Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   September 17, 2016
Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil
Banyak keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil yang salah satunya ialah heartburn (rasa panas seolah-olah terbakar pada pecahan dada atau ulu hati). Heartburn akan lebih sering muncul terutama dikala usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Selain rasa panas seperti terbakar, ibu hamil juga sering mencicipi rasa seperti ditusuk-tusuk benda tajam di tempat ulu hati. Kondisi ini tidak berhubungan dengan gangguan jantung, namun disebabkan karena meningkatnya hormon progresteron yang meningkatkan asam lambung.

Bagi anda ibu hamil yang merasakan kondisi tersebut, memang sangat mengganggu dan tidak mengenakan. Sehingga pada artikel ini, Tips Kesehatan Keluarga Buda akan menyampaikan tips bagaimana Mengatasi Keluhan Heartburn pada Ibu Hamil, yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Makan Sedikit Namun Sering, dengan tujuan untuk mencegah perut kosong lebih usang sehingga asam lambung bisa dinetralisasi. Cara ini juga menjamin, biar kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil terpenuhi, dibandingkan makan 3 kali dalam sehari namun dengan porsi yang besar.
  • Menghindari makanan Pemicu Heartburn, seakan-akan kuliner berlemak, kuliner asam, berbumbu tajam, makanan pedas, kuliner atau minuman mengandung kaffein atau minuman bersoda.
  • Hindari Berbaring atau Tiduran sehabis Makan, lantaran akan memicu naiknya asam lambung secara cepat menuju kerongkongan. Sangat dianjurkan untuk memberikan jeda 2 sampai 3 jam sesudah makan, untuk mampu berbaring atau Ibu Hamil Tidur. Bunda Hamil juga diperbolehkan untuk berjalan-jalan kecil sehabis mereka menyantap makan semoga makanan lebih cepat dicerna.
  • Makan jangan terburu-buru dan kunyah dengan benar, contoh makan yang terburu-buru akan menciptakan kinerja perut dalam mencerna kuliner akan lebih berat, sehingga mengakibatkan begah.
  • Ibu Hamil sebaiknya menghindari Penggunaan Kostum yang Terlalu Ketat, lantaran akan menyampaikan tekanan besar pada perut ibu hamil. Hal ini akan memicu ibu hamil merasakan sakit yang dikhawatirkan mampu mengganggu janin di dalamnya. Bunda Hamil, sebaiknya memakai pakaian yang longgar dan nyaman terutama di sekitaran tempat pinggang dan perut.
  • Mengunyah Permen Karet sanggup meningkatkan produksi saliva (air liur) yang bisa menetralkan asam lambung di kerongkongan.
  • Apabila Ibu Hamil mencicipi Heartburn segeralah berbaring dengan tubuh belahan atas, dada dan kepala lebih tinggi daripada pecahan perut atau berbaring setengah duduk. Posisi ini akan mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Gunakan penopang punggung dengan materi yang lembut.
Ringkasan:
  • Heartburn adalah rasa panas seperti terbakar pada kepingan dada atau ulu hati yang sering dirasakan Ibu Hamil,
  • Penyebab Heartburn pada Ibu Hamil ialah meningkatnya Asam Lambung lantaran meningkatnya hormon progresteron,
  • Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil mampu dilakukan dengan melaksanakan teladan makan yang baik, mengunyah permen karet, dan penggunaan kostum yang sempurna.

Tampilkan Komentar