Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   September 18, 2016
Siklus menstruasi tidak teratur, yang setiap bulannya lebih cepat atau sebaliknya, dan adanya perubahan banyak atau sedikitnya pendarahan saat menstruasi bisa menjadi indikasi adanya kasus kesehatan yang sedang anda alami. Namun tentu kepastiannya, membutuhkan analisis lebih lanjut dan tentu tidak ada salahnya untuk mengenali beberapa kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Pada kesempatan ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menjelaskan beberapa kasus yang mungkin saja menjadi Penyebab Terganggunya SiklusMenstruasi, yang diataranya adalah sebagai berikut:
  • Adanya masalah Kelenjar Tiroid, yang dimana kelenjar ini berfungsi dalam proses metabolisme yang juga menyampaikan dapak terhadap siklus menstruasimu. Hal ini terjadi saat kelenjar ini menjadi lebih aktif atau sebaliknya.
  • Fibroid uterus, merupakan pertumbuhan sel-sel otot di dalam rahim (bukan kanker dan tidak mematikan). Namun mampu menjadi  Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi dengan gejala seolah-olah rasa tidak nyaman dan termasuk perdarahan menstruasi yang berat, terutama pada perempuan berusia 30 sampai 40-an.
  • Penyakit Diabetes biasanya juga menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur. Kondisi ini disebabkan karena hormon endrogen pada pasien diabetes yang juga meningkat. Selain siklus menstruasi tidak teratur meningkatnya hormon endrogen juga memicu bengkak berlebihan dan meningkatkan resiko penyakitjantung pada wanita.
  • Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi kepingan dalam rahim (endometrium) mulai tumbuh di luar rahim. Pertumbuhan di ovarium, susukan tuba, atau jaringan panggul dapat menimbulkan pendarahan yang lebih berat dan juga rasa sakit teramat sangat.
  • Wanita yang Terlalu Kurus, kemungkinan akan mengalami gangguan siklus menstruasi. Hal ini dikarenakanhormon yang ada dalam badan menjadi terganggu.,
  • Kelainan Darah, akan mengakibatkan siklus menstruasi tidak teratur. Salah satunya yaitu penyakit von Willebrand yaitu kelainan pendarahan yang di mampu secara turun temurun, dapat menimbulkan kelainan menstruasi seolah-olah pendarahan yang berat.
Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi tidak teratur bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan pada wanita,
  • Penyebab Terganggunya Siklus Menstruasi seperti masalah Kelenjar Tiroid, Fibroid uterus, Penyakit Diabetes, Endometriosis, terlalu kurus dan adanya kelainan darah.

Tampilkan Komentar