Pemeriksaan Antenatal Terpadu untuk Kehamilan Berkualitas

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   September 22, 2016
Pemeriksaan Antenatal Terpadu
Pemeriksaan Antenatal ialah pemeriksaan selama kehamilan pada ibu hamil kepada dokter atau bidan terlatih, dengan tujuan menjaga pertumbuhan janin secara maksimal optimal dan persiapan persalinan. Pelayanan Antenatal Terpadu merupakan pemeriksaan kehamilan yang komprehensif dan berkualitas kepada seluruh ibu hamil untuk menyiapkan mental dan fisik ibu hamil. Dengan investigasi ini diperlukan ibu hamil sehat, persalinan lancar, selamat dan melahirkan bayi yang sehat.

Pelayanan Antenatal Terpadu, tidak bangun sendiri dan mencakup pelayanan persalinan, pelayanan nifas dan pelayanan untuk kesehatan bayi gres lahir. Selama antenatal terpadu dokter dan bidan terlatih harus memastikan bahwa kehamilan berlangsung norma dan harus mampu mendeteksi dini masalah dan penyakit/ komplikasi yang dialami ibu hamil untuk segera ditindaklanjuti. Kualitas pemeriksaan selama kehamilan yang optimal akan mensugesti kesehatan ibu hamil dan janin, ibu bersalin, bayi baru lahir dan abad nifas sesudah persalinan.

Adapun pemeriksaan Antenatal Terpadu meliputi sepuluh aspek, yang diantaranya yaitu:
  • Menimbang berat badan dan tinggi badan ibu hamil, untuk mendeteksi adanya gangguan pertumbuhan janin. Naiknya berat badan ibu yang tidak sesuai harus diwaspadai, lantaran bisa menjadi indikasi adanya gangguan pertumbuhan janin. pemeriksaan ini juga untuk mendeteksi risiko terjadinya panggul sempit.
  • Mengukur Tekanan darah, untuk mendeteksi adanya hipertensi dan preeklamsia atau tidak.
  • Nilai Status gizi dilakukan dengan pengukuran lingkar lengan atas / LILA pada ketika kunjungan pertama pemeriksaan, untuk skrining risiko Kurang Energi Kronis (KEK). Ibu Hamil yang mengalami KEK yang terlalu lama berisiko melahirkan Bayi Berat Lahir Rendah ( BBLR ).
  • Mengukur Tinggi Fubdus Uteri, untuk mendeteksi pertumbuhan janin di dalam kandungan sesuai usia kehamilan atau tidak.
  • Menentukan presentasi dan Denyut Jantung Janin, dipakai untuk skrining posisi janin dan memeriksa kesehatan janin di dalam kandungan.
  • Status imunisasi TT, dilakukan pada pemeriksaan pertama kali Ibu Hamil untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum.
  • Memberikan Tablet tambah darah, bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia pada ibu hamil berisiko terjadinya perdarahan dikala persalinan. Selama kehamilan Bunda harus mengkonsumsi setidaknya 90 tablet penambah darah (tablet zat besi).
  • Pemerikaan Laboratorium rutin dan khusus yang dilakukan sesuai dengan indikasi Ibu Hamil pada ketika itu.
  • Tatalaksana penanganan kasus, apabila ditemukan kasus atau komplikasi akan disampaikan tentang rencana tindaklanjutnya.
  • Temu wicara, untuk konseling seputar kesehatan ibu hamil, meliputi nutrisi Ibu Hamil dan menyusui, perilaku hidup higienis dan sehat, tanda bahaya kehamilan dan persalinan, Inisiasi menyusu dini (IMD), KB sehabis persalinan, Imunisasi untuk andak dan teladan istirahat selama hamil.
Pemeriksaan Antenatal Terpadu memiliki berbagai manfaat, dengan tujuan yang paling penting adalah untuk mendeteksi secara dini adanya faktor resiko dan tanda – tanda awal terjadinya komplikasi yang tentu bisa membahayakan kesehatan Ibu Hamil dan Janin didalam kandungan.

Ringkasan:

  • Pemeriksaan Antenatal Terpadu mencakup pemeriksaan Ibu hamil, pelayanan persalinan, pelayanan nifas dan pelayanan kesehatan bayi,
  • Dengan Antenatal bertujuan semoga ibu hamil sehat, persalinan lancar, selamat dan melahirkan bayi yang sehat,
  • Pemeriksaan Antenatal dilakukan oleh tenaga medis, dokter atau bidan secara berkesinambungan.

Tampilkan Komentar