Manfaat Olahraga dikala Menstruasi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 19, 2016
Manfaat Olahraga saat Haid
Menstruasi bagi wanita tidak jarang mengganggu kehidupan sosial dan membuat pola makan sehat perempuan menjadi bermasalah. lantaran siklus ini juga, banyak perempuan yang alhasil libur untuk berolahraga. Padalah sebuah penelitian menemukan, bahwa olahraga selama dua ahad pertama siklus menstruasi besar lengan berkuasa terhadap kenaikan berat badan.

Olahraga pada waktu ini akan menciptakan perempuan mendapatkan tenaga dan kekuatan, kurun otot lebih tinggi, dibandingkan waktu lain dalam sebulan. Pernyataan tersebut merupakan hasi dari sebuah penelitian yang memang pada awalnya para peneliti tertarik pada agenda latihan terbaik untuk perempuan yang bebannya tidak berlebihan atau menyebabkan sindroma olahraga berlebihan yang menjadi penyebab gangguan siklus menstruasi.

Untuk kepentingan penelitian, para ahli melibatkan 59 wanita (beberapa di antaranya memakai kontrasepsi oral) yang ikut serta dalam program empat bulan untuk mengukur dampak latihan resistensi terhadap massa otot, kekuatan dan tenaga.

Semuanya melakukan latihan untuk tubuh pecahan bawah 5 hari seminggu dan 2 ahad periode selama siklus menstruasi (baik 2 ahad pertama atau 2 ahad terakhir). akseptor juga mengikuti olahraga satu kali seminggu di sisa bulan. Sementara itu grup kontrol juga melakukan latihan resistensi 3 kali seminggu selama 1 bulan.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa perempuan yang olahraga selama 2 minggu pertama siklus menstruasi mengalami peningkatan tinggi dan kekuatan maksimal dalam hal kecepatan dan kekuatan di otot hamstring. Mereka juga mengalami peningkatan massa tubuh yang bebas lemak pada bagian kaki.

Wanita yang olahraga selama dua ahad terakhir siklus mentruasi, tepatnya ketika sindrom pra menstruasi ada pada kondisi puncak tidak mengalami perbaikan itu. Sedangkan wanita dalam kelompok kontrol yang latihan secara konsisten sepanjang bulan mengalami peningkatan tinggi namun, pertambahan kekuatan otot dan fleksibilitas hanya terlihat di hamstring kiri. Tak ada tanda latihan berlebihan ditemukan di semua kelompok. Meski memang tidak dijamin mendapatkan hasil yang sama, tentu tidak ada salahnya anda mencoba Cara di atas untuk olahraga ketika sedang menstruasi.

Ringkasan:
  • Banyak wanita yang menghindari untuk berolahraga bahkan aktifitas fisik lainnya ketika sedang haid,
  • Manfaat Olahraga ketika Menstruasi ialah akan mendapatkan tenaga dan kekuatan, abad otot lebih tinggi.

Tampilkan Komentar