Tips Memasak yang Benar biar Gizi kuliner tidak Hilang

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 28, 2016
Cara Memasak
Memasak makanan memang mampu dengan majemuk Cara, mampu di goreng, dikukus, dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar. Proses pemasakan dilakukan semoga makanan menjadi matang, lebih nikmat dan tentu mematikan bibit penyakit yang mungkin melekat pada makanan.

Proses memasak yang tidak benar mampu mengurangi kadar gizi makanan atau bahkan malah berbahaya untuk kesehatan. Pada kesempatan ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menyampaikan tips kepada anda bagaimana Memasak semoga Gizi makanan tidak Hilang, yang diantaranya yaitu:

Memasak kuliner dengan menggoreng, harus memperhatikan suhu minyak. Jangan sampai suhu minyak tidak melewati titik asap dan jangan hingga terlalu kering (gosong), sehingga tidak merusak kandungan protein makanan yang anda goring.

Merebus sayur sebaiknya cukup sampai setengah matang agar vitamin dan mineral tidak ikut larut dalam air. Untuk selanjutnya air rebusan mampu dimanfaatkan untuk materi kaldu ayam atau kuah sup.

Memanggang daging, sebaiknya masukkan dulu ke dalam microwave hingga agak matang. Hal ini bertujuan supaya tidak membutuhkan waktu yang usang untuk memanggang. Anda tentu tahu memanggang daging terlalu lama akan menyampaikan efek tidak baik untuk ksehatan, seperti memicu amina heterosiklis.

Menumis makanan agar tetap bergizi, sebaiknya dengan memasak cepat dan dengan pecahan yang kecil dan tipis. Gunakan sedikit lemak/minyak dalam wajan antilengket dan atas api sedang. Memasak dengan menumis memang sebaiknya sebaiknya dengan memakai api sedang dan diaduk-aduk terus menerus. Hal ini bertujuan agar kuliner tetap renyah tanpa harus memakai banyak minyak.

Pembakaran kue dalam oven sebaiknya ditutup menggunakan kertas roti untuk menutupi loyang kue sebelum pemanggangan sebagai pengganti mentega.  Cara memasak ini akan membuat kuliner lebih sehat sekaligus meminimalkan penggunaan lemak yang tentu tidak baik untuk kesehatan.

Ringkasan:
  • Memasak kuliner dengan Cara tidak benar bisa mengurangi kadar gizi kuliner bahkan berbahaya untuk kesehatan,
  • Menggoreng kuliner sebaiknya dengan kondisi minyak yang tidak terlalu panas atau sampai minyak keluar asap,
  • Memanggang Daging dalam bara api yang terlalu lama bisa menyebabkan amina heterosiklis.

Tampilkan Komentar