalam kandungan seolah-olah bibir sumbing, gastrochisis, omphalocele, atau kelainan-kelainan lainnya.

Yang harus diperhatikan dikala USG 4D


Usia Kehamilan yang ideal untuk melaksanakan USG 4D ialah 26 ahad hingga 34 ahad. Hal dilakukan apabila Bunda ingin melihat wajah janin dalam kandungan. Apabila dilakukan sebelum usia 26 ahad maka bentuk kontur wajah janin akan kurang terlihat elok, dan apabila dilakukan sesudah usia kehamilan 34 ahad maka wajah janin akan sulit terlihat karena rahim sudah semakin dan wajah janin akan sangat mungkin tertutup oleh organ badan yang lain.

Pemeriksaan USG 4D memerlukan waktu 30 sampai 45 menit karena dokter akan melaksanakan pengukuran biometri janin terlebih dahulu memakai USG 2D sebelum menggunakan USG 4D.  pemeriksaan USG 4D tidak selalu berhasil untuk mampu melihat wajah janin, karena kadang periode wajah janin akan tertutup oleh tangan ataupun kaki, atau bahkan posisi wajah janin di dalam kandungan menghadap ke belakang atau ke arah punggung Bunda sehingga gambar hasil USG 4D tidak mampu dilihat dengan baik.

Biaya investigasi USG 4 Dimensi tentu lebih mahal dibandingkan USG 2 Dimensi, namun rata-rata biaya USG 4D oleh dokter kandungan berkisar antara 300 ribu sampai 750 ribu rupiah. Biaya ini belum termasuk biaya konsultasi dokter kandungan dan biaya obat atau vitamin untuk Ibu hamil. Hasil pemeriksaan mampu di simpan dalam bentuk CD dan diprint berwarna atau hitam putih. Mintalah hasil USG 4 Dimensi tersebut untuk dokumentasi langsung, karena tidak semua dokter kandungan menyimpan dokumentasi hasil USG dikala itu.

Ringkasan:
  • Pemeriksaan Rutin Ibu Hamil cukup memakai USG 2 Dimensi,
  • Alat USG 4 Dimensi mampu menerima hasil pemeriksaan yang lebih terperinci,
  • Usia Kehamilan yang disarankan untuk ISG 4 Dimensi ialah yaitu 26 minggu hingga 34 ahad,
  • Biaya USG 4 Dimensi sekitar 300 – 700 ribu belum termasuk biasa konsultasi doketer kandungan dan vitamin kehamilan.

Tampilkan Komentar