Tips Mencegah Munculnya Katarak

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 05, 2016
Pengobatan Katarak
Penyakit Katarak merupakan gangguan kesehatan mata atau penyakit degeneratif yang mengiringi proses penuaan seseorang. Hal ini terutama bagi kita yang hidup di  negara tropis, yang memang akan lebih rentan terkena katarak lebih cepat. Lebih utama lagi bagi anda yang lebih sering terpapar sinar ultraviolet, seolah-olah tinggal di daerah pesisir atau yang sering beraktifitas di luar ruangan ketika siang hari.

Penyakit katarak atau kekeruhan lensa mata memang tidak mampu dicegah pada usia seseorang yang semakin renta. Namun, tahukan anda apabila kemunculannya bisa diperlambat sehingga tidak mengganggu penglihatan yang berarti di saat usia anda sudah bau tanah. Adapun gejala penyakit katarak ialah penglihatan buram, sangat silau saat melihat lampu, dan melihat malam lebih terang daripada siang.

Menurut Yeni Dwi Lestari selaku Ketua Satuan Penanggulangan Buta Katarak Perdami, Tutorial memperlambat munculnya katarak yaitu dengan melindungi mata dari paparan langsung sinar ultraviolet secara eksklusif. Makara bagi anda yang sering beraktifitas diluar ruangan ketika siang hari sebaiknya menggunakan kaca mata hitam, payung, topi atau caping.

Penyakit Katarak pada pasien Diabetes

Selain paparan sinar UV, pasien diabetes juga lebih rentan terkena penyakit katarak. Dan bagi penderita diabetes yang sudah terkena katarak ialah mencegahnya supaya tidak terjadi kebutaan. Untuk pencegahan katarak pada pasien diabetes, tentu dengan melaksanakan investigasi kadar gula darah secara rutin dan mengontrolnya, karena tingginya kadar gula darah mampu mempercepat kekeruhan lensa penyebab katarak.

Mencegah kebutaan bagi pasien katarak adalah dengan operasi. Dan dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, Operasi katarak tidak sakit, mampu dilakukan dengan cepat, dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Selain penyakit katarak, pasien diabetes juga berisiko tinggi mengalami retinopati diabetik. Penyakit ini menyerang retina mata yang juga bisa menjadi penyebab kebutaan. Sehingga bagi pasien diabetes yang mangalami katarak harus segera dilakukan pengobatan yang dilakukan oleh dokter spesialis mata dan retina.

Ringkasan:
  • Penyakit katarak lebih banyak menyerang anda yang tinggal di kawasan tropis san orang yang lebih sering beraktifitas di luar rungan atau penderita diabetes,
  • Penyakit Katarak yaitu adanya kekeruhan lensa mata yang akan mengganggu pengelihatan,
  • Mencegah katarak ialah dengan melindungi mata dari sinar UV eksklusif, dan mengatus kadar gula darah untuk penderita diabetes.

Tampilkan Komentar