Tips Mengajarkan Anak menentukan Jajanan Sehat

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 14, 2016
Mengajarkan Anak menentukan Jajanan Sehat perlu dilakukan terutama bagi buah hati yang sudah masuk ke sekolah. Hal ini ini dikarenakan, meski orang renta sudah membekali anak dengan makanan ringan dari rumah, tidak jarang anak tetap ingin membeli jajanan yang dijual di kantin sekolah. Hal ini tentu karena makanan tersebut dijual dengan beranekawarna, rasa dan bentuk, sehingga terlihat sangat menarik.

Selain boros, jajan di luar atau di kantin sekolah tidak mampu dipastikan masalah kebersihan dan nutrisinya. Bahkan tidak sedikit makanan tersebut mengandung zat kimia seolah-olah boraks, formalin dan pewarna tekstil. Dan memberi tahu anak wacana Cara memilih jajanan yang sehat tidaklah simpel. Namun tetap harus dilakukan demi kesehatan mereka.

Pada kesempatan ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan beberapa Cara yang perlu anak ketahui dalam memilih jajanan yang sehat, yang diantaranya yaitu:
  • Memilih kuliner dalam wadah tertutup dalam kemasan sehingga tidak terkena debu dan dihinggapi lalat.
  • Hindari jenis makanan dengan harga murah dan mempunyai warna cerah mencolok lantaran sangat mungkin mengandung materi pangan sintetis berlebihan disertai pewarna non kuliner.
  • Patikan buah hati anda menentukan makanan yang dijual di kawasan yang bersih lingkungan maupun kemasannya. Terhindar dari asap, tertutup, tidak dihinggapi lalat/ serangga serta terhindar dari paparan sinar matahari dan hujan secara pribadi. Dan jangan membeli makanan yang dibungkus dengan menggunakan kertas bekas maupun koran
  • Beritahu kepada anak untuk menentukan variasi makanan tidak hanya satu jenis makanan saja. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya yang tentunya berasal dari aneka ragam makanan/ jajanan yang mereka dikonsumsi.
  • Jajanan yang dipilih anak harus memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan optimal.
Banyak Tutorial Mengajarkan Anak memilih Jajanan Sehat atau menghindarkan anak dari membeli makanan yang tidak sehat. Anda sebagai orang renta, sebaiknya juga  dengan membawakan jajanan/ kuliner sendiri dari rumah untuk mengurangi resiko impian anak untuk membeli makanan di sekolahan. Anak sebaiknya juga dibiasakan untuk sarapan dengan mengonsumsi sayur, buah dan banyak minum air putih.

Ringkasan:
  • Jajanan yang di sekolahan tidak selalu higienis, sehat dan bernutrisi,
  • Zat Kimia Berbahaya yang sering ditemukan pada jajanan adalah boraks, formalin dan pewarna tekstil,

Tampilkan Komentar