Tujuh Penyebab Menstruasi tidak Teratur

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 29, 2016
Penyebab Menstruasi
Siklus Menstruasi perempuan setiap bulan yang teratur adalah dalam batasan 21-40 hari. Sehingga apabila periode haid anda tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali, sebaiknya anda waspada dan bertanya apa yang menjadi Penyebab Menstruasi tidak Teratur terjadi pada anda. Hal ini tentu akan berkaitan dengan kesehatan tubuh anda atau bagaimana anda merencanakan kehamilan yang diinginkan.

Alyssa Dweck, M.D. selaku Dokter kebidanan dan kandungan, dan sekaligus penulis buku V is for V*gina, menjelaskan beberapa Penyebab Menstruasi tidak Teratur atau bahkan berakhir, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

Kehilangan Berat badan dengan IMB dibawah 18 atau Latihan berlebihan bisa menjadi penyebab periode  menstruasi tidak teratur. Hal ini juga mampu kuat apabila anda mengalami gangguan makan yang serius seolah-olah anoreksia dan bulimia.

Tingkat Stres yang tinggi juga bias menjadi penyebab anda mengalami haid tidak teratur. Gangguan ini biasanya disebabkan karena bencana yang angker dan menciptakan Anda tertekan seperti tragedi akhir hayat dalam keluarga, perpisahan dapat menyebabkan gangguan di hipotalamus. Tubuh memiliki Cara sendiri untuk mengurangi kemungkinan untuk hamil disaat anda mengalami tekanan yang ekstrim. karena pada ketika itu tubuh mencegah untuk ovulasi dengan Tutorial menurunkan produksi estrogen sehingga lapisan rahim tidak menebal di dikala periode ovulasi. Kondisi ini akan memicu siklus menstruasi anda terganggu atau bahkan terhenti.

Kelenjar Tiroid yang berada di belahan leher sebagai sistem untuk mengatur metabolisme tidak seimbang menimbulkan terganggunya siklus menstruasi. Namun kondisi ini bisa diatasi oleh dokter. Sehingga apabila anda mengalami gangguan siklus menstruasi sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter.

Gejala Ovarium Polikistik atau PCOS, merupakan ketidakseimbangan hormon yang menjadi penyebab kurangnya ovulasi, sehingga kadar estrogen, progesteron dan testosteron menjadi tidak seimbang atau berubah. Adapun tanda-tanda fisik dari PCOS ialah pertumbuhan rambut di daerah-tempat yang tidak wajar untuk wanita seakan-akan wajah dan dada, suli menurunkan berat tubuh, dan siklus menstruasi tidak teratur.

Penyakit Kronis seperti Celiac yang mengacu pada kondisi intoleransi gluten mampu mengganggu sistem kerja tubuh dan dapat menjadi Penyebab Menstruasi tidak Teratur. Dan untuk mengetahui apakah Anda menderita intoleransi gluten atau tidak, hanya bisa dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter.

Penggunaan Alat kontrasepsi hormonal (seperti Pil KB, IUD hormonal, implan, atau suntikan) mampu menyebabkan dampak samping termasuk siklus menstruasi terganggu. Dan biasanya akan kembali normal dikala anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

Menopause dini, mampu terjadi pada perempuan di usia di bawah 40 tahun. Hal ini terjadi karena penurunan kadar hormon kewanitaan secara signifikan, sehingga memicu kegagalan ovarium prematur. Adapun tenda-tanda menopause dini seperti hot flashes, berkeringat di waktu malam, dan v*gina menjadi kering.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi teratur terjadi dalam batasan 21-40 hari, dengan kemungkinan masa subur di hari ke 14-17 sehabis haid pertama,
  • Siklus Menstruasi tidak teratur akan menjadi salah satu penyebab perempuan sulit hamil,
  • Beberapa Penyebab Menstruasi tidak Teratur adalah Kehilangan Berat badan, Stres, Gangguan Kelenjar Tiroid, PCOS, Penyakit Kronis, Alat kontrasepsi dan Menopause dini.

Tampilkan Komentar