Posisi Tidur Ibu Hamil semoga Tidak Membahayakan Kehamilan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   September 14, 2016
Posisi Tidur Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil yang salah bisa memicu banyak sekali masalah kesehatan, seolah-olah penurunan / peningkatan tekanan darah, pembengkakan kaki, mendengkur, nyeri otot, tidak aman dan nyaman. Posisi Tidur Ibu Hamil juga akan kuat terhadap tingkat nyenyak dan kualitas tidur yang Bunda mampukan.

Masalah yang cukup sering dialami oleh Ibu Hamil ialah sulit tidur, sehingga apabila Bunda memahami bagaimana Posisi Tidur Ibu Hamil yang benar, kondisi tersebut mampu diatasi. Adapun Posisi Tidur Ibu Hamil supaya Tidak Membahayakan Kehamilan ialah sebagai berikut:

Posisi Tidur Ibu Hamil yang baik yaitu menyamping ke Kiri, lantaran bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Posisi Tidur menyamping ke kiri menciptakan belahan abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi ini juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan.

Ibu Hamil sebaiknya tidur dengan menggunakan Bantal, biar posisi tidur ibu hamil lebih nyaman. Apabila Bunda merasa sesak napas atau bernapas pendek, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Apabila ibu hamil mencicipi sakit pada ulu hati, letakkan beberapa bantal di serpihan kepala biar posisi badan penggalan atas menjadi lebih tinggi. Bunda juga bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik. Sedangkan, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, Bunda bisa mengganjal dengan Bantal Ibu Hamil di kepingan perut dan punggung.

Untuk meningkatkan kualitas Tidur Ibu Hamil di malam hari, di bawah ini ada beberapa langkah yang mampu membantu:
  • Buatlah rutinitas tidur dan bangun tidur di waktu yang sama untuk setiap hari.
  • Hindari olahraga ibu hamil yang berat disaat mendekati waktu tidur.
  • Ibu Hamil sebaiknya melaksanakan relaksasi sebelum tidur, seperti minum susu hangat yang dicampur madu, dan jangan minum teh, kopi, atau minuman bersoda lantaran pada umumnya mengandung kafein.
  • Bunda sebaiknya senam hamil secara rutin. Selain bisa menciptakan tubuh lebih bugar, bertemu dengan sesama Ibu Hamil juga mampu menjadi kesempatan membuatkan kisah dan mengurangi kecemasan.
  • Apabila Ibu Hamil mengalami kram pada kaki hingga terbangun dari tidur, coba luruskan kaki dan tekuk ke atas serpihan pergelangan kaki (sebaiknya dengan kontribusi orang lain).
Adapun ada beberapa Posisi Tidur Ibu Hamil yang tidak boleh dilakukan, karena akan membuat tidak nyaman bahkan mampu berbahaya untuk kehamilan. Posisi Tidur Ibu Hamil yang berbahaya tersebut seakan-akan Tidur Terlentang, Tidur Miring Ke Kanan, Tidur Tengkurap, Mengangkat Kaki ke Atas, Tidur Sambil Duduk, Tidur Terlentang Posisi Kepala Lebih Tinggi.

Ringkasan:
  • Posisi Tidur Ibu Hamil yang salah akan menimbulkan aneka macam masalah kesehatan bahkan membahayakan kehamilan,
  • Posisi Tidur Ibu Hamil yang baik ialah dengan miring ke kiri, karena sirkulasi darah akan lebih lancar,
  • Ada beberapa Posisi Tidur Ibu Hamil yang akan membuat tidak nyaman bahkan mampu berbahaya untuk kehamilan.

Tampilkan Komentar