Penyebab Ibu Hamil Sering Merasa Lelah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 08, 2016
Kelelahan pada Ibu Hamil
Efek samping kehamilan yang sering dirasakan ialah kelelahan. Dan apakah kondisi ini normal? Ya kondisi ini normal terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan dan tentu hampir semua ibu hamil mencicipi kondisi ini. Namun tentu kelelahan ini ada batasannya, sehingga tidak mengganggu aktifitas harian anda.

Bagi Ibu Hamil yang selalu merasa selalu lelah, perlu melakukan beberapa Tutorial untuk mencegah atau mengurangi rasa lelah yang berlebihan, sehingga tidak berujung pada ancaman kesehatan bagi janin di dalam kandungan dan ibu hamil itu sendiri.

Penyebab kelelahan pada Ibu Hamil memang majemuk dan bisa disebabkan karena banyak faktor. Salah satunya yaitu ibu hamil mengalami gangguan tidur, sehingga tidak mempunyai jam tidur dibawah 10 jam. Gangguan tidur ini akan mengakibatkan ibu hamil tidak menerima cukup energi saat bangkit di pagi hari. Adapun gangguan tidur pada ibu hamil lebih banyak disebabkan oleh perubahan hormon dan gangguan lain Ibu Hamil.

Penyebab Ibu Hamil Sering yang lain adalah gaya hidup, yang cenderung sering bergerak dan mempunyai aktivitas padat. Sebagai pola apabila Ibu Hamil yang juga masih memiliki anak balita yang tentu juga butuh diperhatikan, atau Ibu Hamil merupakan perempuan karir yang mempunyai job desk cukup tinggi.

Aktifitas fisik yang tinggi memang bisa menjadi faktor penyebab kelelahan pada ibu hamil, namun ternyata kurangnya kegiatan fisik juga bisa menjadi penyebab ibu hamil akan praktis lelah. Sehingga ibu hamil harus bisa mengatur pola hidup supaya lebih sehat.

Untuk mencegah kelelahan pada ibu hamil, sebaiknya beristirahat sebanyak mungkin. Ibu Hamil harus berusaha beristirahat lebih awal pada malam hari. Apabila pada malam hari anda merasa susah tidur, maka bisa diganti pada siang hari. Istirahat tidak hanya tidur, namun bisa dilakukan dengan kaki selonjor dan bersantai di siang hari akan membantu meningkatkan energi.

Rasa lelah Ibu Hamil juga mampu diatasi dengan menentukan kuliner yang sempurna, yaitu makanan yang banyak mengandung zat besi dan menghindari kuliner yang banyak mengandung gula. Ibu Hamil juga sebaiknya menghindari kuliner atau minuman yang mengandung kafein, karena proses pencernaannya justru mampu menguras energi.

Ringkasan:
  • Rasa lelah merupakan salah satu imbas samping kehamilan yang sering dirasakan dikala usia kehamilan muda,
  • Rasa lelah saat hamil mampu disebabkan karena kurang tidur atau aktifitas fisik yang berlebihan bagi Ibu Hamil.
  • Kelelahan Ibu Hamil bisa diatasi dengan istirahat cukup dan mengkonsumsi kuliner yang tepat.

Tampilkan Komentar