Manfaat Pijat Bayi untuk Pertumbuhan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 13, 2016
Cara Pijat Bayi
Pijat untuk Bayi dilakukan untuk menyampaikan rangsangan atau stimulasi yang bermanfaat untuk perkembangan bayi. Pijat merupakan terapi sentuhan kuno yang hingga saat ini masih dipraktikkan di seluruh dunia. Apabila Pijat bayi dilakukan secara teratur dan sesuai dengan tata Tutorial dan teknik pemijatan yang benar, maka akan memberikan banyak manfaat yang diperoleh.

Banyak penelitian yang telah dipublikasikan, pijat akan membuat bayi lebih rileks, mengurangi kegelisahan, menyehatkan badan dan otot- otot. Tidak hanya bermanfaat untuk bayi, aktifitas ini juga mampu meningkatkan ikatan antara orangtua dan bayi, meningkatkan komunikasi orangtua dengan bayi, dan membantu rasa percaya diri orangtua dalam mengasuh buah hatinya.

Pijat bayi mampu dimulai pada:
  • Sedini mungkin, Pemijatan pada bayi baru lahir hanya berupa usapan usapan lembut, dan sesudah bertambahnya usia mampu diberikan tekanan – tekanan ringan 
  • Dilakukan pada pagi dan sore hari,
Saat anda melakukan pemijatan kepada bayi, perlu diingat bahwa jangan lupa selalu mengajak bicara bayi, bisa dengan bernyanyi, bercerita atau mengajak bicara bayi. Adapun pijat bayi dilarang dilakukan apabila:
  • Bayi lapar,
  • bayi dalam keadaan sakit
  • bayi baru saja makan/minum,
  • membangunkan Bayi dari tidur hanya untuk dipijat
Setiap gerakan yang berkaitan dengan Pijat Bayi pada dasarnya mempunyai khasiat. Disentuh, dirawat dan dipijat yaitu aktifitas yang baik untuk bayi. Adapun bebarapa paramater perkembangan anak : pada usia anak 0 – 3 bln; mengangkat kepala, bersuara, tersenyum. Usia 3 – 6 bulan; mengangkat kepala 90 ยบ dan mengangkat dada dengan menumpu pada lengan, menoleh ke arah suara, berusaha mencari mainan. Usia 6 – 9 bulan; mampu duduk tanpa donasi, bersuara tanpa terang artinya, bertepuk tangan. Usia 9 – 12 bulan; bayi mampu bangkit tanpa dibantu, berkata satu dua kata, mengerti perintah atau larangan sederhana. Usia 12 – 18 bulan; berjalan, membuat menara dari 2 atau 4 kubus, menunjuk gambar, mengikuti aktivitas. Usia 18 – 24 bulan; naik tangga, mencar ilmu makan, bicara sebagian sudah dimengerti. Usia 2 – 3 tahun; melompat, menyusun kalimat, menggunakan baju sendiri. Usia 3 – 4 tahun; bangkit 1 kaki, menyebut warna, gosok gigi tanpa dibantu. Usia 4 – 5 tahun; melompat, pintar bicara, mengambil makan sendiri.

Pada era emas ini marilah kita sebagai orang renta memberi stimulasi (dalam hal ini pijat) lantaran stimulasi (pijat) sangat penting sebagai dasar perkembangan bayi selanjutnya. Stimulasi yang dilakukan semenjak dini cukup dalam kualitas dan kuantitas sangat membantu dalam proses ppertumbuhan bayi. Dengan melaksanakan pemijatan yang sempurna bayi akan menerima banyak manfaat. Pemijatan sederhana mampu anda lakukan dengan lembut dan perlahan.

Ringkasan:

  • Manfaat Pijat Bayi ialah menstimulasi pertumbuhan bayi supaya lebih maksimal,
  • Pijat akan membuat bayi lebih rileks, kegelisahan berkurang dan menyehatkan tubuh dan otot- otot,
  • Pijat bayi yang dilakukan orang tua juga akan bisa meningkatkan ikatan batin orang tua dan anak.

Tampilkan Komentar